Dunia Islam

Negara-Negara yang Pernah Menjadi Tempat Dakwah Nabi dan Rasul

Islam memiliki 25 orang nabi dan rasul utama, dengan Adam AS sebagai permulaan dan Muhammad SAW sebagai penutup. Semua nabi dan rasul ini tercatat dalam sejarah bukan hanya karena riwayat terkenal mereka, namun juga jangkauan wilayah dakwah yang tercatat. Berikut beberapa negara dan wilayah yang pernah menjadi tempat dakwah nabi dan rasul utama dalam Islam.

Mekah dan Madinah

Negara - cdn2.tstatic.net
Negara – cdn2.tstatic.net

Kedua kota suci di Arab Saudi ini sangat istimewa dalam Islam. Kesucian Mekah bahkan disebut secara khusus dalam Qur’an, seperti  di dalam  Surat Al-Ankabut ayat 67 dan Al-Qashash ayat 57. Mekah juga merupakan tempat di mana nabi pertama dan terakhir, yaitu Adam AS dan Muhammad SAW, diutus oleh Allah SWT. Ada juga beberapa nabi lain yang diutus ke Mekah, seperti Ismail, Saleh, Hud, dan Syuaib.

Madinah tidak hanya memiliki makna penting dalam penyebaran Islam, namun juga dianggap suci, seperti Mekah. Dalam sebuah hadis, Muhammad SAW bersabda bahwa kesucian Madinah membuat orang-orang tidak boleh menebang pohon atau melakukan bid’ah.

Mesir

Negara - img.okeinfo.net
Negara – img.okeinfo.net

Mesir merupakan negara dengan akar sejarah kuno yang panjang. Dari sepuluh dinasti yang berjaya di era Kerajaan Klasik Mesir Kuno, Dinasti ke-12 adalah masa dakwah Nabi Ibrahim AS. Walau Ibrahim sebenarnya berasal dari Irak dan hijrah ke Suriah, beliau sempat pergi ke Mesir untuk menghindari bencana kekeringan. Di Mesir, Ibrahim mendapat pelayan bernama Hajar, yang kemudian menjadi istrinya dan melahirkan Ismail.

Nabi Musa AS juga terkenal akan dakwahnya di negeri ini. Tepatnya, beliau menuntut agar Firaun yang berkuasa di masanya membebaskan kaum Bani Israil, yang dianggap budak. Allah digambarkan menurunkan berbagai azab untuk Mesir ketika sang Firaun menolak permintaan Musa. Ketika Bani Israil akhirnya dibebaskan, Firaun berubah pikiran dan mengejar Musa serta pengikutnya, namun Allah menolong dengan menenggelamkan pasukan Mesir di laut.

Nabi Yusuf dan Harun juga tercatat sebagai nabi utama yang diturunkan Mesir.

Irak

Negara - i.milliyet.com.tr
Negara – i.milliyet.com.tr

Irak di era kuno merupakan wilayah turunnya empat orang nabi: Idris, Ibrahim, Nuh, dan Yunus. Keempatnya diutus ke wilayah yang berbeda-beda, yaitu Mesopotamia, Babilonia, dan Ninive (Ninawa). Saat ini, kota-kota seperti Basrah, Kufah, dan Baghdad masih diakui sebagai pusat penyebaran agama Islam yang penting dalam sejarah.

Baghdad juga merupakan kota dengan jejak sejarah membanggakan, yaitu sebagai pusat zaman keemasan Islam, di mana umat Islam berjaya dengan berbagai penemuan dan proyek, seperti sains, literatur, matematika, serta seni.

Yordania, Palestina, Suriah, dan Lebanon

Negara - storage.googleapis.com
Negara – storage.googleapis.com

Keempat negara ini sering disebut bersama-sama di dalam pembahasan tentang wilayah dakwah nabi-nabi Islam. Keempat negara ini dulu tergabung di dalam satu wilayah yang disebut Syam. Allah menurunkan 12 nabi utama ke Syam, seperti Luth, Ya’kub, Ayub, Ishak, Daud, Zulkifli, Ilyas, Ilyasa, Sulaiman, Yahya, Zakaria, dan Isa.

Keempat negara ini kini menjadi tujuan bersejarah untuk napak tilas jejak penyebaran Islam. Berbagai peninggalan bersejarah ada di negara-negara ini, seperti Masjid Damaskus, Masjid Al-Aqsha, serta lokasi yang dipercaya sebagai tempat Muhammad melakukan Isra’ Mi’raj.

Yaman dan Oman

Negara - gccsolutions.com
Negara – gccsolutions.com

Nabi Hud AS adalah nabi yang diutus Allah ke Al-Ahqaf, yaitu sebuah area yang tepat berada di antara Yaman dan Oman. Ketika wafat, dirinya dimakamkan di Hadramaut Timur, Yaman, yang hingga kini masih dikenal sebagai salah satu lokasi bersejarah, karena terkait dengan riwayat nabi utama dalam Islam.

Semua negara ini (yang statusnya aman tentu) kerap dijadikan tempat ziarah bagi mereka yang tertarik dengan sejarah Islam. Jika kamu tertarik, jangan lupa berbagi inspirasi dengan menyebarkan artikel ini!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close