KeluargaUmroh

10 Tips Umroh Nyaman Bersama Balita

Mengunjungi rumah Allah di Mekah dan beribadah umroh bersama anak merupakan impian semua orang. Meskipun begitu, banyak yang masih ragu untuk mengajak anak-anak mereka yang masih balita beribadah umroh. Agar ibadah umroh bersama anak terasa menyenangkan, di bawah ini merupakan 10 tips umroh nyaman bersama balita,

Menyiapkan barang-barang kebutuhan balita sebelum berangkat umroh

Umroh Bersama Balita - Baby Luna
Umroh Bersama Balita – Baby Luna

Bukan hanya botol susu lengkap dengan termos dan susunya, saat pergi umroh bersama balita siapkan juga stroller, vitamin, beberapa pasang pakaian yang nyaman, kaos kaki, sepatu dan sandal favorit, mainan, dan beberapa kotak camilan. Kalau perlu, siapkan satu koper khusus yang dapat menampung semua barang balita Anda.

Periksa kesehatan balita sebelum berangkat umroh

Umroh Bersama Balita - News.northeastern.edu
Umroh Bersama Balita – News.northeastern.edu

Perbedaan cuaca dan udara yang ekstrem akan membuat daya tahan tubuh anak menurun. Agar mereka tidak mudah sakit, pastikan kondisi balita cukup fit untuk melakukan perjalanan jauh. Lakukan juga vaksinasi jika diperlukan, karena kita tidak pernah tahu penyakit apa yang bisa menyerang ketika berada di negeri asing.

Pakaikan headset saat pesawat akan lepas landas atau mendarat

Umroh Bersama Balita - Parents.com
Umroh Bersama Balita – Parents.com

Suara bising mesin pesawat bisa membuat telinga beberapa orang sakit, hal tersebut juga dapat menimpa balita. Agar anak tidak rewel saat pesawat lepas landas atau mendarat, pakaikan headset pada telinga mereka. Suara musik pada headset akan membuat suara bising mesin pesawat tidak terlalu terdengar.

Pastikan Anda memilih hotel yang nyaman

Umroh Bersama Balita - Cntraveler.com
Umroh Bersama Balita – Cntraveler.com

Ketika memilih paket umroh, pastikan pada agen travel yang mengurus perjalanan bahwa hotel yang akan ditempati nanti cukup nyaman bagi balita. Anda tidak perlu menyewa hotel mewah atau mahal, asalkan hotel tersebut nyaman dan dapat mengakomodasi kebutuhan balita kita.

Tawaf dengan kursi roda

Umroh Bersama Balita - Merdeka
Umroh Bersama Balita – Merdeka

Stroller atau kereta bayi biasanya tidak boleh dibawa masuk ke Masjidil Haram. Jika capek harus menggendong balita saat tawaf, gunakan kursi roda yang disewakan pihak masjid untuk bertawaf bersama balita.

Bawa sebotol susu dan air putih ke manapun Anda pergi

Umroh Bersama Balita - Sligo Today
Umroh Bersama Balita – Sligo Today

Entah saat akan bertawaf, salat, atau ibadah lainnya, pastikan Anda membawa sebotol susu dan air putih untuk menjaga balita agar tetap tenang.

Pakaikan baju yang tepat

Umroh Bersama Balita - Racked LA
Umroh Bersama Balita – Racked LA

Cuaca Tanah Suci yang tidak menentu terkadang dapat membuat balita merasa tidak nyaman. Agar mereka tidak rewel, bawa dan pakaikan pakaian yang tepat untuk anak. Jika cuaca panas, pakaian baju tipis yang membuat mereka merasa sejuk. Sebaliknya jika udara terasa dingin, pakaikan balita jaket tebal dan sepasang kaos kaki agar tubuh mereka tetap hangat.

Bawalah beberapa popok ke manapun Anda pergi

Umroh Bersama Balita - Ibu Dan Balita
Umroh Bersama Balita – Ibu Dan Balita

Bagi balita yang belum dilatih toilet training, popok merupakan salah satu barang yang harus dibawa. Karena kebanyakan tempat yang kita kunjungi saat berumroh adalah tempat suci, tentu kita tidak mau mereka mengompol dan mengotori tempat suci tersebut.

Pastikan balita tidur tepat waktu

Umroh Bersama Balita - Babyology.com.au
Umroh Bersama Balita – Babyology.com.au

Balita yang mengantuk cenderung mudah badmood. Agar mereka tidak rewel, pastikan setiap hari mereka mendapatkan waktu tidur dan istirahat yang cukup.

Hindari beribadah di tempat yang ramai

Umroh Bersama Balita - Mommies Daily
Umroh Bersama Balita – Mommies Daily

Raudhah, Maqam Ibrahim, dan Hijr Ismail merupakan tempat favorit untuk beribadah di Tanah Suci sehingga cenderung sesak dan ramai. Jika berumroh bersama balita, hindari tempat-tempat tersebut. Sebesar apapun keinginan kita untuk beribadah di sana, urungkan niat demi kenyamanan balita dan kekhusyukan ibadah umroh.

Jangan paksa balita

Umroh Bersama Balita - Tokopedia.com
Umroh Bersama Balita – Tokopedia.com

Agar balita tidak rewel, jangan paksa mereka untuk beribadah sebagaimana kita beribadah. Buatlah suasana yang nyaman agar mereka tetap tenang dan tidak rewel selama kita menunaikan ibadah umroh.
Nah, itulah beberapa tips umroh nyaman bersama balita, semoga informasi di atas bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: