Umroh

7 Tempat Inilah yang Wajib Dikunjungi Ketika Berumroh

Tidak semua umat Islam berkesempatan untuk menunaikan ibadah di Tanah Suci. Jika Anda adalah salah satu yang terpilih mendapatkan undangan dari Allah untuk menunaikan ibadah umroh, tujuh tempat ini wajib Anda kunjungi sebagai bagian dari rangkaian ibadah tersebut.

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi - upload.wikimedia.org.com
Masjid Nabawi – upload.wikimedia.org.com

Masjid Nabawi merupakan tempat pertama untuk melaksanakan salat subuh di kota Madinah. Di sini lah berbagai persiapan sebelum menjalankan serangkaian ibadah umroh dilakukan.

Berdasarkan sejarahnya, masjid ini dibangun oleh Rasulullah ketika untanya melakukan pemberhentian pertama saat tiba di kota Madinah. Hingga sekarang, Masjid Nabawi masih tetap berdiri tegak dan terus diperluas dari waktu ke waktu.

Bir Ali dan Tan’im

Bir Ali dan Tan’im - 1.bp.blogspot.com
Bir Ali dan Tan’im – 1.bp.blogspot.com

Tempat ini merupakan titik pertama ibadah umroh dimulai—yaitu yang disebut dengan miqot. Namun demikian, lokasi Bir Ali dan Tan’im tidaklah sama. Bir Ali terletak di Madinah dan merupakan syarat umroh yang paling utama. Di tempat ini, Anda mulai mengenakan pakaian ihram dan mengucapkan niat umroh.

Adapun Tan’im yang terletak di Makkah merupakan syarat umroh yang kedua atau sunah umroh. Di sini, Anda bisa melaksanakan miqot hanya ketika Anda memulai umroh dari kota Mekah.

Masjidil Haram dan Kakbah

Masjidil Haram dan Kakbah - 2.bp.blogspot.com
Masjidil Haram dan Kakbah – 2.bp.blogspot.com

Kedua tempat ini merupakan tempat paling utama yang wajib didatangi ketika melakukan ibadah umroh. Keduanya terletak di kota Makkah.

Masjidil Haram menjadi tempat untuk melakukan ibadah salat dan zikir. Sedangkan, Kakbah merupakan tempat melaksanakan Tawaf. Masjidil Haram dan Kakbah merupakan tempat paling utama untuk memanjatkan doa.

Maqam Ibrahim

Maqam Ibrahim - aimislam.com
Maqam Ibrahim – aimislam.com

Jangan salah. Maqam Ibrahim bukanlah makam tempat peristirahatan Nabi Ibrahim, melainkan tempat pahatan telapak kaki Nabi Ibrahim yang merupakan simbol penghormatan kaum muslim atas dibangunnya Kakbah oleh Nabi Ibrahim. Letaknya berada di dalam Masjidil Haram, di sekitar Kakbah. Melaksanakan salat sunah di Maqam Ibrahim ini sangat dianjurkan.

Bukit Shafa dan Marwah

Bukit Shafa dan Marwah - chiniquy.files.wordpress.com
Bukit Shafa dan Marwah – chiniquy.files.wordpress.com

Dua bukit kecil yang terletak di kota Makkah ini merupakan tempat untuk melaksanakan ibadah sai, Ibadah ini berupa lari-lari kecil dari bukit Shafa ke Marwah sebanyak tujuh kali.

Asalnya dari kisah istri Nabi Ibrahim, yaitu Siti Hajar. Saat Nabi Ibrahim sedang melakukan perjalanan jauh atas perintah Allah, persediaan air di rumah mereka habis. Akhirnya, Siti Hajar berlari-lari kecil sebanyak tujuh kali di kedua bukit ini. Niatnya untuk menemukan orang yang lewat, sekaligus mencari air untuk diminum anaknya, yaitu Nabi Ismail yang masih bayi.

Setelah tujuh kali berlari di antara kedua bukit ini, Siti Hajar menyerah dan kembali ke rumahnya. Di sana, telah hadir sesosok malaikat yang menjejakkan kakinya di bumi. Dari tanah, menyemburlah air yang bernama zam-zam. Inilah sejarah dari munculnya air zam-zam dan ibadah sai.

Raudhoh

Raudhoh - hdwallpapersbuzz.com
Raudhoh – hdwallpapersbuzz.com

Raudhoh terletak di kota Madinah, tempat ini diyakini sebagai tempat paling makbul untuk memanjatkan doa. Ruangan yang berada di dalam masjid Nabawi ini, terletak di antara kamar Rasulullah dan mimbar dakwah. Jangan sampai Anda melewatkan kunjungan ke Raudhoh ketika berada di Masjid Nabawi.

Jabal Nur dan Jabal Rahmah

Jabal Nur dan Jabal Rahmah - 2.bp.blogspot.com
Jabal Nur dan Jabal Rahmah – 2.bp.blogspot.com

Jabal Nur adalah bukit yang di atasnya terdapat gua dan merupakan tempat pertama kali Rasulullah menerima wahyu dari Allah. Sedangkan Jabal Rahmah adalah tempat terakhir Rasul menerima wahyu dari Allah berupa surah AlMaidah ayat 3. Ini juga merupakan tempat pertama kali Nabi Adam dan Hawa dipertemukan setelah diturunkan dari surga.

Itu tadi tujuh tempat yang wajib dikunjungi saat melaksanakan ibadah umroh. Semoga kita mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Allahuma amin.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: