Umroh

10 Cara Agar Bisa Umroh di Usia Muda

Jangan berpikir bahwa berangkat umroh dengan usaha sendiri di usia muda adalah hal yang mustahil. Banyak anak muda yang berhasil membuktikan bahwa usia dan kemapanan tidak menjadi penghalang untuk bisa beribadah ke Tanah Suci.

Nah, berikut ini adalah 10 cara yang bisa kamu lakukan agar bisa melaksanakan umroh di usia muda.

Segera Niatkan

Segera Niatkan - vid.alarabiya.net
Segera Niatkan – vid.alarabiya.net

Langkah paling pertama yang harus dilakukan tentu saja niat. Bulatkan tekad dan yakinkan diri kamu untuk dapat melaksanakan ibadah umroh di usia muda.

Hal ini akan menjadi pemicu agar kamu konsisten dalam beribadah, memperkaya ilmu agama, serta semakin bersemangat dalam menabung. Sangat mulia sekali jika keinginan untuk melaksanakan ibadah umroh telah kamu niatkan sejak dini.

Mulailah Berhemat dan Sisihkan Uang secara Disiplin

Mulailah Berhemat dan Sisihkan Uang secara Disiplin - indosuara.com
Mulailah Berhemat dan Sisihkan Uang secara Disiplin – indosuara.com

Masa muda adalah masa ketika seseorang ingin membeli segala sesuatu yang di inginkan. Kendalikanlah keinginan tersebut dan berhematlah. Sisihkan kelebihan uang yang kamu miliki sedisiplin mungkin.

Belilah hanya barang-barang yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan. Dengan berhemat, impian kamu untuk segera umroh akan lebih cepat terlaksana.

Konsisten Menabung

Konsisten Menabung - cdn.gobankingrates.com
Konsisten Menabung – cdn.gobankingrates.com

Dengan melakukan penghematan, kamu mulai bisa menabung di rumah ataupun di bank syariah. Konsistenlah untuk menyisihkan tabungan di setiap bulan. Bila perlu, gunakan satu rekening khusus sebagai tempat menabung biaya umroh.

Buat Target Waktu Tertentu

Buat Target Waktu Tertentu - brighterlifeindonesia.files.wordpress.com
Buat Target Waktu Tertentu – brighterlifeindonesia.files.wordpress.com

Buatlah target waktu dengan menghitung jumlah uang yang kamu tabung setiap bulan. dengan membuat perkiraan, kamu bisa menetapkan di tahun ke berapa tabungan kamu akan cukup untuk digunakan. Dengan memiliki target, kamu akan terpacu  dan lebih bersemangat dalam menabung.

Pinjaman dari Bank Syariah

Pinjaman dari Bank Syariah - cdn.metrotvnews.com
Pinjaman dari Bank Syariah – cdn.metrotvnews.com

Fasilitas pinjaman umroh yang tersedia di perbankan syariah bisa dimanfaatkan jika memang kamu sudah tidak sabar lagi untuk segera melaksanakan ibadah umroh. Namun, Alangkah baiknya jika pinjaman ini digabungkan dengan uang yang telah kamu tabung sebelumnya agar jumlah pinjaman tidak terlalu besar.

Investasi Emas

Investasi Emas - tiemvanghuyenluu.com
Investasi Emas – tiemvanghuyenluu.com

Karena biaya umroh semakin meningkat setiap tahun akibat laju inflasi, maka lakukan investasi emas agar tabunganmu tetap stabil. Emas merupakan instrument investasi yang tidak terpengaruh inflasi dan harganya selalu meningkat setiap tahun. Dengan begitu, nilai tabungan kamu tidak akan ikut termakan inflasi.

Bandingkan Harga-harga di Berbagai Travel Umroh

Travel Umroh - islamictravel.com
Travel Umroh – islamictravel.com

Harga di setiap travel umroh sudah pasti berbeda-beda. Dengan adanya persaingan pasar, banyak travel yang menawarkan biaya umroh dengan harga yang sangat murah. Kamu bisa membandingkan harga-harganya di berbagai situs travel umroh yang tersedia.

Manfaatkan Promo Agen Travel Umroh

Manfaatkan Promo Agen Travel Umroh - madinah-iman.com
Manfaatkan Promo Agen Travel Umroh – madinah-iman.com

Agen travel umroh sering mengadakan promo dengan berbagai penawaran yang menarik. Ada yang memberikan diskon ketika membeli suatu produk tertentu dari partnernya, hingga promo beli satu gratis satu. Yang berarti, dengan kamu mengajak teman atau keluargamu, kamu hanya membayar setengah dari harga normal. Untung, kan?

Backpacker

Backpacker Umroh - sidomi.com
Backpacker Umroh – sidomi.com

Cara ini memang cukup menantang dan tentunya akan menjadi pengalaman luar biasa untuk kamu. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun lebih irit dibandingkan biaya umroh normal.

Namun demikian, kamu harus mengurus segala sesuatunya sendiri, mulai dari visa, tiket pesawat, akomodasi selama beribadah, hingga mencari penjamin atau pengundang selama berada di Tanah Suci. Pastikan kamu punya kenalan di sana.

Cari Tahu di Bulan Apa Saja Harga Tiket Umroh Murah

Cari Tahu di Bulan Apa Saja Harga Tiket Umroh Murah - 4.bp.blogspot.com
Cari Tahu di Bulan Apa Saja Harga Tiket Umroh Murah – 4.bp.blogspot.com

Harga tiket umroh tidaklah tetap, bisa berubah-ubah sesuai padatnya permintaan pasar. Terdapat waktu-waktu di mana ibadah umroh sangat ramai dan harga tiket pesawat menjadi mahal. Cari tahu kapan waktu ibadah umroh lumayan sepi, belilah tiket untuk berangkat di bulan tersebut.

Demikian 10 cara yang bisa dilakukan agar bisa berangkat umroh di usia muda. Ayo kuatkan tekad untuk bisa berkunjung ke Tanah Suci sebelum usia bertambah senja.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: