Dunia Islam

Teladan Ukhuwah nan Mengharukan dalam Kisah Sahabat Nabi

Rasulullah SAW pernah bersabda “Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling mengasihi dan menyayangi adalah seperti sebuah tubuh, jika salah satu anggotanya merasa sakit, maka anggota-anggota tubuh yang lain juga ikut merasakan sakit”.

Perumpamaan suatu tubuh yang saling merasakan sakit ini merupakan gambaran ukhuwah atau persaudaraan di antara sesama umat Muslim. Sayangnya, perumpamaan tersebut sepertinya sudah mulai dilupakan oleh para generasi Muslim di zaman ini. Kita sering menyaksikan kaum Muslim yang terkotak-kotak dalam fanatisme dan golongan. Bahkan karena saking kuatnya fanatisme terhadap suatu golongan atau kelompok, ukhuwah Islamiyah yang seharusnya ada malah terlupakan.

Agar kita semua dapat memahami betapa indah dan pentingnya ukhuwah Islamiyah ini, berikut adalah beberapa kisah mengharukan tentang teladan ukhuwah dari para sahabat yang bisa kita jadikan pelajaran.

Kisah Umar bin Khattab dan Saudaranya Zaid bin Khattab

Kisah Sahabat Nabi - 4.bp.blogspot.com
Kisah Sahabat Nabi – 4.bp.blogspot.com

Diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Umarzdia, Umar bin Khattab menyuruh saudaranya, Zaid bin Khattab agar memakai baju besinya ketika Perang Uhud. Zaid pun memakainya, tetapi ia kemudian melepasnya lagi. Umar pun bertanya kepadanya “Mengapa kau lepas baju besi itu?” Dan Zaid menjawab, “Aku menghendaki terhadap diriku sebagaimana yang engkau kehendaki terhadap dirimu.”

Kisah Sahabat Nabi yang Diberi Hadiah

Kisah Sahabat Nabi - brookings.edu
Kisah Sahabat Nabi – brookings.edu

Dalam suatu riwayat yang dikisahkan Al Baihaqi dalam Asy Syu’ab, salah seorang sahabat Nabi SAW suatu hari diberi hadiah berupa kepala kambing, kemudian ia berkata “Sesungguhnya si fulan dan keluarganya lebih membutuhkan ini daripada kita.” Kemudian ia mengirimkan hadiah tersebut kepada yang lain, dan secara terus-menerus hadiah itu dikirimkan dari satu orang ke orang yang lain sampai akhirnya kembali kepada sahabat yang pertama kali memberikan.

Kisah Sa’ad bin Ar Rabi’ dan Abdurrahman bin Auf

Kisah Sahabat Nabi - inspirasigirly.com
Kisah Sahabat Nabi – inspirasigirly.com

Abdurrahman bin Auf mengisahkan bahwa ketika sampai di Madinah, Rasulullah SAW mempersaudarakan dirinya dengan Sa’ad bin Ar Rabi’. Saat Abdurrahman datang, Sa’ad berkata, “Sesungguhnya aku adalah orang Anshar yang paling kaya. Aku akan bagikan untukmu separuh hartaku, dan silakan kau pilih mana di antara dua istriku yang kau inginkan, maka akan aku lepaskan ia untuk kau nihahi.” Namun Abdurrahman berkata, “Tidak usah, aku tidak membutuhkan yang demikian itu.”

Kisah Aisyah RA dan Uang 40.000 Dirham

Kisah Sahabat Nabi - 4.bp.blogspot.com
Kisah Sahabat Nabi – 4.bp.blogspot.com

Dalam suatu kisah, istri Rasulullah SAW, Aisyah RA, pernah mendapat uang sebsar 40.000 dirham dari baitul mal. Oleh Aisyah uang itu kemudian segera dibagi-bagikan kepada fakir miskin sampai-sampai lupa menyisihkan sedikit untuk dirinya. Ummu Burdah yang kala itu membantunya menegur Aisyah, “Ya ummul mukminin, kenapa tidak engkau sisihkan sedikit saja untuk membeli makanan berkuba, bukankah engkau sedang berpuasa?” Dan Aisyah hanya menjawab tenang “Ya Ummu Burdah, mengapa tadi tidak kau ingatkan.”

Kisah Sahabat Nabi yang Kedatangan Tamu

Kisah Sahabat Nabi - 1.bp.blogspot.com
Kisah Sahabat Nabi – 1.bp.blogspot.com

Dalam suatu riwayat, ada salah seorang sahabat nabi yang kedatangan tamu, tetapi ia tidak memiliki sesuatu untuk menjamu tamu tersebut. Ia hanya memiliki persediaan makanan untuk anak-anaknya saja, dan itu pun sangat sedikit. Sahabat itu kemudian meminta istrinya untuk mengajak anak-anaknya bermain, dan jika mereka lapar, ia meminta istrinya untuk mengajak mereka tidur.

Ketika tamunya masuk ke dalam rumah, sahabat itu lantas memadamkan lampu ruang makannya, dan menunjukkan seolah-olah dirinya sedang makan bersama tamu tersebut. Padahal sebenarnya ia, istri, dan anak-anaknya tidur dalam keadaan menahan lapar. Pagi harinya, pergilah sahabat dan istrinya ke Rasulullah SAW, dan Rasul pun memberitakan pujian Allah SAW terhadap mereka berdua. Rasul berkata, “Sungguh, Allah SWT merasa heran dan kagum dengan perbuatan kalian berdua terhadap tamu kalian, maka Allah menurunkan Ayat 9 surat Al-Hasyr.”

Itulah beberapa kisah tentang ukhuwah dari para sahabat nabi. Semoga kisah-kisah mengharukan dari para sahabat di atas dapat mengingatkan kita akan pentingnya ukhuwah dan betapa berharganya ukhuwah titipan-Nya ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close