Umroh

7 Tempat Berdoa Saat Umroh yang Akan Membuat Doamu Pasti Terkabul

Saat-saat melaksanakan ibadah umroh merupakan kesempatan emas untuk berdoa. Tentu akan banyak saudara atau teman Anda yang ingin didoakan di tempat yang mustajab. Mekah dan Madinah memiliki tempat yang mustajab untuk berdoa yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebagian muslim, mungkin juga Anda, masih bingung tempat mana saja yang paling mustajab untuk berdoa saat umroh. Berikut ini 7 tempat berdoa yang akan membuat doamu pasti terkabul saat umroh.

Multazam

Multazam - zilzarlife.com
Multazam – zilzarlife.com

Multazam merupakan sebuah tempat yang terletak di antara Hajar Aswad dan Pintu Kakbah. Multazam diyakini sebagai tempat yang paling mustajab untuk berdoa di sekitar Kakbah. Hal ini berdasarkan hadis:

Dari Ibnu Abbas r.a bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Multazam adalah tempat dikabulkannya doa. Tidak ada satu pun doa seorang hamba di Multazam kecuali akan dikabulkan.” (HR. Ahmad).

Hajar Aswad dan Rukun Yamani

Hajar Aswad dan Rukun Yamani - pakbrands.pk.com
Hajar Aswad dan Rukun Yamani – pakbrands.pk.com

Kakbah memiliki empat sudut yang diberi nama Rukun Aswad, Rukun Iraqi, Rukun Syami, dan Rukun Yamani. Rukun Aswad merupakan sisi tempat dimulainya ibadah tawaf dan batu Hajar Aswad diletakkan. Tempat di antara Hajar Aswad dan Rukun Yamani merupakan salah satu tempat mustajab untuk berdoa. Hal ini didasarkan pada hadis:

Dari Abdullah bin As Saaib, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata di antara dua rukun: Robbanaa aatina fid dunya hasanah wa fil aakhirooti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.” (HR. Abu Daud no. 1892).

Hijir Ismail

Hijir Ismail - 3.bp.blogspot.com
Hijir Ismail – 3.bp.blogspot.com

Hijir Ismail terletak di sisi antara Rukun Syamin dan Ruku Iraqi atau di sebelah utara Kakbah. Hijir Ismail merupakan ‘pintu surga’ yang mustajab untuk berdoa sebagaimana yang tertulis pada Kitab Fi Rihaabil Baitil Haram.

Belakang Maqam Ibrahim

Belakang Maqam Ibrahim - arminarekasurabaya.files.wordpress.com
Belakang Maqam Ibrahim – arminarekasurabaya.files.wordpress.com

Maqam Ibrahim merupakan tempat pijakan Nabi Ibrahim saat membangun Kakbah. Maqam Ibrahim berbentuk prasasti yang diletakkan dalam rumah kaca di samping Multazam. Imam Hasan Al Bashri menyatakan bahwa di belakang Maqam Ibrahim merupakan tempat yang Mustajab untuk berdoa.

Sumur Zam-Zam

Sumur Zam-Zam - ukdlrqco1d-flywheel.netdna-ssl.com
Sumur Zam-Zam – ukdlrqco1d-flywheel.netdna-ssl.com

Sumur Zam-Zam terletak sekitar 21 meter dari Kakbah. Sumur Zam-Zam merupakan salah satu bukti mukjizat dari Allah dengan berbagai keutamaannya. Rasulullah meminum air dari Sumur Zam-Zam dan bersabda, “Air Zam-zam penuh berkah dan makanan yang mengenyanginya dan obat bagi penyakit. Jibril mencuci hatiku pada malam isra’ adalah dengan air sumur itu. Disunahkan untuk berdoa ketika meminum air Zam-Zam, sebagaimana Ibnu Taimiyyah berkata, ”Seseorang disunnahkan untuk meminum air Zam-Zam sampai benar-benar kenyang, dan berdoa ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya (menggunakan air Zam-Zam).

Bukit Shafa dan Marwa

Bukit Shafa dan Marwa - chiniquy.files.wordpress.com
Bukit Shafa dan Marwa – chiniquy.files.wordpress.com

Melakukan ibadah Sa’i di Bukit Shafa dan Marwa merupakan bagian dari mengenang kisah Siti Hajar dalam mencari air untuk anaknya. Disunahkan berdoa saat melakukan Sa’i di Bukit Shafa dan Marwa. Seperti yang diriwayatkan dari Abdullah bahwa Rasulullah saw. pergi menuju Shafa hingga melihat Kakbah, lalu mengucapkan kalimat tauhid, tahmid, dan takbir sebanyak tiga kali, kemudian berdoa sesuai dengan apa yang beliau kehendaki.

Raudah

Raudah - darultahqiq.com
Raudah – darultahqiq.com

Raudah terletak di Madinah, tepatnya berada di dalam Masjid Nabawi. Raudah merupakan ruang yang terletak di antara mimbar dan kediaman Rasulullah semasa hidupnya. Raudah juga menjadi tempat istimewa bagi kaum muslim dan tempat yang mustajab untuk berdoa.

Rasulullah saw. bersabda, “Tempat antara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga. (HR. Muslim).

Terkabulnya doa merupakan hak prerogatif Allah atas hamba-Nya. Allah pasti akan mendengarkan doa kita di mana pun itu. Meskipun demikian, kita dapat mencontoh Rasulullah, para sahabat, dan ulama dalam berdoa di 7 tempat mustajab di atas.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: