Dunia Islam

7 Sunah Rasul Ini Sangat Mudah, Tapi Kaum Muslimin Sering Mengabaikannya

Sunah rasul sebenarnya merupakan rangkaian sikap, tindak tanduk, dan segala sesuatu yang diriwayatkan pernah dilakukan Nabi Muhammad saw. Apabila kaum muslimin melakukannya akan membuahkan pahala, dan jika tidak melakukannya pun tidak akan menimbulkan dosa.

Sebenarnya, banyak sunah Rasul yang sangat mudah dilakukan, tetapi kaum muslimin sering mengabaikannya. Berikut di antaranya:

Mendahulukan Kaki Kanan Saat Menggunakan Sandal atau Sepatu

Mendahulukan Kaki Kanan Saat Menggunakan Sandal atau Sepatu - cdn.brilio.net
Mendahulukan Kaki Kanan Saat Menggunakan Sandal atau Sepatu – cdn.brilio.net

Tahukah Anda bahwa mendahulukan kaki kanan saat mengenakan sandal atau sepatu merupakan salah satu sunah Rasul? Kedengarannya sepele, padahal tindakan yang bisa dilakukan dalam keseharian ini bisa membuahkan pahala.

Sunah Rasul yang satu ini tertuang dalam HR. Bukhari dan Muslim, yang diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah Muhammad saw. bersabda, “Jika kamu menggunakan selipar atau sandal maka dahulukanlah kaki kanan, sebaliknya jika melepasnya dahulukan kaki kiri. Jika memakainya, hendaklah memakai dua-duanya atau tidak kedua-duanya sama sekali.”

Hadis lain yang diriwayatkan oleh Al Hasan bin Sufiyan menerangkan, sunah mendahulukan bagian tubuh yang kanan tidak hanya berlaku saat mengenakan sandal atau sepatu saja, tetapi juga ketika makan, minum, dan berpakaian.

Memelihara Wudu

Memelihara Air Wudhu - ecestaticos.com
Memelihara Air Wudhu – ecestaticos.com

Menjaga diri agar selalu berada dalam keadaan berwudu merupakan sunah Rasul lainnya yang mudah dilakukan. Hadis yang mengungkap hal ini yaitu dari Thauban r.a: Rasulullah saw. bersabda: “istiqamahlah kamu semua dalam melaksanakan perintah Allah Swt. dan kamu tidak dapat menghitung pahala yang Allah berikan. Ketahuilah bahwa sebaik-baik perbuatan adalah salat, dan tidak ada yang selalu memelihara wudunya kecuali seorang mukmin. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Membaca dan Mempelajari Alquran

Membaca dan Mempelajari Alquran - media.themalaymailonline.com
Membaca dan Mempelajari Alquran – media.themalaymailonline.com

Membaca dan mempelajari Alquran merupakan sunah Rasul yang berpahala besar, tetapi sering kali diabaikan. Entah karena alasan sibuk atau hanya karena malas, padahal sunah ini dapat menjadi juru selamat umat muslim di hari akhir nanti. Sebagaimana diriwayatkan dalam HR. Muslim, Rasulullah saw. bersabda,” Bacalah Alquran karena dia akan datang pada hari kiamat sebagai juru syafaat bagi pembacanya”.

Berkumur dan Mengisap Air dengan Hidung saat Berwudu

Berkumur dan Mengisap Air dengan Hidung saat Berwudu - aboutislam.net
Berkumur dan Mengisap Air dengan Hidung saat Berwudu – aboutislam.net

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Zaid bahwa Rasulullah berkumur-kumur dan menghirup (mengisap) air secara bersamaan dalam satu gayung (ciduk) air, dan melakukannya sebanyak tiga kali (saat berwudu). (HR. Bukhari dan Muslim)

Sujud Syukur Saat Mendapatkan Nikmat

Sujud Syukur Saat Mendapatkan Nikmat - 4.bp.blogspot.com
Sujud Syukur Saat Mendapatkan Nikmat – 4.bp.blogspot.com

Saat mendapatkan kenikmatan atau kesenangan, sering kali kaum muslimin lupa untuk melakukan sujud syukur. Padahal, sujud syukur hanya perlu dilakukan sekali dan tidak terikat waktu tertentu. Diriwayatkan dari Abu Bakrah r.a bahwa “Jika Rasulullah mendapatkan sesuatu yang menyenangkan atau kabar gembira, maka Baginda langsung sujud dalam rasa bersyukur kepada Allah.” (HR. Abu Daud, Tirmizi dan Ibnu Majah)

Berdoa Ketika Mengenakan Baju Baru

Berdoa Ketika Mengenakan Baju Baru - media2.s-nbcnews.com
Berdoa Ketika Mengenakan Baju Baru – media2.s-nbcnews.com

Saat mengenakan baju baru, Rasulullah selalu mengucapkan doa: “ Ya Allah, hanya milik-Mu semua pujian itu, Engkau telah memberikanku pakaian maka aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan tujuannya dibuat dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan tujuannya dibuat.” Diriwayatkan oleh H.R Abu Daud dan Tirmizi.

Mengucapkan Salam

Mengucapkan Salam - syariahislam.com
Mengucapkan Salam – syariahislam.com

Sudahkah Anda mengucapkan salam hari ini? Gampang sekali melakukan sunah yang satu ini, tetapi banyak orang yang mengabaikannya. Bukan hanya membuahkan pahala, mengucapkan salam ternyata juga merupakan salah satu ciri keislaman seseorang. Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amru r.a, bahwa ada seorang lelaki yang bertanya pada Rasulullah mengenai ciri keislaman seseorang yang paling baik maka Rasulullah menjawab “Kamu memberikan makanan (bagi orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal maupun tidak kamu kenal. (HR. Bukhari dan Muslim)

Nah, ternyata banyak sunah Rasul yang mudah sekali dilakukan ya? Ajaklah orang lain untuk turut mengamalkan sunah Rasul juga dalam kesehariannya. Yuk, bagikan artikel ini pada orang-orang yang Anda cintai.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close