Dunia Islam

10 Kiat agar Khusyuk dalam Salat

Tidak banyak orang yang dapat merasakan nikmatnya berinteraksi dengan Allah melalui salat. Allah pun memuji hamba-Nya yang dapat memelihara kekhusyukan ibadah dalam Surat Al-Mukminun ayat 1-2: “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman. Yaitu orang-orang yang dalam salatnya selalu khusyuk.”

Namun, berbagai gangguan dan godaan sering kali hinggap ketika kita berusaha khusyuk ketika salat. Salat yang tidak khusyuk bisa membuat kita lupa rakaat, bacaan, serta rukun lain yang menjadi penentu syarat sah salat. Namun, jangan khawatir, ada beberapa kiat yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan kekhusyukan dalam salat.

Jauhkan diri dari hal-hal yang menghalangi kekhusyukan salat

Jauhkan diri dari hal-hal yang menghalangi kekhusyukan salat - koperasisyariah212.co.id
Jauhkan diri dari hal-hal yang menghalangi kekhusyukan salat – koperasisyariah212.co.id

Sebelum menunaikan salat, ada baiknya kita meninggalkan sejenak hal-hal duniawai yang dapat mengganggu kekhusyukan salat. Letakkan barang-barang yang biasa Anda masukkan dalam kantong celana, seperti dompet, ponsel, atau barang aksesori di tempat yang aman.

Yakinlah bahwa Allah hadir saat kita salat

Yakinlah bahwa Allah hadir saat kita salat - 10963-presscdn-0-74-pagely.netdna-ssl.com
Yakinlah bahwa Allah hadir saat kita salat – 10963-presscdn-0-74-pagely.netdna-ssl.com

Saat salat, kita wajib memusatkan pikiran kita pada Sang Ilahi kita agar dapat tercipta rasa khusyuk. Ketika salat, anggaplah bahwa Allah sedang berada di hadapan kita. Selama kita yakin bahwa Allah selalu berada di sekitar kita, kita akan mampu mengendalikan segala tindakan.

Resapi makna dari ayat-ayat dan doa yang dibacakan ketika salat

Resapi makna dari ayat-ayat dan doa yang dibacakan ketika salat - images.jg-cdn.com
Resapi makna dari ayat-ayat dan doa yang dibacakan ketika salat – images.jg-cdn.com

Bacaan doa salat memiliki makna yang sangat mendalam. Jika kita mampu meresapinya, kita dapat merasakan kasih sayang Allah hadir. Ketika doa dan surat-surat Alquran tengah dibacakan, pusatkan pikiran kita pada lantunan imam dan resapi makna yang terkandung di dalamnya.

Arahkan pandangan hanya pada tempat sujud

Arahkan pandangan hanya pada tempat sujud - media.ihram.asia.com
Arahkan pandangan hanya pada tempat sujud – media.ihram.asia.com

Selama salat, kita diperintahkan agar selalu menundukkan pandangan ke tempat sujud. Memusatkan pandangan pada satu arah dapat meminimalisasi teralihkannya pikiran pada hal-hal lain. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa kita dilarang melihat ke atas, atau menggerakkan badan sebab dapat mengubah arah kiblat dan membatalkan salat.

Tidak tergesa-gesa saat salat

Tidak tergesa-gesa saat salat - mtf-online.com
Tidak tergesa-gesa saat salat – mtf-online.com

Begitu sibuknya kita dengan urusan dunia sehingga terkadang kita rela mengorbankan kekhusyukan salat. Padahal, tumaninah merupakan bagian dari syarat sah salat yang harus selalu kita pelihara. Sebelum salat, usahakan kita mampu mengalihkan pikiran sejenak dari segala urusan dunia agar salat dapat lebih khusyuk.

Bayangkan jika saat itu adalah salat yang terakhir

Bayangkan jika saat itu adalah salat yang terakhir - cdns.klimg.com
Bayangkan jika saat itu adalah salat yang terakhir – cdns.klimg.com

Anggaplah setiap salat adalah salat terakhir yang Anda tunaikan sebelum menghadap Allah. Perasaan takut mati tanpa memiliki bekal amalan yang cukup akan membuat kita lebih bersemangat dan khusyuk dalam menjalankan segala kewajiban kita pada Sang Pemilik Kehidupan.

Perhatikan posisi salat

Perhatikan posisi salat - kohaislame.com
Perhatikan posisi salat – kohaislame.com

Saat salat di masjid, pilih posisi paling dekat dengan imam agar dapat lebih jelas mendengarkan bacaan-bacaan salat dan mampu meresapinya. Untuk mendapatkan posisi salat terbaik, usahakan datang ke masjid lebih awal agar kita memiliki waktu untuk melaksanakan ibadah sunah.

Luruskan niat semata-mata karena Allah

Luruskan niat semata-mata karena Allah - Blog.debusana.com
Luruskan niat semata-mata karena Allah – Blog.debusana.com

Saat salat, kita hendaknya mampu menyerahkan diri kepada Allah. Luruskan niat semata-mata demi mendapatkan rida-Nya serta jauhkan diri dari keinginan untuk mendapatkan pujian dari orang lain.

Salat di awal waktu

Salat di awal waktu - i0.wp.com
Salat di awal waktu – i0.wp.com

Begitu azan terdengar, tinggalkan segala urusan dunia dan bergegaslah mengambil air wudu. Disiplin dalam menunaikan salat merupakan cerminan ketakwaan kita pada Allah.

Perhatikan kondisi tubuh sebelum salat

Perhatikan kondisi tubuh sebelum salat - habibnovel.com
Perhatikan kondisi tubuh sebelum salat – habibnovel.com

Pastikan tubuh kita merasa nyaman saat menunaikan salat. Sebelum salat, ada baiknya kita minum, buang air, atau mandi jika dirasa perlu agar ketika salat kita tidak merasa terganggu.

Itulah beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk meraih kekhusyukan dalam salat. Jangan lupa sebarkan kiat-kiat ini pada orang yang Anda cintai, ya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: