Dunia IslamUmroh

7 Tempat Terbaik Memilih Oleh-Oleh Umroh

Salah satu yang dinanti dari orang yang pulang umroh adalah oleh-olehnya. Banyak oleh-oleh yang dijual di Arab Saudi tidak dijual di Indonesia, sehingga menjadi pemberian yang unik ketika dibawa pulang ke tanah air.

Beberapa oleh-oleh khas adalah air zam-zam, kurma ajwa, buah tin, dan beberapa suvenir khas Arab Saudi. Sebelum Anda berangkat umroh, sebaiknya cari tahu dulu tempat terbaik untuk memilih oleh-oleh umroh seperti di bawah ini:

Pasar Zakfariah

Pasar - pbs.twimg.com
Pasar – pbs.twimg.com

Terletak sekitar 1 kilometer dari Masjidil Haram, pasar ini menjual berbagai macam oleh-oleh dari mulai sajadah hingga emas. Beberapa pedagang juga menjual makanan khas seperti kurma, buah tin, dan mamoul – sebuah kue kering berisi selai kurma atau kacang. Pasar ini sangat bersahabat bagi jamaah umroh dan haji dari Indonesia karena hampir semua pedagangnya bisa berbahasa Indonesia sederhana. Belum lagi, beberapa pedagang juga menerima pembayaran dalam bentuk rupiah.

Pasar Bab

Pasar - 1.bp.blogspot.com
Pasar – 1.bp.blogspot.com

Pasar Bab ini dikenal juga dengan Pasar Bab Makkah. Walaupun begitu, letaknya ternyata bukan di Kota Mekkah melainkan lebih dekat ke Kota Jeddah. Pasar ini terkenal karena harganya yang relatif murah. Dibandingkan dengan pasar lain, harga di pasar ini bisa lebih murah sekitar 20 – 25 persen. Ini tentu menguntungkan jika Anda berbelanja dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh.

Corniche Commercial Center

Pasar - static.panoramio.com
Pasar – static.panoramio.com

Corniche Commercial Center adalah salah satu surga belanja yang terletak di daerah Balad. Di sini, Anda dapat menemukan beragam barang dari mulai yang berharga murah sampai dengan yang berharga mahal. Jenisnya pun sangat bervariasi seperti makanan, camilan, make up, pakaian, buku, hingga perhiasan.

Yang uniknya, banyak toko di kawasan ini memiliki nama Indonesia dan para pegawainya fasih berbahasa Indonesia. Nama persuasive seperti Toko Ali Murah, Toko Ghani Murah, dan Toko Sultan Murah berjajar di sepanjang lorong pertokoan. Namun begitu, terkadang nama toko tidak  mencerminkan harga yang sebenarnya ditawarkan. Jadi, Anda harus tetap pintar menawar harga dengan para pedagang yang lihai merayu.

Pasar Ukaz

Pasar - media.ihram.asia
Pasar – media.ihram.asia

Pasar ini sudah ada dari sebelum tahun 500 Masehi Pasar Ukaz merupakan pasar kuno yang memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis kurma. Pada sejarahnya, Pasar Ukaz adalah tempat pertukaran barang dari seluruh Semenanjung Arab dan juga tempat pertemuan bagi orang-orang penting dan berpengaruh pada kehidupan ekonomi dan politik pada masa itu. Jadi, bukan hanya berbelanja, Anda juga bisa menemukan nilai sejarah di pasar ini.

Pusat Perbelanjaan Bin Dawood

Pasar - labbaik.id
Pasar – labbaik.id

Pusat perbelanjaan modern ini adalah tempat yang cocok jika Anda ingin berbelanja pakaian dan barang seperti sajadah, serban, dan karpet. Mirip seperti Pasar Tanah Abang di Jakarta, harga barang di pusat perbelanjaan ini bisa lebih murah apabila membeli dengan jumlah banyak.

Pasar Kurma Madinah

Pasar - cumminspowerblog.com
Pasar – cumminspowerblog.com

Pasar Kurma Madinah terletak sekitar 60 meter dari Masjid Nabawi. Ini adalah pusat kurma terlengkap dengan berbagai macam kurma dan harganya. Di sini Anda juga bisa mencicipi dulu beragam jenis kurma kering dan buah kurma yang masih asli. Jam buka pasar ini adalah mulai pukul 7 pagi hingga pukul 11 malam.

Pasar Seng

Pasar - wakaf.daaruttauhiid.org
Pasar – wakaf.daaruttauhiid.org

Pasar Seng juga merupakan salah satu pasar yah tekenal di kalangan jamaah umroh dan haji dari Indonesia. Pasar yang terletak di sisi Masjidil Haram ini sebenarnya hanyalah berupa jalan sepanjang 100 meter dengan jajaran pedagang kaki lima. Nama Pasar Seng sendiri sepertinya hanya populer di kalangan jamaah umroh dari Indonesia. Kemungkinan besar nama tersebut berasal dari bentuk bangunannya yang beratapkan seng pada zaman dahulu.

Tapi ingat, usahakan membuat daftar barang dan anggaran berbelanja ketika sedang melaksanakan umroh. Jangan sampai, barang bawaan Anda terlalu berat dan ibadah Anda malah terganggu karena keasyikan berbelanja.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: