FikihHajiUmroh

7 Keutamaan Beribadah di Masjid Nabawi

Masjid Nabawi merupakan masjid kedua yang dibangun Rasulullah SAW dalam perjalanannya hijrah dari Makkah ke Madinah. Sama seperti Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi juga memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki masjid lainnya. Berikut adalah 7 keutamaan beribadah di Masjid Nabawi.

Masjid Nabawi berdiri di Kota Madinah, kota terbaik setelah Makkah

Masjid Nabawi berdiri di Kota Madinah, kota terbaik setelah Makkah - pbs.twimg.com
Masjid Nabawi berdiri di Kota Madinah, kota terbaik setelah Makkah – pbs.twimg.com

Selain Makkah, Madinah juga merupakan kota suci bagi umat Muslim. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, yang artinya:

“Kota Madinah adalah (kota) suci, maka barangsiapa yang di dalamnya berbuat dosa atau menyembunyikan orang yang berbuat dosa. Maka dia akan dilaknat oleh Allah, para malaikat dan seluruh manusia. Allah tidak akan meneriman taubat dan fidayah darinya nanti di hari kiamat.”(HR. Bukhari)

Rasulullah menjadikan Masjid Nabawi sebagai masjid kedua dimana bepergian diperintahkan dengan sangat

 Rasulullah menjadikan Masjid Nabawi sebagai masjid kedua dimana bepergian diperintahkan dengan sangat - sidoharind.co.id
Rasulullah menjadikan Masjid Nabawi sebagai masjid kedua dimana bepergian diperintahkan dengan sangat – sidoharind.co.id

Berziarah ke Masjid Nabawi merupakan salah satu sunah dari beberapa sunah yang diperintahkan Rasulullah SAW. Dari Abu Hurairah RA Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya:

“Bepergian itu tidak diperintahkan dengan sangat kecuali ke tiga masjid, Masjid Haram, masjidku ini (Masjid Nabawi), dan Masjid Aqsha.

Sehingga,bagi siapa saja yang pergi ke Madinah untuk ziarah ke Masjid Nabawi dan shalat didalamnya dengan niat yang benar, Insya Allah,Allah SWT akan memberi rahmat kepadanya.

Pahala sholat lebih baik 1000 kali dari pada sholat di masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram

Pahala sholat lebih baik 1000 kali dari pada sholat di masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram - salamdakwah.com
Pahala sholat lebih baik 1000 kali dari pada sholat di masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram – salamdakwah.com

Shalat di Masjid Nabawi mengandung keutamaan yang besar dibandingkan shalat di masjid lainnya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram (HR. Bukharidan Muslim)

Shalat Arba’in di Masjid Nabawi memiliki keutamaan yang besar

Shalat Arba’in di Masjid Nabawi memiliki keutamaan yang besar - albiladdaily.com/
Shalat Arba’in di Masjid Nabawi memiliki keutamaan yang besar – albiladdaily.com

Arba’in dalam Bahasa Arab berarti empat puluh. Sehingga, yang dimaksud shalat arba’in adalah shalat selama empat puluh waktu secara berturut-turut tanpa ketinggalan takbiratulihram bersama imam. Menurut sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, shalat selama 40 kali berturut-turut di Masjid Nabawi ini memiliki keutamaan yang besar. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya:

“Barang siapa shalat di masjidku (Masjid Nabawi) empat puluh shalat tanpa ketinggalan sekalipun, dicatatkan baginya kebebasan dari neraka, keselamatan dari siksaan dan dibebasdari kemunafikan.”(HR. Ahmad, Ath-Thabrani, dan At-Tirmidzi)

Tempat yang mustajab untuk berdoa

Tempat yang mustajab untuk berdoa- 2.bp.blogspot.com
Tempat yang mustajab untuk berdoa- 2.bp.blogspot.com

Di Masjid Nabawi ini terdapat Raudah, yaitu tempat antara mimbar dan kediaman Rasulullah SAW atau yang sekarang menjadi makam beliau. Para peziarah yang datang ke Masjid Nabawi sangat dianjurkan untuk shalat sunah 2 rakaat atau shalat sunah apa saja yang dikehendakinya di tempatini. Sebagaimana telah ada ketetapan tentang keutamaan di dalamnya.Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

“Diantara rumahku dan mimbarku adalah Raudah (taman) diantara taman-taman surga. Dan mimbarku ada di dalam telagaku.(HR. Bukharidan Muslim)

Di dalam hadis yang lain, diriwayatkan bahwaYazin bin Abu Ubaid berkata:

“Saya (pernah) datang bersama Salamah bin Al-Akwa’, kemudian beliau shalat di samping tiang yang ada mushaf yakni di Roudhah yang mulia, maka saya berkata: “Saya melihat anda, sangat memilih shalat di tiang ini!, beliau berkata: “Sesungguhnya saya melihat Nabi sallallahu’alaihi wa sallam memilih shalat di sisinya.(HR. Bukharidan Muslim)

Para ulama juga meyakini bahwa Raudah merupakan tempat yang sangat mustajab untuk berdoa, sehingga tak heran jika selalu dipadati oleh para jemaah setiap harinya.

Mendalami ilmu agama di Masjid Nabawi akan mendapatkan pahala yang berlipat

Mendalami ilmu agama di Masjid Nabawi akan mendapatkan pahala yang berlipat - amitourindonesia.com
Mendalami ilmu agama di Masjid Nabawi akan mendapatkan pahala yang berlipat – amitourindonesia.com

Mendalami ilmu agama adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jika dilakukan di Masjid Nabawi, keutamaannya pun akan berlipat ganda. Sebagaimana Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya:

“Aku mendengarkan Rasulullah bersabda: “Barang siapa mendatangi masjidku untuk suatu kebajikan, mempelajarinya dan menularkannya, maka dia seperti seorang yang berjihad di jalan Allah, sedangkan orang yang mendatanginya dengan niat lain, maka dia itu seperti tertegun pada kekayaan orang lain.””

Berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW

Berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW - cdn-2.tstatic.net
Berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW – cdn-2.tstatic.net

Ketika berada di Masjid Nabawi, jemaah laki-laki juga sangat dianjurkan untuk berziarah kemakam Nabi Muhammad SAW. Namun, kegiatan ziarah ini tentunya tidak keluar dari tujuan aslinya, yaitu untuk merenung dan mengambil pelajaran. Bukan dalam rangka bidah seperti mengharapkan berkah atau keselamatan dari orang yang dikubur di dalamnya. Karena hal ini merupakan salah satu bentuk kesyirikan yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: Janganlah menjadikan rumah-rumah kalian sebagai makam dan janganlah menjadikan makamku sebagai tempat perayaan. Bershalawatlah kepadaku karena shalawatmu akan sampai kepadaku dimana pun kalian berada.” (HR. Abu Daud)

Demikianlah beberapa keutamaan beribadah di Masjid Nabawi. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk berkunjung ke masjid yang sangat mulia tersebut. Amiiin Ya Rabbal Alamin.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: