Umroh

7 Persiapan Fisik Ini Akan Membuat Ibadah Umroh Anda Terasa Ringan

Ibadah umroh senantiasa mengandalkan aktivitas fisik seperti berjalan kaki. Oleh karena itu, tidak hanya persiapan rohani yang harus Anda lakukan sebelum berangkat umroh, tapi juga persiapan fisik. Terlebih  kondisi cuaca yang jauh berbeda di Tanah Air dan Tanah Suci juga wajib Anda perhatikan. Jika kondisi fisik tidak prima, berbagai gangguan kesehatan bisa menyerang Anda.

Jangan sampai kondisi fisik menghambat kekhusyuan dan ketangguhan dalam beribadah. Demi mengantisipasinya, lakukanlah 7 persiapan fisik yang akan membuat ibadah umroh Anda terasa ringan berikut ini.

Lakukan Olahraga Ringan, Tapi Rutin

Lakukan Olahraga Ringan, Tapi Rutin - brandsworld.co.id
Lakukan Olahraga Ringan, Tapi Rutin – brandsworld.co.id

Olahraga rutin bisa menjadi kunci bugarnya fisik Anda. Olahraga rutin wajib dilakukan paling tidak satu bulan sebelum Anda berangkat umroh. Tidak perlu olahraga berat, Anda bisa melakukannya dengan berjalan kaki setiap pagi. Ingat, banyak kegiatan ibadah umroh dilakukan dengan berjalan kaki.

Bagi Anda yang tidak sempat berjalan kaki setiap pagi, naik turun tangga di kantor bisa menjadi alternatif. Mulailah hindari menggunakan lift dan berjalanlah melalui tangga. Kesibukan di kantor tidak akan pernah menjadi kendala!

Rutin Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Rutin Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang - 1.bp.blogspot.com
Rutin Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang – 1.bp.blogspot.com

Asupan gizi yang seimbang juga penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Perhatikan secara baik pola dan jenis makanan, terutama bila Anda memiliki penyakit seperti darah tinggi atau diabetes. Hindari pola makan yang tidak teratur dan jenis makanan yang tidak sehat. Konsumsilah makanan yang beragam dengan porsi yang seimbang. Selain itu, dianjurkan mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan, serta membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak. Rutinkan sarapan pagi dan batasi makanan cepat saji.

Biasakan Minum Air Putih Secara Teratur

Biasakan Minum Air Putih Secara Teratur - h2uptahoe.com
Biasakan Minum Air Putih Secara Teratur – h2uptahoe.com

Air adalah kebutuhan dasar manusia dan merupakan bahan terbesar penyusun cairan tubuh. Berbagai mekanisme fisiologis dapat terganggu bila tubuh kekurangan asupan air. Meminum air putih secara teratur dapat menjaga fisik dan mencegah dehidrasi. Biasakan segera minum air putih apabila Anda merasa haus. Cuaca Tanah Suci yang kering akan membuat Anda cepat kehilangan cairan tubuh. Nah, kebiasaan meminum air putih dapat mencegah Anda dari dehidrasi.

Sempurnakan Asupan Gizi Anda dengan Vitamin dan Suplemen

Sempurnakan Asupan Gizi Anda dengan Vitamin dan Suplemen - res.cloudinary.com
Sempurnakan Asupan Gizi Anda dengan Vitamin dan Suplemen – res.cloudinary.com

Konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan bisa menjadi booster  bagi tubuh untuk tetap bugar. Asupan vitamin C 500 miligram per hari terbukti membantu menjaga kesehatan tubuh.

Lakukan General Check Up

Lakukan General Check Up - wanitaindonesia.co.id
Lakukan General Check Up – wanitaindonesia.co.id

Hal yang sering diabaikan oleh calon peserta ibadah umroh adalah pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat. Pemeriksaan kesehatan penting untuk mengetahui kondisi kesehatan sehingga Anda dapat menyiapkan diri dengan lebih baik lagi. Ingat! Ibadah umroh memerlukan fisik yang prima. Persiapan fisik yang baik akan membuat ibadah umroh terasa ringan.

Jangan Lupa Beristirahat Cukup

Jangan Lupa Beristirahat Cukup - lull.com
Jangan Lupa Beristirahat Cukup – lull.com

Banyak penelitian yang menyatakan manfaat istirahat tidur yang cukup bagi kesehatan. Kondisi fisik yang bugar pada pagi hari selalu didapat dari tidur yang cukup. Istirahat cukup penting untuk menjaga daya tahan tubuh Anda serta berpengaruh terhadap mood.

Hindari Stres Berlebihan

Hindari Stres Berlebihan - ledisia.com
Hindari Stres Berlebihan – ledisia.com

Meskipun menyerang kondisi psikis, stres juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan fisik. Stres yang berlebihan dapat membuat Anda cepat lelah dan menurunkan motivasi dalam melakukan persiapan untuk ibadah umroh lainnya. Beberapa gangguan pencernaan juga diakibatkan oleh stres seperti tukak lambung. Hindarilah stres, serta lakukan aktivitas yang membuat relaks dan menjaga suasana hati Anda. Tanpa stres, tentu ibadah umroh Anda akan terasa lebih ringan.

Demikian 7 persiapan fisik yang dapat membuat ibadah umroh Anda terasa ringan. Persiapan yang baik akan membuat Anda beribadah secara optimal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: