Umroh

7 Cara Memilih Paket Umrah Murah tapi Berkualitas

Punya rencana umrah tahun ini? Untuk memudahkan perjalanan umrah, Anda bisa menggunakan jasa biro atau agen. Biasanya, banyak paket yang ditawarkan. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih paket. Pasalnya, tidak sedikit kasus penipuan yang berkedok umrah travel. Berikut ini ada 7 cara yang bisa diterapkan agar Anda mendapatkan paket yang berkualitas.

Memilih Paket dari Biro Umrah Resmi

Memilih Paket dari Biro Umrah Resmi - i1.wp.com
Memilih Paket dari Biro Umrah Resmi – i1.wp.com

Biro umrah resmi pasti telah terdaftar di kantor Kementerian Agama. Biasanya, mereka memiliki izin umrah dan haji berupa SK Dirjen Haji dan Umrah Kementerian Agama RI. Lebih baik lagi jika Anda bisa melacak tanda daftar perusahaan, NPWP, akta pendiriaannya secara resmi, sertifikat Amphuri, serta sertifikat lembaga bisnis syariah dari MUI.

Cara mengecek keberadaan biro, yaitu dengan membuka situs resmi Kementerian Agama. Lalu, masuk ke link kementerian haji. Jika sudah mengantongi izin, Anda pasti menemukan datanya di kolom pencarian.

Perhatikan Kesesuaian Antara Fasilitas dan Harga Paket

Perhatikan Kesesuaian Antara Fasilitas dan Harga Paket - 4.bp.blogspot.com
Perhatikan Kesesuaian Antara Fasilitas dan Harga Paket – 4.bp.blogspot.com

Tidak sedikit, biro yang menawarkan paket dengan harga murah. Namun, fasilitasnya belum tentu lengkap dan memadai. Anda mesti memilih paket yang menyediakan fasilitas berupa sarana transportasi, penginapan, konsumsi, asuransi, dan pengurusan dokumen keberangkatan. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan pelayanan berkualitas saat berada di tanah suci.

Pastikan Letak Akomodasi Dekat dengan Masjidil Haram

Pastikan Letak Akomodasi Dekat dengan Masjidil Haram - wallpapers-and-backgrounds.net
Pastikan Letak Akomodasi Dekat dengan Masjidil Haram – wallpapers-and-backgrounds.net

Sebelum menentukan paket, tanyakan dengan detail mengenail akomodasi di tanah suci. Salah satunya, yaitu penginapan. Anda harus mengetahui dengan jelas, lokasi dan alamat penginapan. Upayakan mendapat tempat bermalam yang berdekatan dengan Masjidil Haram.

Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Harus Dipastikan

Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Harus Dipastikan - 4.bp.blogspot.com
Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan Harus Dipastikan – 4.bp.blogspot.com

Pada dasarnya, setiap biro umrah diberikan kuota visa. Berdasarkan kuota tersebut, biro memesan tiket pesawat sebelum tanggal keberangkatan. Nah, jika Anda menemukan biro umrah yang tidak bisa memberikan kepastian berangkat, sebaiknya dihindari. Misalnya, biro tersebut menjanjikan keberangkatan dua tahun lagi tanpa memberitahukan tanggal, bulan, dan maskapai penerbangannya.

Hal yang perlu diingat, yaitu umrah tidak memerlukan antre panjang seperti pelaksanaan haji. Anda bisa berangkat umrah kapan pun. Terutama jika melewati biro, otomatis jatah umrah setiap bulannya sudah jelas.

Mewaspadai Rekening Pembayaran Paket

Mewaspadai Rekening Pembayaran Paket - umroh.travel.com
Mewaspadai Rekening Pembayaran Paket – umroh.travel.com

Pembayaran paket biasanya ditransfer melalui rekening bank tertentu. Hindari umrah travel yang menggunakan nama pribadi dalam nomor rekeningnya. Pastikan yang tertera adalah nama perusahaannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penipuan.

Memilih Paket dengan Fasilitas Pemandu

Memilih Paket dengan Fasilitas Pemandu - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Memilih Paket dengan Fasilitas Pemandu – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Pemandu sangat diperlukan untuk membimbing Anda saat melaksanakan ibadah umrah. Pemandu akan menemani rombongan dalam perjalanan ibadah, maupun ketika berjalan-jalan di tanah suci. Selain itu, dengan adanya pemandu, Anda tidak perlu repot belajar Bahasa Arab karena dia pun bisa menjadi penerjemah.

Jangan Memilih Paket dari Biro Umrah MLM

Jangan Memilih Paket dari Biro Umrah MLM - arminarekaperdana-db.com
Jangan Memilih Paket dari Biro Umrah MLM – arminarekaperdana-db.com

Pernah mendengar MLM? MLM merupakan akronim dari Multi Level Marketing. Biro umrah yang memanfaatkan sistem ini biasanya meminta uang saat pertama bergabung. Jika bisa membawa anggota baru sejumlah yang ditentukan, Anda akan diberangkatkan umrah ke tanah suci.

Cara ini dianggap tidak layak dijadikan sarana menunaikan ibadah haji. Pasalnya, MLM berkedok biro umrah hanya menguntungkan satu pihak. Di samping itu, cara tersebut akan merepotkan Anda karena harus mencari downline. Jika tidak mendapatkannya, uang pertama yang diberikan kepada biro umrah akan lenyap.

Demikian ulasan mengenai 7 cara memilih paket umrah murah tapi berkualitas. Semoga bisa membantu Anda dalam mewaspadai segala jenis penipuan dengan iming-iming umrah murah dan cepat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: