FikihUmroh

10 Tanya Jawab Umroh yang Paling Sering Muncul 

Bagi jamaah umroh yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umroh, tentu akan banyak pertanyaan yang muncul. Entah itu berkaitan dengan biaya, teknis, sampai dengan kebutuhan yang harus dipersiapkan.

Untuk memberkan gambaran kepada Anda tentang pelaksanaan umroh, berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering muncul di kalangan jamaah umroh beserta jawabannya:

Kapan Musim Umroh Dimulai?

Umroh - 2.bp.blogspot.com
Umroh – 2.bp.blogspot.com

Musim umroh dimulai dari tanggal 1 Safar dan berakhir pada tanggal 15 Syawwal setiap tahunnya.

Bagaimana Ketentuan Pengajuan Visa Umroh?

Umroh - umrohbackpacker.id
Umroh – umrohbackpacker.id

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah Anda perlu memiliki paspor dengan 3 nama. Jika nama Anda terdiri dari dua nama, bisa ditambah dengan nama ayah sebagai nama belakang. Sebelum mengajukan visa umroh, Anda sudah harus memiliki bukti tiket pesawat, bukti pemesanan hotel, dan orang yang bertanggung jawab di lokasi untuk memandu Anda selama umroh.

Berapa Lama Visa Umroh Berlaku?

Umroh - umrohbackpacker.id
Umroh – umrohbackpacker.id

Biasanya pada visa tertera masa berlaku selama 30 hari. Namun pada prakteknya, visa ikut berakhir apabila perjalanan umroh sudah selesai sesuai dengan yang ditentukan oleh agen travel umroh.

Apakah Visa Umroh Bisa Digunakan untuk Visa Haji?

Umroh - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Umroh – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Visa umroh tidak bisa digunakan untuk visa haji. Untuk visa haji sendiri, persyaratan dan pengajuannya berbeda dengan visa umroh. Bagi yang melanggar akan mendapatkan sanksi yang berat.

Di manakah letak Kota Mekkah, Madinah, dan Jeddah?

Ketiga kota besar tersebut berada di bagian Barat Arab Saudi. Jika dilihat di peta, ketiga kota membentuk sebuah segitiga dengan Madinah berada di bagian Utara, Mekkah di bagian Timur, dan Kota Jeddah di bagian Barat. Kota Jeddah sendiri merupakan pintu masuk Arab Saudi sebelum jamaah melanjutkan perjalanan ibadah melalui darat.

Apakah Azizia itu?

Umroh - syiarislam.files.wordpress.com
Umroh – syiarislam.files.wordpress.com

Banyak jamaah umroh dan haji Indonesia memilih daerah Azizia untuk tempat menginap. Di daerah ini terdapat penginapan murah dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Masjidil Haram, yaitu sekitar 5 kilometer saja. Dibandingkan jika harus menginap di hotel yang berjarak ratusan meter dengan Masjidil Haram, harganya akan melambung tinggi terutama pada musim umroh dan haji.

Transportasi Apa Saja yang Digunakan Selama Umroh?

Umroh - 2.bp.blogspot.com
Umroh – 2.bp.blogspot.com

Transportasi utama yang akan sering ditumpangi adalah bus. Namun begitu, taksi juga tersedia apabila jamaah mau mencoba berkeliling sendiri untuk melihat-melihat atau berbelanja. Harga taksi biasanya harus ditawar atau melakukan negosasi terlebih dahulu.

Makanan Apa Saja yang Bisa Didapatkan Selama di Tanah Suci?

Umroh - infomuslimtours.com
Umroh – infomuslimtours.com

Di kota besar seperti Mekkah dan Madinah sudah terdapat banyak sekali makanan khas Indonesia. Ini sangat memudahkan jamaah Indonesia yang tidak terbiasa dengan makanan Timur Tengah. Anda bisa dengan mudah menemukan rumah makan khas Indonesia seperti dari Padang dan juga makanan seperti bakso.

Persiapan Kesehatan Apa yang Perlu Saya Lakukan?

Umroh - www.hipwee.com
Umroh – www.hipwee.com

Persiapan kesehatan seperti vaksin meningitis memang dianjurkan untuk dilakukan sebelum keberangkatan. Selama umroh, Anda akan berdekatan dengan jutaan manusia dari seluruh dunia. Maka dari itu, vaksin diharapkan dapat melindungi Anda dari penyakit yang tidak diinginkan. Untuk kesehatan pribadi, sebaiknya lakukan check-up ke dokter dan bawalah obat-obatan yang diperlukan.

Bagaimana Peraturan untuk Wanita yang Berangkat Umroh Sendiri?

Umroh - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Umroh – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Wanita di bawah umur 45 tahun yang bepergian sendiri perlu membawa Surat Mahram yang bisa didapat dengan harga sekitar Rp150.000 – Rp500.000. Anda dapat meminta bantuan agen perjalanan umroh untuk mempersiapkannya.

Sebenarnya, masih banyak lagi jawaban dari pertanyaan dasar yang perlu diketahui oleh jamaah umroh yang baru pertama kali berangkat. Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan Anda, sebaiknya tanyakan hal tersebut kepada agen perjalanan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih siap lagi dalam melaksanakan umroh dan memastikan proses ibadah umroh Anda berjalan dengan lancar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: