Umroh

7 Solusi Jitu Bila Visa Umroh Anda Terlambat

Ada banyak faktor yang membuat visa umroh tidak bisa jadi tepat pada waktunya. Faktor-faktor tersebut bisa berkaitan dengan masalah teknis seperti terganggunya jaringan, kerusakan mesin, atau masalah pada komputer. Selain masalah teknis, human error juga seringkali menjadi salah satu penyebab visa umroh terlambat.

Masalah keterlambatan visa umroh bukanlah hal yang bisa dipandang sebelah mata. Keterlambatan ini akan berakibat pada tertundanya keberangkatan seseorang ke Tanah Suci. Bukan hanya kerugian waktu yang terlibat di sini, tetapi juga kerugian materiil.

Agar keterlambatan visa tidak begitu memberi dampak kerugian yang besar, ada beberapa solusi jitu yang bisa dilakukan saat masalah ini menimpa kita. Berikut merupakan 7 solusi jitu bila visa umroh Anda terlambat,

Ajukan pembuatan visa dari jauh-jauh hari

Visa Umroh Terlambat - Lawyerist.com
Visa Umroh Terlambat – Lawyerist.com

Idealnya, pengajuan visa umroh dilakukan sekitar 2-4 minggu sebelum keberangkatan. Pengajuan ini dilakukan untuk meminimalisasi risiko visa terlambat karena masalah teknis atau human error. Jika ada kesalahan penulisan pada visa pun kita bisa mengajukan proses pergantian jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan.

Rajin mencari informasi

Visa Umroh Terlambat - Pixabay
Visa Umroh Terlambat – Pixabay

Meskipun sudah menyerahkan secara penuh segala hal yang berkaitan dengan pemberangkatan umroh terhadap biro perjalanan, tetapi sebagai konsumen yang cerdas kita tetap harus rajin mencari informasi terkait dengan keberangkatan ibadah haji kecil ke tanah suci ini.
Sehingga bila ada kejadian seperti keterlambatan visa, kita bisa melakukan tindakan preventif untuk meminimalisasi kerugian dan kekecewaan.

Lakukan pembatalan tiket

Visa Umroh Terlambat - Jalan Tikus
Visa Umroh Terlambat – Jalan Tikus

Jika maksimal H-1 visa umroh tidak kunjung jadi, segera lakukan pembatalan tiket pesawat ke Jeddah. Meskipun uang tiket baru bisa kembali beberapa minggu kemudian, paling tidak tiket tersebut tidak akan hangus dan terbuang sia-sia. Jika Anda berumroh dengan biro perjalanan yang tepercaya dan kompeten, masalah ini biasanya sudah diatasi tanpa merepotkan jamaah sama sekali.

Menginap di hotel dekat bandara

Visa Umroh Terlambat - Mayfairhotel.com.au
Visa Umroh Terlambat – Mayfairhotel.com.au

Begitu Anda mendengar kabar bahwa visa umroh terlambat, segera pesan sebuah kamar hotel di dekat bandara. Selain dapat menghemat waktu karena tidak harus bolak balik kampung halaman dan Jakarta hanya untuk mencari kepastian, Anda juga bisa berangkat umroh sewaktu-waktu begitu visa jadi.
Biro perjalanan umroh yang profesional biasanya cukup bertanggung jawab jika hal semacam ini terjadi. Sehingga jamaah tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang lagi untuk biaya menginap di hotel sekitar bandara.

Lakukan penjadwalan ulang

Visa Umroh Terlambat - Denofgeek.com
Visa Umroh Terlambat – Denofgeek.com

Agar rencana perjalanan umroh bisa tetap lancar, lakukan penjadwalan ulang pemberangkatan umroh termasuk di dalamnya pembelian tiket pesawat dan pemesanan hotel di Tanah Suci begitu kita mendengar kabar bahwa visa terlambat.
Jika menggunakan jasa biro perjalanan umroh, pihak biro biasanya langsung melakukan penyesuaian jadwal berdasarkan estimasi waktu jadinya visa umroh yang sebelumnya terlambat.

Bersabar

Visa Umroh Terlambat - Aboutislam.net
Visa Umroh Terlambat – Aboutislam.net

Sabar merupakan salah satu solusi jitu bila visa umroh yang diajukan tak kunjung jadi. Karena meskipun ngotot, kita tidak bisa berbuat banyak dan tidak bisa membuat visa cepat jadi dalam waktu yang sekejap.

Menyerahkan semua kepada pihak yang berwenang

Visa Umroh Terlambat - Huffington Post
Visa Umroh Terlambat – Huffington Post

Jika dirasa visa tidak akan jadi dalam waktu yang lama karena beberapa faktor seperti pembatasan kuota jamaah umroh dari pemerintah Arab Saudi, satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah pasrah dan bersabar menunggu giliran keberangkatan.
Karena meskipun bersikeras, jika kebijakan merupakan alasan visa terlambat, kita tidak bisa berbuat apa-apa selain menyerahkan semuanya kepada pihak travel agent yang kita gunakan jasanya.

Itulah 7 solusi jitu yang bisa dilakukan saat visa umroh terlambat, semoga beberapa tips di atas bisa menjadi referensi ketika kita mengalami kejadian tidak enak tersebut sebelum berangkat ke tanah suci.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: