FikihHajiUmroh

7 Keutamaan Beribadah di Masjidil Haram

Masjidil Haram atau Al-Masjid Al-Haram merupakan masjid suci bagi umat Muslim. Masjid ini memiliki kelebihan dan keutamaan yang tidak dimiliki masjid-masjid lainnya. Oleh karena itu, tak heran jika Masjidil Haram tidak pernah sepi dari para jemaah yang beribadah kepada Allah SWT. Di antara mereka ada yang melakukan tawaf, shalat, maupun iktikaf.

Sebenarnya, apa saja keutamaan beribadah di dalam masjid yang teramat suci ini? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Berdiri di kota yang paling di cintai oleh Allah SWT

Berdiri di kota yang paling di cintai oleh Allah SWT - thayyiba.com
Berdiri di kota yang paling di cintai oleh Allah SWT – thayyiba.com

Salah satu keutamaan dari Masjidil Haram adalah berdiri di Makkah, kota yang paling dicintai oleh Allah SWT. Rasulullah SAW pernah bersabda ketika hendak hijrah ke Madinah, yang artinya:

Demi Allah, saya sangat sadar bahwa engkau adalah negeri Allah yang paling aku cintai, dan negeri yang paling dicintai Allah. Engkau adalah tempat yang paling baik di muka bumi dan yang paling dicintai Allah. Andaikan bukan karena pendudukmu yang mengusirku, aku tidak akan keluar” (FadhailMakkah, hal 18)

Selain itu, Allah SWT juga menjadikan Makkah sebagai tanah haram. Disebut demikian karena kota suci ini memiliki aturan khusus yang tidak dimiliki kota lainnya. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, yang artinya:

Dia haram dengan kemuliaan yang Allah berikan, sampai hari kiamat.  Tidak boleh dipatahkan ranting pohonnya, tidak boleh diburu hewannya, tidak boleh diambil barang hilangnya, kecuali untuk diumumkan, dan tidak boleh dicabut rerumputan hijaunya.” (HR. Bukhasidan Muslim)

Terdapat Kakbah yang sangat dimuliakan

Terdapat Kakbah yang sangat dimuliakan - mey20.files.wordpress.com
Terdapat Kakbah yang sangat dimuliakan – mey20.files.wordpress.com

Kakbah atau Baitullah merupakan kiblat semua umat Muslim di dunia.Kakbah ini berbentuk persegi empat dan berdiri di tengah-tengah Masjidil Haram. Allah berfirman di dalam surat Ali Imran ayat 96, yang artinya:

““Sesungguhnya rumah yang pertama kali dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yangada di Bakkah (Makkah).” (QS. Ali Imran: 96)

Mendapatkan rahmat Allah SWT yang begitu besar

Mendapatkan rahmat Allah SWT yang begitu besar - islamidia.com
Mendapatkan rahmat Allah SWT yang begitu besar – islamidia.com

Allah memberikan rahmat yang begitu besar bagi siapapun yang datang ke Masjidil Haram dan beribadah di dalamnya. Sebagaimana yang telah disebutkan pada hadis berikutini, yang artinya:

“Dari Abdullah bin Abbas Radiallahu Anhuma ia berkata : “Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya dalam setiap hari, siang dan malam, seratus dua puluh rahmat Allah SWT turun diatas Kakbah. Enam Puluh diantaranya untuk orang-orang yang tawaf, 40 untuk orang yang shalat, dan 20 untuk untuk orang yang memandanginya.”” (Ibnu Ady dan Bayhaqi, Durrul Mantsur )

Shalat di Masjidil Haram pahalanya lebih baik 100.000 kali lipat dari pada shalat di masjid lainnya

Shalat di Masjidil Haram pahalanya lebih baik 100.000 kali lipat dari pada shalat di masjid lainnya - cloud.lovindubai.com
Shalat di Masjidil Haram pahalanya lebih baik 100.000 kali lipat dari pada shalat di masjid lainnya – cloud.lovindubai.com

Shalat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 kali lipat dibandingkan shalat di masjid lainnya. Sebagaimana telah dijelaskan dalam hadis yang disabdakan Rasulullah SAW berikut ini, yang artinya:

“Apabila seseorang shalat dirumahnya, maka ia hanya mendapat pahala 1 shalat. Apabila shalat di masjid mendapat pahala 25 kali lipat. Di Masjid Jami’ mendapat pahala 500 kali. Dimasjid Baitul maqdis mendapat Pahala 50.000 kali. Dan Shalat di masjidku mendapat pahala 50.000 kali, dan shalat di Masjidil Haram mendapat Pahala 100.000 kali shalat.”(H.R. Ibnu Majah, Misykat)

Di kabulkannya doa-doa

Di kabulkannya doa-doa - 3.bp.blogspot.com
Di kabulkannya doa-doa – 3.bp.blogspot.com

Di Masjidil Haram, terdapat tempat-tempat yang sangat mustajab untuk berdoa. Di antara tempat-tempat itu adalah di Multazam, Hijr Ismail, serta Maqam Ibrahim.

Beribadah umroh di Masjidil Haram dapat menjadi penghapus dosa-dosa yang telah lalu

Beribadah umroh di Masjidil Haram dapat menjadi penghapus dosa-dosa yang telah lalu - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Beribadah umroh di Masjidil Haram dapat menjadi penghapus dosa-dosa yang telah lalu – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Allah SWT memberikan keberkahan bagi jemaah yang melaksanakan umroh di Masjidil Haram. Sebagaimana telah diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

“Satu Ibadah umroh ke umroh berikutnya sebagai penghapus dosa diantara keduanya, dan haji mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga.(HR. Malik, Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

Berhaji karena Allah SWT di Masjidil Haram akan membuat kita seperti bayi yang baru dilahirkan ke dunia

Berhaji karena Allah SWT di Masjidil Haram akan membuat kita seperti bayi yang baru dilahirkan ke dunia - cf.dvh.bz
Berhaji karena Allah SWT di Masjidil Haram akan membuat kita seperti bayi yang baru dilahirkan ke dunia – cf.dvh.bz

Melaksanakan ibadah haji di Masjidil Haram dengan niat yang khusyuk serta mengharapkan ridha dari Allah SWT akan membuat kita kembali seperti bayi yang baru dilahirkan. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya:

“Barangsiapa yang berhaji karena Allah, lalu dia tidak berkata dan berbuat keji, maka dia akan kembali seperti hari disaat dia dilahirkan ibunya.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi)

Itulah beberapa keutamaan beribadah di Masjidil Haram. Semoga kita semua termasuk dalam orang-orang beruntung yang diberi kesempatan oleh Allah SAW untuk menunaikan ibadah haji dan umroh di Masjidil Haram. Amiin Ya Rabbal Alamin.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: