FikihUmroh

7 Hal yang Dilakukan dalam Sai Pada Ibadah Umroh

Sai adalah berlari-lari kecil dari Bukit Shafa menuju Bukit Marwah dan sebaliknya sebanyak 7 kali putaran. Ritual ini sebenarnya merupakan napak tilas dari perjuangan Hajar untuk mencarikan air bagi putranya, Nabi Ismail AS, yang sedang kehausan.

Dalam upayanya untuk mencari air tersebut, Hajar berjalan dan berlari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak 7 kali, sampai akhirnya ia diperlihatkan keajaiban Allah berupa air yang muncul dari hentakan kaki Nabi Ismail AS. Mata air itulah yang saat ini kita kenal sebagai mata air zam-zam.

Sebagai salah satu rukun haji dan umroh,sai wajib dilakukan setelah melaksanakan tawaf. Apabila seorang jemaah haji ataupun umroh tidak melaksanakan sai, maka ibadah haji atau umrohnya tidak sah. Nah, apa saja sebenarnya hal-hal yang dilakukan pada saat sai? Berikut adalah penjelasannya.

Berdoa saat mendekati Bukit Shafa

Berdoa saat mendekati Bukit Shafa - kabarmakkah.com
Berdoa saat mendekati Bukit Shafa – kabarmakkah.com

Setelah selesai melaksanakan tawaf, hendaknya kita keluar melalui pintu Ash-Shafa untuk menuju ke Bukit Shafa. Ketika mendekati Bukit Shafa, Rasulullah SAW mengajarkan agar kita membaca doa berikut:

“Innash-shofaa wa l-marwata min sya’aairillahi, faman hajja l-baita awi’tamara falaa junaaha ‘alaihi an-yaththawwafa bihimaa, waman tathawwa’a khairan fainnallaha syaakirun ‘aliim.”

Naik ke Bukit Shafa, menghadap Ka’bah, kemudian membaca doa

Naik ke Bukit Shafa, menghadap Ka’bah, kemudian membaca doa - 4.bp.blogspot.com
Naik ke Bukit Shafa, menghadap Ka’bah, kemudian membaca doa – 4.bp.blogspot.com

Sesampainya di bukit Shafa, kita dianjurkan untuk naik keatasnya hingga dapat melihat Kakbah, dan kemudian membaca doa yang diajarkanNabi Muhammad SAW berikutini:

“Allahuakbar. Allahuakbar. Allahuakbar. Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhyiii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qadiir. Laa ilaaha illallaahu wahdah, anjaza wa’dahu manashara ‘abdahu wa hazamal ahzaaba wahdah.”

Doa tersebut hendaknya diulangi sebanyak 3 kali. Pada setiap perulangan, kita juga disunahkan untuk berdoa apapun yang kita kehendaki.

Berjalan dari Bukit Shafa menujuke Bukit Marwah

Berjalan dari Bukit Shafa menujuke Bukit Marwah - 4.bp.blogspot.com
Berjalan dari Bukit Shafa menujuke Bukit Marwah – 4.bp.blogspot.com

Setelah selesai, maka turunlah dari Bukit Shafa untuk berjalan menuju Bukit Marwah. Ketika berada di antara Shafa dan Marwah, kita disunahkan untuk memperbanyak doa dan berdzikir kepada Allah SWT. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, yang artinya:

“Sesungguhnya dijadikannya tawaf di sekeliling Baitullah, sai di antara Shafa dan Marwah, dan melontar jumrah adalah untuk mengingat Allah.” (Hadits Riwayat Ahmad dan Abu Dawud)

Di sunahkan untuk berlari-lari kecil saat berada di antara dua tanda hijau

Di sunahkan untuk berlari-lari kecil saat berada di antara dua tanda hijau - biayaumroh.net
Di sunahkan untuk berlari-lari kecil saat berada di antara dua tanda hijau – biayaumroh.net

Pada mulanya, sai hendaknya dilakukan dengan berjalan biasa. Kemudian, ketika berada di antara dua tanda hijau,disunahkan bagilaki-laki untuk berlari-lari kecil. Sedangkan untuk perempuan, cukup dengan mempercepat langkah. Ketika berada di antara dua tanda hijau ini, kita juga dianjurkan untuk membaca doa berikut:

“Rabbighfir warham wa’fu watakarram watajaawaz ‘ammaa ta’lamu, innaka ta’lamu, mala na’lamu, Innaka antallahul a’azzul akram.”

Setelah tanda hijau sudah terlewati, maka kita bisa melanjutkan kembali perjalanan sai dengan berjalan biasa.

Berdoa saat mendekati Bukit Marwah

Berdoa saat mendekati Bukit Marwah - 1.bp.blogspot.com
Berdoa saat mendekati Bukit Marwah – 1.bp.blogspot.com

Saat mendekati Bukit Marwah, kita dianjurkan untuk membaca doa seperti yang kita baca tatkala mendekati bukit Shafa.

Naik ke Bukit Marwah, menghadap Ka’bah, kemudian membaca doa

Naik ke Bukit Marwah, menghadap Ka’bah, kemudian membaca doa - 4.bp.blogspot.com
Naik ke Bukit Marwah, menghadap Ka’bah, kemudian membaca doa – 4.bp.blogspot.com

Setelah sampai di Bukit Marwah, kita juga disunahkan untuk melakukan ritual yang sama seperti saat berada di Bukit Shafa. Mulai dari naik keatas Bukit Marwah, menghadap Kakbah, serta membaca doa.

Mengulangi perjalanan dari Shafa menuju Marwah dan sebaliknya sebanyak 7 kali

Mengulangi perjalanan dari Shafa menuju Marwah dan sebaliknya sebanyak 7 kali - annafardiana.files.wordpress.com
Mengulangi perjalanan dari Shafa menuju Marwah dan sebaliknya sebanyak 7 kali – annafardiana.files.wordpress.com

Sesampainya di Bukit Marwah, maka perjalanan sai kita sudah terhitung satu putaran. Selanjutnya, kita bisa melanjutkan perjalanan yang kedua dari Marwah menuju Shafa. Begitu seterusnya sampai tujuh kali putaran. Sehingga pada putaran ketujuh, perjalanan sai akan berakhir di Marwah.

Demikianlah 7 hal yang dilakukan dalam sai. Semoga bermanfaat bagiAnda yang akan menjadi jemaah umroh maupun haji.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: