Umroh

10 Hal Tentang Umroh Itikaf yang Bikin Merinding

Umroh itikaf atau ibadah umroh yang dilaksanakan di bulan Ramadan memiliki kelebihan dan keutamaan yang sangat banyak. Berikut 10 hal tentang umroh itikaf yang bisa bikin kamu merinding.

Hanya yang Terpilih yang Bisa Mengikutinya

Hanya yang Terpilih yang Bisa Mengikutinya - suryakabar.com
Hanya yang Terpilih yang Bisa Mengikutinya – suryakabar.com

Tidak semua orang berkesempatan mengikuti ibadah istimewa ini—bahkan orang berduit sekalipun. Pemerintah Arab Saudi membatasi visa untuk ibadah umroh di bulan Ramadan. Di Indonesia, hanya beberapa travel umroh tepercaya yang diberi jatah visa umroh itikaf. Siapa yang cepat dan siapa yang dipanggil Allah untuk bertamu di rumah-Nya di bulan suci, dialah yang akan diberangkatkan.

Setara Berhaji Bersama Rasul

Setara Berhaji Bersama Rasul - hts3media.freemalaysiatoday.com
Setara Berhaji Bersama Rasul – hts3media.freemalaysiatoday.com

Sesuai dengan sabda Rasulullah, “Jika Ramadan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadan senilai dengan haji.” hadis ini dikuatkan dengan sabda lainnya, “Sesungguhnya umroh di bulan Ramadan seperti berhaji bersamaku.” (HR. Bukhari).

Meskipun setara dengan berhaji, sudah melaksanakan umroh itikaf bukan berarti kita telah melaksanakan ibadah haji yang menjadi kewajiban seorang muslim, hanya nilainya yang sama. Jika rezeki telah tercukupi, ibadah haji masih tetap menjadi kewajiban yang harus ditunaikan.

Nikmatnya Bermalam di Masjidil Haram

Nikmatnya Bermalam di Masjidil Haram - alamdewi.files.wordpress.com
Nikmatnya Bermalam di Masjidil Haram – alamdewi.files.wordpress.com

Saat hati ini menetapkan niatnya untuk beritikaf di Masjidil Haram, maka rumah yang agung ini akan menjadi tempat menginap. Akan terasa betapa nikmatnya tinggal dan menghabiskan waktu beribadah di rumah Allah selama 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

Tidak Merasa Lapar dan Lelah Saat Beribadah

Tidak Merasa Lapar dan Lelah Saat Beribadah - samaa.tv
Tidak Merasa Lapar dan Lelah Saat Beribadah – samaa.tv

Banyak jemaah umroh yang menceritakan pengalamannya bahwa meski dalam keadaan berpuasa, dirinya tidak merasa lapar dan lelah. Hanya dahaga yang terasa karena cuaca yang terbilang cukup panas.

Namun, hal ini tidak menjadi halangan bagi mereka yang membulatkan hati melaksanakan ibadah. Inilah kuasa Allah bagi hamba-Nya yang memiliki tekad kuat untuk beribadah.

Buka Puasa Bersama di Masjid Nabawi

Buka Puasa Bersama di Masjid Nabawi - i30.tinypic.com
Buka Puasa Bersama di Masjid Nabawi – i30.tinypic.com

Kapan lagi bisa merasakan suasana berbuka puasa dengan saudara sesama muslim dari hampir seluruh belahan dunia? Inilah saatnya.

Di Masjid Nabawi, para pengusaha yang merupakan warga asli Arab Saudi, berlomba-lomba menyediakan makanan berbuka puasa dalam jumlah yang amat banyak. Inilah kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Arab Saudi untuk berbuka puasa setiap hari.

Merasakan Persaudaraan dengan Sesama Muslim dari Seluruh Dunia

Merasakan Persaudaraan dengan Sesama Muslim dari Seluruh Dunia - ramallah.news
Merasakan Persaudaraan dengan Sesama Muslim dari Seluruh Dunia – ramallah.news

Karena jumlah visa yang terbatas, maka akan menjadi hal yang mudah untuk bertemu dengan sesama muslim dari hampir seluruh dunia. Suasana berbagi saat sahur dan berbuka puasa bisa kita rasakan ketika berbaur dan berkenalan dengan jemaah umroh dari negara lain.

Salat Tarawih di Masjidil Haram dengan Ganjaran 100.000 Kali.

Salat Tarawih di Masjidil Haram dengan Ganjaran 100.000 Kali - gomuslim.co.id
Salat Tarawih di Masjidil Haram dengan Ganjaran 100.000 Kali – gomuslim.co.id

Rasulullah bersabda, “Salat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Achmad).

Keutamaan ini hanya bisa Anda dapatkan ketika melaksanakan ibadah umroh itikaf. Tidak jarang, jemaah salat tarawih meneteskan air mata saat mendengar merdunya lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan imam.

Malam Lailatul Qadar di Tanah Suci

Malam Lailatul Qadar di Tanah Suci - 4.bp.blogspot.com
Malam Lailatul Qadar di Tanah Suci – 4.bp.blogspot.com

Malam suci saat Alquran pertama kali diturunkan di dunia, tentunya menjadi malam yang penuh dengan limpahan pahala.  Diriwayatkan bahwa malam 17 Ramadan ini lebih baik dari seribu bulan.

Bisa dibayangkan, saat melakukan umroh itikaf, tidak terhitung betapa banyaknya pahala yang Allah karuniakan kepada mereka yang ikhlas dan tertunduk khusyuk mencari rida-Nya.

Idulfitri di Makkah

Idulfitri di Makkah - amaderbrahmanbaria.org.com
Idulfitri di Makkah – amaderbrahmanbaria.org.com

Berlebaran jauh dari keluarga mungkin terasa berbeda. Namun, berlebaran di Tanah Suci akan menjadi Idulfitri terindah yang mungin belum pernah dirasakan. Bersalaman dan berpeluk hangat dengan saudara sesama muslim dari berbagai belahan dunia akan membuat hati merasa haru dan khidmat.

Merasakan Pencapaian Tertinggi

Merasakan Pencapaian Tertinggi - 4.bp.blogspot.com
Merasakan Pencapaian Tertinggi – 4.bp.blogspot.com

Setelah melakukan serangkaian ibadah yang penuh kekhusyukan selama bulan Ramadan di Tanah Suci, sudah tentu Anda akan merasakan pencapaian yang sangat tinggi saat lebaran tiba. Rasa haru akan menyelimuti hati saat takbir, tahlil, dan tahmid dikumandangkan. Ibadah umroh itikaf terasa sangat membekas di hati dan ingatan sepanjang hayat.

Sumber Referensi                                                                                          

Sumber Hadis

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: