Umroh

7 PERSIAPAN KEUANGAN YANG HARUS DILAKUKAN SEBELUM BERANGKAT UMROH

Beribadah umroh merupakan impian bagi setiap muslim, selain menjalankan ibadah haji. Namun, ternyata mempersiapkan umroh tidak hanya sekedar mempersiapkan mental dan fisik, tapi juga persiapan keuangan yang harus dilakukan jauh-jauh hari. Untuk melaksanakan umroh membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya-biaya tersebut antara lain untuk tiket pesawat, biaya pembuatan paspor dan visa, biaya suntik meningitis, dll. Walaupun terdengar sulit, hal tersebut tidak akan menjadi kendala jika memiliki niatan yang kuat untuk beribadah. Kuatkan niat dan pupuklah motivasi untuk mengumpulkan dana supaya dapat pergi ke tanah suci.

Lalu persiapan keuangan seperti apa yang harus dilakukan seseorang jika ingin berangkat umroh? Berikut ini penjelasannya.

Menabung lewat lembaga keuangan terpercaya

Menabung lewat lembaga keuangan terpercaya - 2.bp.blogspot.com
Menabung lewat lembaga keuangan terpercaya – 2.bp.blogspot.com

Hal yang pertama harusdilakukan untuk mempersiapkan umroh adalah menabung. Tetapkan target untuk berangkat umroh. Dengan mempertimbangkan biaya umroh di periode yang akan datang, kita bisa menghitung berapa banyak jumlah yang harus ditabung setiap bulannya. Sisihkanlah berapa persen dari penghasilan setiap bulan untuk tabungan umroh secara teratur.

Selain di bank, ada berbagai lembaga keuangan lain yang memiliki fasilitas tabungan haji dan umroh. Lembaga-lembaga keuangan ini dikelola secara profesional dan memiliki ketentuan bahwa nasabah tidak boleh mengambil tabungan sebelum memenuhi biaya umroh yang ditetapkan. Hal tersebut akan mencegah uang tabungan tersebut terpakai jika ada kebutuhan mendesak.Utamakan pula menabung di lembaga perbankan syariah agar nasabah tidak menumpuk bunga yang merupakan harta riba. Harta riba bukanlah harta yang berkah,apalagi untuk digunakan biaya umroh.

Menjalankan gaya hidup hemat

Menjalankan gaya hidup hemat - dietsehat.co
Menjalankan gaya hidup hemat – dietsehat.co

Usahakan menjalankan pola hidup hemat agar bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung. Hemat berarti mengeluarkan uang untuk keperluan yang dibutuhkan, tapi tidak berlebih-lebihan juga tidak pelit.

Mencari penghasilan tambahan

Mencari penghasilan tambahan - kreditgogo.com
Mencari penghasilan tambahan – kreditgogo.com

Kalau Anda memiliki keahlian lain, mengapa tidak dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Anda bisa menjadi pengajar privat, penulis lepas, penerjemah, atau pekerjaan sampingan lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa ditabung untuk umroh.

Berinvestasi

Berinvestasi - media.licdn.com
Berinvestasi – media.licdn.com

Selain menabung, Anda bisa berinvestasi untuk menambah penghasilan. Namun, lakukanlah dengan hati-hati. Pilihlah lembaga investasi yang dapat dipercaya, halal, serta berpeluang memberikan hasil. Jangan tertipu dengan lembaga investasi yang memberi iming-iming penghasilan besar dan tidak masuk akal. Investasi dapat dilakukan dalam jangka panjang atau menengah, seperti berinvestasi properti atau emas yang lebih aman dan stabil.

Menjalin kemitraan dengan agen perjalanan umroh

Menjalin kemitraan dengan agen perjalanan umroh - cdn2.tstatic.net
Menjalin kemitraan dengan agen perjalanan umroh – cdn2.tstatic.net

Beberapa agen perjalanan haji atau umroh memberikan kesempatan bermitra pada calon jemaah. Umumnya, mereka memberikan insentif jika seseorang berhasil mengajar rekan atau keluarga untuk menjadi jemaah agen tersebut.

Memperbanyak sedekah

Memperbanyak sedekah - 4.bp.blogspot.com
Memperbanyak sedekah – 4.bp.blogspot.com

Allah sudah menjanjikan memperbanyak rezeki seseorang yang banyak bersedekah. Pastikan harta yang digunakan untuk membayar biaya umroh diperoleh halal dan berkah. Bersedekah dapat menjadi jalan untuk membersihkan harta dari hal-hal yang membuatnya tidak halal.

Melunasi hutang

Melunasi hutang - gannett-cdn.com
Melunasi hutang – gannett-cdn.com

Kita tidak akan mengetahui takdir usia yang ditentukan oleh Allah. Bisa jadi, begitu berangkat ke tanah suci, kita tidak kembali pulang. Oleh karena itu, sebelum menunaikan ibadah umroh, sebaiknya lunasi semua hutang agar selama menunaikan ibadah umroh bisa merasa lebih tenang dan khusyu.

Jadi, sudahkan Anda mempersiapkan keuangan untuk berangkat umroh? Jangan lupa persiapkan mata uang riyal secukupnya untuk keperluan berbelanja selama di tanah suci. Selain itu persiapkan pula kartu ATM bank Indonesia berlogo Visa atau Mastercardyang dapat digunakan untuk penarikan tunai di Arab Saudi. Semoga tips di atas bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: