Umroh

7 Persiapan Mental yang Penting Dilakukan agar Ibadah Umrah Sempurna

Siap secara lahir maupun batin adalah syarat utama sebelum melaksanakan ibadah umrah. Pasalnya, di tanah suci, Anda akan menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga. Jika mental tidak siap, tentu memengaruhi ketenangan dalam beribadah. Di samping itu, fisik Anda pun bisa terganggu.

Berikut ini ada 7 tips yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan mental agar ibadah umrah sempurna.

Meluruskan Niat Umrah Hanya untuk Allah SWT

Meluruskan Niat Umrah Hanya untuk Allah SWT - bprsalsalaam.co.id
Meluruskan Niat Umrah Hanya untuk Allah SWT – bprsalsalaam.co.id

Umrah adalah ibadah yang harus dilaksanakan dengan sepenuh hati. Sebelum umrah, luruskan niat hanya untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Hindari sikap sombong dan ria karena bisa mencelakakan diri sendiri. Niat tersebut juga mesti didasari rasa ikhlas dan tulus agar ibadahnya sempurna.

Perbanyak Berdoa dan Berzikir

Perbanyak Berdoa dan Berzikir - fadhilza.com
Perbanyak Berdoa dan Berzikir – fadhilza.com

Menjalani umrah bukan hal yang mudah. Anda akan menghadapi banyak tantangan dan ujian sebelum melaksanakan umrah. Apalagi jika hati dirundung rasa takut dan gelisah, tentunya akan memengaruhi mental. Untuk menenangkan jiwa, Anda harus memperbanyak berdoa dan berzikir.

Melalui doa dan zikir, Anda senantias mengingat Allah SWT. Doa dan zikir akan menjauhkan dari marabahaya dan hambatan selama perjalanan umrah. Di samping itu, doa dan zikir memberikan kekuatan, baik secara rohani, maupun fisik.

Mengikuti Simulasi Umrah

Mengikuti Simulasi Umrah - pusatkajianhadis.com
Mengikuti Simulasi Umrah – pusatkajianhadis.com

Anda tidak memahami tata cara umrah? Mungkin, itulah yang menjadi kendala ketika ingin memantapkan niat umrah. Anda masih meragukan kemampuan dalam menjalankan umrah.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengikuti program bimbingan umrah yang diselenggarakan lembaga tertentu. Cara ini mampu menumbuhkan rasa percaya diri dalam menunaikan umrah. Ketakutan Anda akan hilang sehingga muncul kemantapan beribadah umrah.

Memperbaiki Akhlak dan Membersihkan Hati

Memperbaiki Akhlak dan Membersihkan Hati - static.milligazete.com
Memperbaiki Akhlak dan Membersihkan Hati – static.milligazete.com

Orang yang pergi umrah identik dengan akhlak mulia. Ibadah umrah diharapkan dapat memperbaiki akhlak seseorang. Jika ada orang yang umrah dengan akhlak tercela, biasanya akan menjadi bahan gunjingan para tetangganya. Itulah sebabnya, Anda harus menata hati dan sikap sebelum berangkat umrah.

Banyak berbuat baik kepada sesama merupakan salah satu kuncinya. Di samping itu, Anda harus membersihkan hati dari segala prasangka buruk, iri, dan dengki. Dengan begitu, ketenangan dan konsentrasi saat umrah bisa didapatkan.

Belajar Bersabar dan Bertawakal

Belajar Bersabar dan Bertawakal - pbs.twimg.com
Belajar Bersabar dan Bertawakal – pbs.twimg.com

Berada di tanah suci bukan berarti bebas dari hambatan dan kesulitan. Pastinya ada hal-hal yang mengesalkan atau memanaskan hati. Karena itu, Anda mesti melatih kesabaran sebelum berangkat umrah. Salah satu caranya, yaitu dengan berpuasa dan menahan amarah.

Selain sabar, sikap tawakal juga perlu dilatih. Tujuannya supaya Anda tidak mengeluh saat menghadapi situasi sulit di tanah suci. Tawakal berarti menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT setelah berusaha secara maksimal.

Menyelesaikan Tanggung Jawab sebelum Berangkat Umrah

Menyelesaikan Tanggung Jawab sebelum Berangkat Umrah - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Menyelesaikan Tanggung Jawab sebelum Berangkat Umrah – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Umrah bukan perjalanan singkat selama dua tiga hari, tetapi lebih dari itu. Perjalanan umrah pun memiliki banyak risiko, mulai dari penerbangan hingga di tanah suci. Anda tidak bisa memprediksikan sesuatu yang akan terjadi. Jadi, sebelum berangkat umrah, sebaiknya selesaikan semua urusan di negara asal.

Pastikan seluruh tanggung jawab dan utang sudah dituntaskan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa merasakan ketenangan dalam beribadah dan tidak terusik oleh kepentingan duniawi.

Menyiapkan Diri untuk Menghadapi Berbagai Kondisi di Tanah Suci

Menyiapkan Diri untuk Menghadapi Berbagai Kondisi di Tanah Suci - dinkes.palangkaraya.co.id
Menyiapkan Diri untuk Menghadapi Berbagai Kondisi di Tanah Suci – dinkes.palangkaraya.co.id

Peserta umrah tidak hanya Anda, melainkan umat Islam dari seluruh dunia. Mereka datang dengan membawa berbagai budaya dan karakter yang berbeda. Untuk menghadapi perbedaan ini, persiapkan hati dan mental Anda. Jangan mudah terbawa emosi ketika ada hal yang membuat hati kesal.

Itulah 7 persiapan mental yang penting dilakukan sebelum umrah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: