Umroh

7 OBAT-OBATAN YANG WAJIB ADA DI TAS PERLENGKAPAN UMROH KAMU

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat melakukan perjalanan jauh, seperti melakukan umroh ke tanah suci. Tidak hanya karena jaraknya yang jauh dari Indonesia, tapi juga lingkungan yang sangat berbeda yang akan jemaah temui saat di tanah suci. Arab Saudi merupakan negara terbesar di Semenanjung Arab yang hampir 95% daratannya ditutupi oleh gurun pasir. Jemaah Indonesia yang terbiasa dengan iklim tropis tentunya harus beradaptasi keras terhadap perubahan cuaca di sana. Terlebih lagi, jemaah umroh yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia maupun di luar negeri memiliki kondisi kesehatan yang berbeda dan dapat memengaruhi kondisi kesehatan jemaah yang lain.

Agar terhindar dari penyakit dan dapat beribadah dengan optimal, ada baiknya jemaah mempersiapkan obat-obatan yang tepat sebelum berangkat umroh. Berikut ini 7 obat-obatan yang wajib ada di tas perlengkapan umroh kamu.

Obat batuk dan flu

Obat batuk dan flu - s4.bukalapak.com
Obat batuk dan flu – s4.bukalapak.com

Seseorang yang melakukan perjalanan jauh dan kelelahan umumnya rentan terkena flu dan batuk. Apalagi kedua penyakit ini mudah tersebar lewat udara. Jika ingin membawa obat batuk yang berbentuk cair ke dalam kabin, bawalah obat batuk berukuran kecil yang volumenya tidak melebihi 100 ml. Kamu bisa memasukkanobat batuk cair berukuran lebih besar ke dalam tas bagasi.

Obat sakit kepala

Obat sakit kepala - cdns.klimg.com
Obat sakit kepala – cdns.klimg.com

Cuaca panas di Arab Saudi seringkali menyebabkan jemaah mengalami sakit kepala. Obat sakit kepala dapat meredakan gejalanya. Namun, jika sakit kepala hebat menyerang, sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter yang menangani jemaah.

Obat mual,diare, dan mag

Obat mual,diare, dan mag - sakitmaag.org
Obat mual,diare, dan mag – sakitmaag.org

Katering yang disediakan pihak penyelenggara umroh umumnya sudah disesuaikan dengan selerajemaah asal Indonesia. Namun, ada kalanya jemaah mencicipi kuliner lokal selama di Arab Saudi yang kadang tidak sesuai dengan lidah orang Indonesia. Perhatikan pula kebersihan tempat makan agar terhindar dari diare selama di tanah suci. Bawalah serta obat mag jika memiliki penyakit mag kambuhan.

Minyak kayu putih dan balsem

Minyak kayu putih dan balsem - rayamedika.com
Minyak kayu putih dan balsem – rayamedika.com

Minyak kayu putih dan balsem akan membantu mengusir masuk angin, terlebih jika jemaah tidak terbiasa dengan dinginnya AC selama di pesawat. Namun, perhatikan pula sekeliling karena beberapa orang tidak begitu menyukai aromanya.

Obat pegal

Obat pegal - bertuahpos.com
Obat pegal – bertuahpos.com

Selama melakukan ibadah umroh, jemaah akan banyak melakukan perjalanan dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan obat pegal dalam tas. Perlu diperhatikan pula bahwa obat pegal yang berbentuk salep berukuran lebih dari 100 ml tidak boleh masuk ke dalam tas kabin.

Obat penunda haid

Obat penunda haid - aidatourindo.com
Obat penunda haid – aidatourindo.com

Bagi jemaah wanita yang memiliki siklus datang bulan, pastinya akan merasa sangat sayang jika tidak bisa lebih banyak beribadah selama di tanah suci, bukan? Ada solusi yang praktis untuk menunda haid, yaitu dengan obat penunda haid. Obat ini bisa dibeli di apotek. Namun,akan lebih baik jika mengonsultasikan ke dokter kandungan atau bidan terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis yang tepat. Obat penunda haid mulai diminum kira-kira seminggu sebelum perkiraan haid hingga umroh selesai. Dosisnya 3 kali 1 tablet sehari, diminum dengan selang per 8 jam. Haid akan datang setelah 2 – 3hari berhenti mengonsumsi obat.Obat ini dapat menimbulkan efek samping seperti pusing dan mual juga flek.

Multivitamin

Multivitamin - d3r2zleywq7959.cloudfront.net
Multivitamin – d3r2zleywq7959.cloudfront.net

Multivitamin akan sangat bermanfaat untuk menjaga jemaah tetap fit selama beribadah umroh. Selain mengonsumsi multivitamin, hal utama yang perlu dilakukan adalah makan cukup sayur dan buah serta beristirahat cukup selama melaksanakan umroh.

Dokter akan selalu siaga untuk mengurus jemaah umroh selama di tanah suci. Oleh karena itu jemaah hanya perlu membawa obat secukupnya saja. Semoga tips di atas membantu kamu bebas dari serangan penyakit selama beribadah umroh di tanah suci, ya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: