Tausiyah

5 Hikmah Puasa

Bagi umat muslim, berpuasa tentu bukanlah sesuatu yang baru. Pasalnya, berpuasa di bulan suci Ramadan merupakan kewajiban bagi setiap pemeluk agama Islam sebagaimana yang tertuang di dalam rukun Islam.

Akan tetapi, berpuasa tidak hanya berupa amalan wajib. Ada beberapa puasa lain yang termasuk amalan sunah, seperti puasa Senin dan Kamis, puasa Arafah, puasa Daud, dan sebagainya. Tentu saja, seperti ibadah sunah lain yang merupakan teladan dari Nabi, puasa sunah juga memiliki banyak kebaikan.

Pada dasarnya, ada banyak hikmah puasa baik yang termasuk ibadah wajib maupun sunah. Mulai dari manfaat ketakwaan hingga kesehatan, berikut adalah lima hikmah puasa yang akan Anda dapatkan.

Melatih kesabaran dan menahan hawa nafsu

Hikmah puasa - samo.id
Hikmah puasa – samo.id

Sesungguhnya, puasa tidak hanya sebatas menahan haus dan lapar. Hawa nafsu untuk marah, menggunjing, berpikiran buruk, dan hal-hal negatif lainnya yang terlihat remeh lainnya justru merupakan godaan terbesar yang harus ditaklukkan.

Hikmah puasa yang sebenarnya juga tidak hanya selama menahan diri dari setelah imsak hingga azan magrib. Anda juga terus dilatih untuk tetap sabar bahkan setelah azan dengan tidak serta merta meluapkan emosi maupun makan dengan berlebihan. Dengan terbiasa melatih hawa nafsu seperti ini, Anda pun sesungguhnya melatih kesabaran. Artinya, Anda juga selangkah lebih dekat untuk menjadi kekasih Allah.

Menjadikan pribadi lebih mawas diri

Hikmah puasa - nu.or.id
Hikmah puasa – nu.or.id

Selama berpuasa, Anda tentu akan lebih banyak menahan keinginan dan meningkatkan kewaspadaan. Anda akan menjaga jarak dari hal-hal yang membuat puasa batal. Seperti contoh, Anda sebisa mungkin tidak akan pergi ke tempat makan pada saat jam makan siang, menghindari kawan-kawan yang tengah membicarakan keburukan orang lain, dan sebagainya.

Intinya, selama berpuasa Anda akan memproteksi diri dari hal-hal buruk yang hanya akan mengacaukan ibadah. Semakin sering Anda menerapkan ‘latihan pertahanan diri’ ini, semakin sedikit pula waktu yang

Meningkatkan rasa syukur atas nikmat

Hikmah puasa - abiummi.com
Hikmah puasa – abiummi.com

Menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam akan mengajarkan Anda untuk merasakan penderitaan fakir miskin yang bahkan tidak makan selama berhari-hari. Melalui ibadah ini, Anda juga bisa menjadi lebih prihatin terhadap keadaan sosial di sekitar.

Anda harus mampu bersikap cerdas dengan memetik pelajaran apa dari keprihatinan yang timbul. Melalui peringatan bahwa ada orang-orang di luar sana yang tidak seberuntung Anda semestinya dapat membuat Anda senantiasa bersyukur. Terbiasa dengan berpuasa akan membantu Anda untuk menahan diri dari berkeluh kesah terhadap hal-hal kecil yang justru menutup kesadaran atas limpahan nikmat yang didapatkan.

Membantu istiqomah dalam beribadah

Hikmah puasa - santrigaul.net
Hikmah puasa – santrigaul.net

Masih banyak orang yang merasa berat untuk melakukan amalan-amalan ibadah selain yang berhukum wajib. Utamanya adalah dalam menjalankan ibadah sunah yang bersifat kontinu seperti salat sunah (duha, rawatib, tahajud), puasa sunah (Daud, Senin-Kamis), zikir pagi dan sore, dan lain-lain.

Padahal, ada banyak keutamaan melakukan ibadah sunah. Salah satunya adalah untuk menutupi lubang amalan wajib yang dimiliki. Karena itu, dengan terbiasa berpuasa sunah khususnya, Anda akan terbantu untuk menjadi lebih istiqomah dalam beribadah. Sederhananya, jika yang sunah saja dikerjakan, tentu yang wajib tidak akan ditinggalkan, bukan?

Menjaga kesehatan

Hikma puasa - quartz.com
Hikma puasa – quartz.com

Hikmah puasa yang paling nyata adalah dari sisi kesehatan. Tidak sedikit penderita penyakit kronis yang bahkan justru dianjurkan berpuasa untuk kembali memulihkan kesehatan tubuhnya. Mulai dari menyerap nutrisi, menyehatkan organ vital, hingga memberi manfaat pikiran yang tenang, berikut adalah beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan.

  • Menghilangkan rasa nyeri (encok).
  • Mencegah diabetes, obesitas, hiperkolesterol, dan sebagainya.
  • Menjaga kesehatan ginjal.
  • Menyerap banyak nutrisi dan memperbaiki metabolisme.
  • Memperbaiki pola hidup yang kurang baik.
  • Mendetoksifikasi racun dalam tubuh.
  • Dan lain-lain.

Itulah lima hikmah puasa yang akan Anda dapatkan baik saat puasa Ramadan maupun puasa sunah yang kontinu. Dengan senantiasa memantapkan hati dan istiqomah, niscaya Allah akan meridai dan menerima segala ibadah yang dilakukan hamba-Nya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: