Dunia Islam

7 Cara Tepat Meminum Air Zam-zam Agar Khasiatnya Sempurna Bagi Tubuh

Air zam-zam memang terkenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Bukan hanya karena keajaiban yang dimilikinya, keampuhannya juga sudah terbukti secara ilmiah. Namun ternyata, ada cara tertentu untuk meminum air zam-zam.

Rasulullah sendiri sudah memberi contoh dalam meminum air zam-zam yang baik. Terdapat juga larangan dalam penggunaan air zam-zam seperti dilarang menggunakannya untuk membersihkan najis. Walaupun begitu, air zam-zam sangat baik apabila digunakan untuk wudu, basuh wajah, dan mandi.

Anjuran cara minum air zam-zam yang baik ini bisa diamalkan agar air yang Anda minum lebih bermanfaat terutama jika dilakukan secara rutin. Agar mendapatkan khasiat yang sempurna dari air zam-zam, ada baiknya Anda melakukan hal-hal seperti di bawah berikut:

Mengambil dengan Tangan Kanan.

Air Zam-Zam - 3.bp.blogspot.com
Air Zam-Zam – 3.bp.blogspot.com

Banyak orang tidak menyadari hal ini. Sebaiknya perhatikan cara Anda mengambil air dan wadah air sebelum meminumnya. Rasulullah selalu mengajarkan untuk memulai sesuatu yang mulia menggunakan tangan kanan. Maka dari itu, hendaklah makan dan minum menggunakan tangan kanan.

Menghadap Kiblat

Air Zam-Zam - muslim.or.id
Air Zam-Zam – muslim.or.id

Rasulullah telah memberi contoh untuk selalu menghadap kiblat pada saat meminum air zam-zam. Menurut HR. Muslim, Rasulullah melarang umat Islam untuk minum sambil berdiri. Selain tidak baik, minum sambil berdiri juga akan mengurangi khasiat air yang diminum. Jadi, sebaiknya Anda berposisi duduk pada saat minum air zam-zam ini.

Membaca Bismillah dan Berdoa

Air Zam-Zam - 2.bp.blogspot.com
Air Zam-Zam – 2.bp.blogspot.com

Air zam-zam dipercaya akan memberikan manfaat sesuai dengan niat yang diucapkan sebelum minum. Untuk orang sakit, niat meminum air zam-zam untuk mendapatkan kesembuhan akan dikabulkan sesuai dengan niat yang diucapkan sebelumnya. Atau, bagi orang pelupa, bisa berniat untuk menjadi seseorang dengan ingatan yang baik. Maka dari itu, memulai dengan bacaan bismillah dan doa bisa membawa kebaikan dan manfaat bagi air zam-zam yang Anda minum.

Tanaffus

Air Zam-Zam - i.ytimg.com
Air Zam-Zam – i.ytimg.com

Dianjurkan untuk menarik nafas dalam-dalam sebanyak tiga kali di luar gelas sebelum meminum air zam-zam. Tanaffus atau tarik nafas dalam ini akan memperlancar kadar oksigen dalam tubuh sehingga siap untuk menerima asupan cairan.

Minum hingga Kenyang

Air Zam-Zam - yegfitness.ca
Air Zam-Zam – yegfitness.ca

Selain menghilangkan rasa haus, air zam-zam juga dipercaya bisa mengenyangkan dan memberi energi. Inilah kenapa umat Islam dianjurkan untuk minum air zam-zam hingga kenyang sebelum berhenti.

Mengucap Syukur

Air Zam-Zam - aswajamuda.com
Air Zam-Zam – aswajamuda.com

Setelah selesai, ucapkan Alhamdulillah untuk mensyukuri nikmat yang sudah diterima lewat air zam-zam.

Berdoa Sesuai Hajat

Air Zam-Zam - cdn2.tstatic.net
Air Zam-Zam – cdn2.tstatic.net

Setelah tadi mengucap niat, akhiri dengan berdoa sesuai hajat yang dikehendaki. Banyak orang mengharap kesembuhan atau keajaiban datang dengan meminum air zam-zam. Namun hal tersebut hanya akan terjadi apabila kita benar-benar mengamalkan anjuran dan meminum air zam-zam secara rutin.

Beberapa hal yang dibolehkan dalam penggunaan air zam-zam adalah pemandian jenazah, mandi, dan membasuh muka. Sesungguhnya, air zam-zam bisa dikatakan sebagai air suci yang bahkan tidak perlu dimasak sebelum diminum. Sumur yang sudah mengeluarkan air zam-zam selama sekitar 4.000 tahun terbukti tidak memiliki kotoran atau lumut di dalam sumurnya. Hal tersebut merupakan salah satu keajaiban yang ada pada air zam-zam.

Selain untuk diminum, air zam-zam juga bisa digunakan untuk membasuh bagian tubuh yang sakit. Sebelum membasuh, bacalah bismillah dan niat serta berdoalah untuk kesembuhan pada saat mengusapkan air zam-zam ke bagian tubuh yang dimaksud. Yang terpenting, tata hati sebelum meminum atau menggunakan air zam-zam. Tujuannya adalah agar segala dengki dihilangkan dan niat dikabulkan oleh Allah subhanahu wata’ala.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: