KeluargaUmroh

7 Keutamaan Berangkat Umroh Bersama Orang Tua

Sebagai seorang anak, tentu sudah menjadi impian kita untuk bisa membahagiakan dan membuat orang tua bangga. Sebagai muslim hal ini bukan lagi sekadar impian, tapi juga kewajiban yang harus kita lakukan dengan sepenuh hati.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk membuat orang tua bahagia adalah dengan memberangkatkan kedua orang yang telah membesarkan kita tersebut untuk beribadah haji atau umroh ke Tanah Suci.

Walaupun sebenarnya untuk membahagiakan kedua orang tua kita tidak harus melakukan hal ini, tetapi begitu kita memiliki kelebihan materi akan lebih baik jika kita memberangkatkan Ayah dan Ibu ke Tanah Suci untuk beribadah.

Jika haji masih terasa terlalu mahal, umroh mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dapat membahagiakan kedua orang tua. Anda bisa memberangkatkan orang tua untuk umroh atau bahkan pergi berumroh bersama Ayah dan Ibu. Meskipun mungkin ibadah umroh tidak sepenting haji, tetapi berangkat umroh bersama orang tua memiliki beberapa keutamaan yang harus Anda ketahui. Di antaranya,

Bernilai jihad

Umroh Bersama Orang Tua - Pinterest
Umroh Bersama Orang Tua – Pinterest

Berbakti kepada orang tua, termasuk di dalamnya pergi umroh bersama, memiliki pahala setara membela agama dan berperang di jalan Allah. Sebagaimana hadis yang artinya,“Seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW lalu meminta kepada beliau untuk berjihad. Maka beliau bersabda, “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?” ia menjawab, “Ya.” Beliau pun bersabda, “Maka bersungguh-sungguhlah dalam berbakti kepada keduanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tiket ke surga

Umroh Bersama Orang Tua - Aboutislam.net
Umroh Bersama Orang Tua – Aboutislam.net

Selain bernilai jihad, umroh bersama orang tua juga dianggap dapat menjadi salah satu tiket kita untuk memasuki surga Allah, sebagaimana hadis yang artinya,“Orang tua adalah paling pertengahan dari pintu-pintu surga. Jika kamu mau, sia-siakanlah pintu itu (kau tidak mendapat surga) atau jagalah ia (untuk mendapatkan pintu surga itu).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Membuat hidup semakin berkah

Umroh Bersama Orang Tua - LlmFeed
Umroh Bersama Orang Tua – LlmFeed

Salah satu keutamaan umroh adalah membuat hidup jauh dari kefakiran. Kefakiran di sini bisa dalam hal kebahagiaan, rezeki, maupun keberkahan. Jika berumroh bersama orang tua, selain mendapatkan pahala umroh kita juga bisa mendapatkan pahala berbuat baik kepada orang tua. Hal tersebut tentu saja akan mendatangkan keberkahan dalam hidup kita, insya Allah.

Dikabulkannya doa-doa

Umroh Bersama Orang Tua - Candycrystals' Blog - WordPress.com
Umroh Bersama Orang Tua – Candycrystals’ Blog – WordPress.com

Seperti yang kita tahu, doa orang tua merupakan salah satu doa yang akan dikabulkan oleh Allah. Saat kita berdoa bersama orang tua di Tanah Suci ketika beribadah umroh, jika Allah menghendaki, bukan tidak mungkin segala hajat dan keinginan kita bisa tercapai.

Membuat hubungan orang tua dan anak semakin dekat

Umroh Bersama Orang Tua - Lds.org
Umroh Bersama Orang Tua – Lds.org

Perjalanan jauh di negara asing secara otomatis akan membuat kita semakin dekat dengan orang-orang yang dikenal. Begitu pula ketika kita pergi berumroh bersama kedua orang tua.

Jika sehari-hari kita disibukkan dengan urusan sekolah atau pekerjaan, saat berumroh kita bisa bicara banyak hal dengan kedua orang tua. Karena pada saat umroh selain beribadah, kita juga memiliki banyak waktu luang untuk berkeluh kesah dan bertukar pikiran dengan orang tua.

Bisa beribadah bersama orang tua

Umroh Bersama Orang Tua - Twitter.com
Umroh Bersama Orang Tua – Twitter.com

Kesibukan seringkali membuat kita jarang memiliki waktu untuk salat berjamaah atau membaca quran bersama orang tua. Ketika pergi umroh bersama, kita akan memiliki banyak kesempatan untuk beribadah berjamaah dengan orang tua.

Berlibur bersama orang tua

Umroh Bersama Orang Tua - Alhaqtravel.co.uk
Umroh Bersama Orang Tua – Alhaqtravel.co.uk

Selain beribadah, saat berumroh kita juga dapat mengunjungi berbagai tempat bersejarah dan memanfaatkan waktu liburan bersama orang tua yang belum tenti bisa kita lakukan di hari biasa.Demikianlah beberapa keutamaan yang bisa didapatkan saat kita pergi umroh bersama kedua orang tua, wallahu ‘alam bish shawwab.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: