Umroh

7 Doa Mustajab untuk Dihafalkan Sebelum Berangkat Umrah

Doa adalah perisainya umat muslim. Berdoa kepada Allah SWT berarti memohon diberikan sesuatu untuk keselamatan hidupnya. Doa merupakan permulaan sebelum memulai aktivitas, salah satunya berangkat umrah. Anda mesti menghafalkan banyak doa agar umrah berjalan dengan lancar. Berikut daftar doa mustajab untuk dibaca sebelum pergi umrah.

Doa Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Doa Sebelum Berangkat ke Tanah Suci - 3.bp.blogspot.com
Doa Sebelum Berangkat ke Tanah Suci – 3.bp.blogspot.com

Doa ini dipanjatkan ketika Anda akan keluar dari rumah menuju tempat pemberangkatan. Pembacaan doa disertai salat sunah dua rakaat dengan melafalkan surat Al-Fatihah, Al-Kafirun, dan Al-Ikhlas.

Sesudah salam, Anda bisa membaca doa yang artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepadaku dengan Islam dan memberi bimbingan kepadaku untuk menunaikan manasik haji di rumah-Nya dan mengerjakan umrah di tempat lambang-lambang keagungan-Nya. Ya Allah, berilah selawat atas Nabi yang tidak bisa baca dan tulis dan atas keluarga dan para sahabat sekalian. Ya Allah, kepadamu aku menghadap dan dengan-Mu aku berpegang teguh. Ya Allah, lindungilah aku dari sesuatu yang menyusahkan dan sesuatu yang tidak aku perlukan. Ya, Allah bekalilah aku dengan takwa dan ampunilah dosaku.”

Doa Ketika Meminum Air Zam-Zam

Doa Ketika Meminum Air Zam-Zam - 4.bp.blogspot.com
Doa Ketika Meminum Air Zam-Zam – 4.bp.blogspot.com

Air zam-zam dipercaya sebagai minuman yang penuh berkah. Sebelum menikmatinya, sebaiknya mengucapkan doa ini.

“Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wasyifaa an min kulli daa in wasaqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin.

Artinya :

“Ya Allah, aku mohon kepadaMu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit pikun dengan rahmatMu, ya Allah, yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang.”

Doa Memakai Pakaian Ihram

Doa Memakai Pakaian Ihram - rumahteresku.files.wordpress.com
Doa Memakai Pakaian Ihram – rumahteresku.files.wordpress.com

Pakaian ihram wajib digunakan saat Anda beribadah di tanah suci. Berikut doa yang harus dipanjatkan ketika memakainya.

“Ya Allah, aku haramkan rambut, kulit, tubuh, dan seluruh anggota tubuhku dari semua yang Kau haramkan bagi seorang yang sedang berihram, demi mengharapkan dariMu semata, wahai Tuhan pemelihara alam semestra.”

Doa Ketika Melihat Kakbah

Doa Ketika Melihat Kakbah - 1.bp.blogspot.com
Doa Ketika Melihat Kakbah – 1.bp.blogspot.com

Menyaksikan kakbah dari dekat merupakan harapan setiap umat Islam. Jika Anda punya kesempatan umrah, bacalah doa ini saat pertama kali memandang kakbah.

“Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan wibawa pada baik (kabah) ini. Dan tambahka pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan, dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dngan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan.”

Doa Memulai Tawaf

Doa Memulai Tawaf - 1.bp.blogspot.com
Doa Memulai Tawaf – 1.bp.blogspot.com

Tawaf merupakan salah satu rangkaian ibadah umrah yang wajib dilakukan. Anda mesti melakukan 7 kali tawaf saat umrah. Adapun sebelum tawaf dimulai, disarankan membaca doa ini seraya menghadap ke arah Hajar Aswad.

“Dengan nama Allah, Allah yang Mahabesar. Ya Allah, demi keimanan kepada-Mu dan membenarkan kitab suci-Mu, memenuhi janji dengan-Mu serta mengikuti sunah Nabi-Mu Muhammad SAW.”

Senantiasa Membaca Talbiyah

Senantiasa Membaca Talbiyah - 4.bp.blogspot.com
Senantiasa Membaca Talbiyah – 4.bp.blogspot.com

Talbiyah merupakan doa yang diucapkan seseorang ketika menunaikan umrah atau haji. Doa ini dilafalkan selama perjalanan ke tanah suci. Berikut kalimat talbiyah yang harus dihafalkan.

Labbaika allahumma labbaik, labbaika la syarika laka labbaik. Innal hamda wanni mata laka wal mulka la syarikalak.”

Artinya :

“Aku datang memenuhi panggilan-Mu, Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, kemuliaan, dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.”

Membaca Niat Sebelum Berangkat Umrah

Membaca Niat Sebelum Berangkat Umrah - image.slidesharecdn.com
Membaca Niat Sebelum Berangkat Umrah – image.slidesharecdn.com

Niat merupakan doa permulaan sebelum pergi umrah. Niat hendaknya diucapkan ketika keluar rumah. Berikut lafal doanya.

Labbaik allahumma umrota.”

Artinya : “Aku sambut panggilan-Mu, ya Allah, untuk berumrah.”

Demikian tadi 7 doa mustajab untuk dihafalkan sebelum umrah. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan rujukan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: