Umroh

7 Alasan Pentingnya Manasik Umroh Bagi Jemaah Baru

Manasik umroh atau pembekalan umroh merupakan suatu bentuk kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan sebelum pergi umroh ke Tanah Suci. Terlebih bagi jemaah yang baru pertama kali melaksanakan ibadah tersebut.

Kegiatan ini biasanya dilakukan di sebuah area yang luas dengan miniatur bangunan Kakbah dan bangunan-bangunan lain yang nantinya akan dikunjungi selama menjalankan ibadah umroh.

Selanjutnya, calon jemaah akan diberikan pemahaman mengenai tata cara ibadah umroh sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW baik secara teori maupun praktik. Sehingga nantinya saat berada di Tanah Suci, para jemaah tidak lagi kebingungan dan bisa melaksanakan umroh secara khusyuk dan syar’i.

Nah, agar kita semua memahami pentingnya manasik umroh, berikut adalah 7 alasan serta manfaat yang membuat kegiatan tersebut begitu penting dan sebaiknya tidak dilewatkan.

Memahami pengetahuan dasar dalam melaksanakan ibadah umroh

Memahami pengetahuan dasar dalam melaksanakan ibadah umroh - 3.bp.blogspot.com
Memahami pengetahuan dasar dalam melaksanakan ibadah umroh – 3.bp.blogspot.com

Manasik umroh menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan karena melalui kegiatan ini, calon jemaah akan diajarkan pengetahuan dasar dalam melaksanakan ibadah umroh. Seperti aturan berpakaian, cara mengenakan pakaian ihram, serta amalan-amalan sunah yang bisa dilakukan saat berada di Tanah Suci.

Dapat memahami tata cara ibadah umroh yang benar

Dapat memahami tata cara ibadah umroh yang benar - seputarhajiumroh.com
Dapat memahami tata cara ibadah umroh yang benar – seputarhajiumroh.com

Pada saat manasik umroh, para calon jemaah akan diajak untuk mempraktikkan setiap ritual ibadah umroh bersama pembimbing. Mulai dari amalan-amalan yang termasuk rukun umroh, amalan-amalan sunah, doa-doa, serta hal-hal yang diharamkan pada saat menunaikan ibadah umroh. Pengetahuan ini tentunya sangat penting agar calon jamaah dapat memahami tata cara ibadah umroh yang benar dan sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

Mengetahui keadaan kota Makkah dan Madinah

Mengetahui keadaan kota Makkah dan Madinah - sharkiatoday.com
Mengetahui keadaan kota Makkah dan Madinah – sharkiatoday.com

Kondisi di Tanah Suci tentu tidaklah sama dengan kondisi di Tanah Air. Baik itu iklim maupun budayanya. Oleh karena itu, calon jemaah perlu mendapat pengetahuan mengenai kondisi di Kota Makkah ataupun Madinah. Salah satu caranya adalah melalui pelaksanaan manasik umroh.

Dapat menjalankan ibadah umroh secara mandiri saat berada di Tanah Suci

Dapat menjalankan ibadah umroh secara mandiri saat berada di Tanah Suci - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Dapat menjalankan ibadah umroh secara mandiri saat berada di Tanah Suci – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Jika calon jemaah sudah memahami tata cara ibadah umroh dengan benar, maka nantinya ketika berada di Tanah Suci, mereka dapat menjalankan ibadah umroh secara mandiri. Karena meskipun ada pendampingan dari agen travel umroh, suasana di Masjidil Haram sangat ramai sehingga akan susah untuk melakukan panduan.

Para jemaah tidak bisa terus-menerus mengandalkan petunjuk dari pemimpin rombongan. Mau tidak mau, mereka harus memahami sendiri tata cara ibadah umroh dengan baik agar dapat melaksanakan ibadahnya dengan lancar.

Dapat mengenal calon jemaah yang lain

Dapat mengenal calon jemaah yang lain - mmc.tirto.id
Dapat mengenal calon jemaah yang lain – mmc.tirto.id

Alasan lain yang membuat manasik umroh ini begitu penting adalah karena bisa menjadi media silaturahmi dengan calon jemaah yang lain. Jika sudah saling mengenal dan akrab, maka nantinya para jemaah tersebut dapat saling membantu ketika berada di Tanah Suci.

Memahami percakapan ringan dalam Bahasa Arab

Memahami percakapan ringan dalam Bahasa Arab - masbadar.com
Memahami percakapan ringan dalam Bahasa Arab – masbadar.com

Selain diajarkan hukum-hukum yang berkaitan dengan ibadah, manasik umroh juga akan membekali para calon jemaah dengan pengetahuan mengenai percakapan ringan dalam Bahasa Arab. Hal ini tentunya akan sangat membantu mereka untuk berkomunikasi dengan penduduk lokal ketika berada di Makkah atau kota-kota lain di Arab Saudi.

Menghindari dan atau denda

Menghindari dan atau denda - iloveqatar.net
Menghindari dan atau denda – iloveqatar.net

Alasan pentingnya manasik umroh yang terakhir adalah menghindarkan para jemaah daridam atau denda. Sebagaimana telah kita ketahui, rukun umroh adalah kegiatan dalam ibadahumroh yang wajib dan harus dikerjakan. Apabila jemaah tidak mengerjakan salah satu rukun umroh, maka ibadah umrohnya dianggap tidak sah dan mereka diwajibkan untuk membayar denda.

Setelah membayar denda, barulah ibadah umroh tersebut dianggap sempurna. Namun, jika calon jemaah bisa telah memahami rukun-rukun umroh dengan baik, maka denda akibat tidak melaksanakan rukun umroh tentunya dapat dihindari.

Itulah beberapa alasan penting manasik umroh bagi jemaah baru. Semoga dengan uraian di atas, kita bisa lebih serius dan bersemangat dalam mengikuti manasik umroh. Semoga bermanfaat!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: