Umroh

7 Langkah Mudah Membuat Visa Umroh

Sama halnya jika kita ingin bepergian ke negara-negara asing di dunia, melakukan perjalanan ibadah umroh ke Tanah Suci juga membutuhkan visa. Visa umroh hanya berlaku untuk para jamaah yang akan melakukan ibadah haji kecil di Arab Saudi sehingga masa berlakunya pun terbatas, yaitu 10, 20, hingga 30 hari saja.
Idealnya, pembuatan visa umroh akan membutuhkan waktu sekitar 2-4 minggu. Agar pembuatan visa tidak menguras waktu dan tenaga, berikut ini adalah 7 langkah mudah untuk membuat visa umroh. Di antaranya,

Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa

Membuat Visa Umroh - Weldzone.com.my
Membuat Visa Umroh – Weldzone.com.my

Agar Anda tidak bolak-balik kedutaan untuk mengurus visa karena ada dokumen yang tidak lengkap. Siapkan dulu semua dokumen yang menjadi persyaratan diterbitkannya visa, seperti:

  • Paspor asli (masa berlaku minimal 7 bulan dari tanggal keberangkatan) dengan nama minimal 3 kata. Contoh: Vani Laila Fitriani atau Isnaini binti Wahid
  • Pas foto berwarna 4×6 (6 lembar) dengan latar belakang putih dan 80% bagian wajah terlihat jelas
  • Buku nikah asli dan Kartu keluarga(KK) bagi pasangan suami istri
  • Akte kelahiran anak asli bagi yang berumroh bersama putra putri nya
  • Bukti pemesanan hotel dan tiket pesawat asli Jakarta-Jeddah (biasanya sudah disediakan pihak travel)
  • Untuk Jamaah Wanita yang berusia dibawah 45 tahun wajib untuk didampingi suami /Mahramnya, jika tidak maka harus melengkapi dengan surat Mahram
  • Untuk jamaah wanita yang berusia 45 tahun/ lebih, tidak diwajibkan untuk didampingi suami/mahramnya (Hanya menyertakan KTP ASLI)
  • Sertifikat meningitis (bukti bahwa sudah melakukan vaksinasi meningitis). Masa berlaku sertifikat tidak boleh lebih dari 3 tahun dan tidak kurang dari 10 hari sebelum memasuki Arab Saudi.

Memastikan setiap dokumen dalam keadaan baik

Membuat Visa Umroh - Report.az
Membuat Visa Umroh – Report.az

Salah satu kendala yang membuat pembuatan visa terhambat adalah ketidakmampuan mesin untuk membaca foto atau dokumen yang dilampirkan. Jadi sebelum menyerahkan dokumen, pastikan semuanya dalam kondisi baik agar proses pembuatan visa bisa berjalan lancar.

Tidak membuat visa saat musim umroh

Membuat Visa Umroh - Backpacker Umroh
Membuat Visa Umroh – Backpacker Umroh

Musim umroh biasanya terjadi pada bulan Ramadhan, awal tahun dan akhir tahun. Pada musim tersebut biasanya banyak jamaah yang mengajukan pembuatan visa sehingga membuat kinerja kedutaan lebih lambat dari biasanya.
Buatlah visa saat lewat musim umroh sekitar bulan Februari sampai April. Selama persyaratan yang diminta lengkap, proses pembuatan visa pada bulan-bulan tersebut cenderung lebih cepat daripada saat musim umroh.

Menggunakan jasa biro perjalanan umroh tepercaya

Membuat Visa Umroh - Csquaredexecutive.com.au
Membuat Visa Umroh – Csquaredexecutive.com.au

Jika Anda berumroh menggunakan jasa biro perjalanan, pihak biro biasanya sudah memasukkan biaya pembuatan dan pengurusan visa ke dalam biaya umroh. Sehingga para jamaah tidak perlu repot-repot mengurus pembuatan visa dan hanya perlu menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Mengurus visa sendiri tanpa calo

Membuat Visa Umroh - Digital Office Manager
Membuat Visa Umroh – Digital Office Manager

Jika Anda berumroh secara backpacker dan tidak menggunakan jasa travel, usahakan untuk mengurus sendiri proses pembuatan visa. Selama dokumen yang dibutuhkan lengkap, proses pembuatan visa tidak sesulit yang dibayangkan.

Siapkan dana sekitar USD75 sampai USD150

Membuat Visa Umroh - Money
Membuat Visa Umroh – Money

Biaya pembuatan visa berkisar antara USD75 sampai USD150. Saat musim umroh, biaya pembuatan visa tentu lebih mahal dari biasanya. Persiapan dana ini dilakukan, agar pada saat proses pembuatan visa Anda tidak kaget dan mencari tambahan dana begitu tahu jumlah yang harus dibayarkan.

Memiliki penjamin di Arab Saudi

Membuat Visa Umroh - Wochikochi.jp
Membuat Visa Umroh – Wochikochi.jp

Agar proses pembuatan visa lebih mudah, Anda harus memiliki nama dan nomor kontak seorang penjamin di Arab Saudi yang menyatakan bahwa keberangkatan ke negara tersebut benar-benar untuk umroh. Jika menggunakan jasa travel, pihak travel biasanya sudah menjalin kerja sama dengan biro perjalanan setempat.
Demikianlah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan saat membuat visa umroh. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: