Umroh

10 Hal yang Harus Dibawa Setiap Muslimah Saat Umrah

Umrah tak hanya memerlukan kesiapan jasmani dan mental, tetapi juga mesti cukup perbekalan. Pasalnya, umrah dilakukan di kawasan yang memiliki topografi serta kondisi iklim berbeda dari negara asal.

Khusus muslimah, persiapannya mesti lebih maksimal agar tidak mengalami banyak kendala. Membawa peralatan komplet merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan. Berikut ini daftar perlengkapan sekaligus penjelasannya.

Perlengkapan Utama

Perlengkapan Utama - s4.bukalapak.com
Perlengkapan Utama – s4.bukalapak.com

Perlengkapan utama yang wajib dibawa meliputi, dokumen umrah, pakaian ihram dan nonihram, jaket, kaus kaki, pakaian dalam sekali pakai, kerudung, pantyliners, dan celana panjang. Untuk pakaian ihram, upayakan membawa minimal 2 setel, mengingat pelaksanaan umrah kurang lebih 9-15 hari. Nah, bagi muslimah, pakaian ihram tidak harus berwarna putih, yang penting bisa menutup seluruh tubuh dan longgar.

Membawa Uang Secukupnya

Membawa Uang Secukupnya - i2.wp.com
Membawa Uang Secukupnya – i2.wp.com

Anda pergi umrah secara individu? Maka uang wajib ada di dalam tas atau dompet. Sampai di Arab Saudi, Anda bisa menukarkan mata uang negara asal dengan riyal melalui lembaga money changer. Bawa uang tunai secukupnya saja, sedangkan untuk cadangan, gunakan ATM berlogo visa.

Buku Doa, Alquran, dan Booklet Umrah

Buku Doa, Alquran, dan Booklet Umrah - khalifahajj.travel.com
Buku Doa, Alquran, dan Booklet Umrah – khalifahajj.travel.com

Buku doa dan Aquran merupakan dua benda yang tidak boleh tertinggal. Pasalnya, kedua benda ini diperlukan selama beribadah di tanah suci. Jika tidak ingin ribet, bawalah Alquran dan buku doa yang berukuran kecil. Sementara untuk mendapatkan booklet, Anda bisa meminta dari jasa umrah travel atau melalui internet.

Peralatan Ibadah yang Nyaman

Peralatan Ibadah yang Nyaman - inspirasicantik.com
Peralatan Ibadah yang Nyaman – inspirasicantik.com

Rangkaian ibadah umrah sangat banyak sehingga Anda memerlukan peralatan yang nyaman. Peralatan tersebut meliputi, sajadah tipis, mukena simpel, dan alas kaki. Sajadah digunakan untuk menghindari terpaan debu agar pakaian tetap bersih. Mukena diperlukan sebagai kostum saat ibadah. Sementara itu, alas kaki berfungsi untuk melindungi dari panas dan kotoran.

Perlengkapan Medis

Perlengkapan Medis - 1.bp.blogspot.com
Perlengkapan Medis – 1.bp.blogspot.com

Perubahan cuaca di tanah suci tidak bisa diprediksi. Kadang-kadang sangat panas, sesekali menjadi dingin. karena itu, Anda mesti menyiapkan perlengkapan medis, seperti obat dan minyak kayu putih. Untuk menjaga stamina tubuh, sebaiknya meminum vitamin C. Selain itu, Anda harus banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Kacamata Hitam dan Payung

Kacamata Hitam dan Payung - 4.bp.blogspot.com
Kacamata Hitam dan Payung – 4.bp.blogspot.com

Tidak jarang, cuaca di tanah suci sangat terik ketika siang hari. Anda perlu kacamata untuk melindungi mata dari cahaya matahari yang menyilaukan. Di samping itu, kacamata juga mencegah debu masuk ke dalam mata. Sementara itu, payung memiliki fungsi yang hampir sama dengan kacamata, yaitu melindungi dari panas. Supaya tidak ribet, bawalah payung yang bisa dilipat.

Krim Anti Sinar Matahari

Krim Anti Sinar Matahari - i.ebayimg.com
Krim Anti Sinar Matahari – i.ebayimg.com

Pernah mendengar sunblock? Benda ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Di tanah suci, panas matahari terasa sangat menyengat. Hal ini memungkinkan cahaya ultraviolet yang dihasilkan lebih banyak. Itulah sebabnya, Anda harus memakai krim anti sinar matahari atau sunblock untuk mencegah kerusakan jaringan kulit.

Menyiapkan Botol Plastik Kosong

Menyiapkan Botol Plastik Kosong - purwokertochannel.com
Menyiapkan Botol Plastik Kosong – purwokertochannel.com

Satu-satunya sumber air di tanah suci adalah air zam-zam. Sementara panas terik di sana akan membuat Anda cepat haus. Supaya Anda tidak kerepotan mencari air minum, tidak ada salahnya membawa botol minuman kosong. Upayakan bahannya berasal dari plastik agar tidak berat saat dibawa.

Alat Komunikasi

Alat Komunikasi - 3.bp.blogspot.com
Alat Komunikasi – 3.bp.blogspot.com

Meskipun ingin tenang beribadah, bukan berarti Anda menanggalkan alat komunikasi, salah satunya ponsel. Alat ini diperlukan jika sewaktu-waktu terpisah dari rombongan. Selain itu, melalui ponsel, Anda bisa menghubungi keluarga di negara asal.

Kantong untuk Berwudu

Kantong untuk Berwudu - maloomaat.com
Kantong untuk Berwudu – maloomaat.com

Sebagian besar bentang alam Arab Saudi berupa gurun pasir. Tidak heran, saat pelaksanaan ibadah banyak debu beterbangan atau menempel di pakaian Anda. itulah sebabnya, Anda mesti sering berwudu.

Namun, untuk mendapatkan air wudu, Anda harus melewati antrean panjang. Tentu ini bisa membuat ibadah Anda menjadi terhambat. Untuk mengatasinya, gunakan kantong wudu. Kantong tersebut dapat menampung kurang lebih 1 liter air.

Itulah 10 hal yang wajib dibawa muslimah saat ibadah umrah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: