Dunia Islam

4 Alasan untuk Melakukan Umroh di Bulan Desember

Rukun Islam merupakan pondasi wajib bagi umat muslim, terdiri dari lima pekara, yaitu: syahadat, salat, zakat, puasa, dan haji. Adapun haji adalah Rukun Islam yang paling sulit dilakukan karena membutuhkan persiapan batin dan materi.. Apalagi, haji hanya bisa dilakukan setahun sekali.

Kebanyakan orang pun lebih memilih untuk menunaikan ibadah umroh atau haji kecil terlebih dahulu, karena bisa dilaksanakan sewaktu-waktu. Meskipun pemilihan waktunya fleksibel, tetapi alangkah bebaiknya memilih keberangkatan di bulan Desember. Berikut alasan kenapa Anda harus memilih Umroh Desember.

Tidak Terlalu Ramai

Umroh Desember - Greenlanemasjid.org
Umroh Desember – Greenlanemasjid.org

Pada tahun 2017, ibadah haji dimulai pada bulan Agustus dan berakhir di bulan Oktober. Sebagaimana aturan Kementerian Agama RI, masing-masing kloter mendapat jatah waktu sekitar 40 hari. Selama rentang waktu itulah, aktivitas ibadah di Tanah Suci mencapai puncak kepadatannya. Anda yang memilih umroh pada rentang waktu tersebut, membutuhkan kesiapan dan stamina ekstra dalam menghadapi padatnya kerumunan jemaah.

Sebaliknya, dua bulan setelah ibadah haji berakhir—tepatnya bulan Desember, kepadatan berangsur-angsur menurun. Anda pun tidak perlu berdesak-desakan dan khawatir anggota keluarga terpisah dari rombongan. Selain itu, Anda juga dapat beribadah lebih khusyuk berkat suasana yang kondusif.

Banyak Promo Paket Umroh Desember

Umroh Desember - Holidayme.com
Umroh Desember – Holidayme.com

Menjelang akhir tahun, banyak agen travel umroh yang berlomba-lomba menawarkan promo termurah. Bahkan ada yang harganya di bawah 20 jutaan. Meskipun murah, tetapi para jemaah tetap mendapat fasilitas standar sebagaimana harga pada umumnya. Biaya sudah termasuk akomodasi yang sesuai tingkatan paket; perlengkapan yang mencakup koper, tas selempang, kain ihram, mukena, dan lain-lain; ziarah ke tempat-tempat bersejarah (kondisional sesuai panduan mutawif); dan air zam zam 5 liter/jemaah.

Cuaca yang Mendukung

Umroh Desember - British Hajj Travel
Umroh Desember – British Hajj Travel

Hampir sepanjang tahun, suhu di Tanah Suci sangat tinggi. Karena itu, melakukan ibadah haji atau umroh membutuhkan kesiapan fisik agar tidak kelelahan. Namun, saat bulan Desember, cuaca dan suhu di Tanah Suci jauh lebih dingin. Anda yang melaksanakan umroh Desember pun akan merasa jauh lebih nyaman dan terhindar dari kelelahan. Meski begitu, tetap jaga stamina tubuh mengingat rendahnya suhu yang mungkin tidak sanggup dihadapi sebagian orang.

Sekaligus Liburan Akhir Tahun dengan Keluarga

Umroh Desember - MuslimInc.
Umroh Desember – MuslimInc.

Akhir tahun merupakan momen terbaik untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Alih-alih menghamburkan uang untuk pergi ke negara-negara lain, lebih baik Anda mengajak keluarga untuk menunaikan ibadah umroh. Bukankah kelezatan beribadah akan semakin terasa jika dilakukan bersama orang-orang tersayang.
Selain beribadah, Anda pun dapat menelusuri jejak-jejak Rasulullah di Mekkah. Karena itulah, paket umroh biasanya mencakup kunjungan ke Jabal an-Nur, Jabal Tsur, dan sebagainya.

Anda juga dapat memilih paket umroh + Turki. Jadi, selepas menunaikan haji kecil tersebut, rute perjalanan selanjutnya adalah Turki. Di negara yang terkenal dengan bunga tulipnya itu, Anda dapat mengunjungi Hagia Sophia, Blue Mosque, serta menelusuri jejak peradaban Islam di masa lampau.

Segera ajak seluruh anggota keluarga Anda untuk melaksanakan umroh Desember. Namun, persiapan fisik perlu dilakukan sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Karena kelembapan yang sangat tinggi, jemaah terutama dari Indonesia sering mengalami dehidrasi dan infeksi saluran pernafasan. Jadi, jangan lupa untuk menjaga asupan air dan makan teratur saat berangkat ke Mekkah.
Semoga pelaksanaan ibadah umroh yang akan dilakukan di Tanah Suci diterima dan mendapatkan berkah dari Allah Swt.

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close