FikihHajiUmroh

7 Tips Agar Tidak Salah Memakai Kain Ihram 

Kain ihram bagi pria adalah dua helai kain tidak berjahit yang digunakan selama menjalankan rukun haji. Bagi yang belum pernah menggunakan kain ihram, tentu akan menemukan beberapa kesulitan dalam mengenakannya. Belum lagi, kenyamanan akan sedikit terganggu karena belum terbiasa menggunakan kain ihram sehari-hari.

Mengenakan pakaian ihram sendiri wajib hukumnya bagi mereka yang sudah berniat ihram. Namun, terkadang ada beberapa kesalahan yang tidak sengaja terjadi dalam memakai kain ihram yang bisa membuat perjalanan umroh atau haji menjadi kurang nyaman. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kesalahan dalam memakai kain ihram.

Pilih Bahan Kain Ihram

Kain Ihram - 1.bp.blogspot.com
Kain Ihram – 1.bp.blogspot.com

Pada umumnya cuaca akan sangat panas, kecuali pada musim dingin. Jadi, pilih bahan kain ihram yang sesuai dengan waktu Anda melaksanakan umroh. Jika Anda datang pada saat musim panas, usahakan menggunakan bahan yang sejuk dan menyerap keringat. Sebaliknya, jika jadwal Anda bertepatan dengan musim dingin, cari bahan kain ihram yang agak tebal.

Perhatikan Posisi pada Saat Melilitkan Kain

Kain Ihram - 4.bp.blogspot.com
Kain Ihram – 4.bp.blogspot.com

Pada saat melilitkan kain, usahakan berdiri dengan posisi jarak antar telapak kaki sejajar dengan bahu atau lebih. Ini untuk memastikan gerakan yang lebih leluasa pada saat melaksanakan umroh.

Gunakan Sabuk dan Peniti

Kain Ihram - 4.bp.blogspot.com
Kain Ihram – 4.bp.blogspot.com

Setelah melilitkan kain dan diikat seperti mengenakan sarung, amankan kain pada pinggang menggunakan sabuk dan peniti. Ini untuk menghindari kain ihram terlepas secara tidak sengaja.

Perhatikan Aurat yang Harus Tertutupi oleh Kain

Kain Ihram - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Kain Ihram – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Bagi pria, aurat yang harus tertutupi adalah dari mulai atas pusar hingga lutut. Jadi, kain ihram harus menutupi bagian-bagian tersebut. Sementara itu, mata kaki tidak boleh tertutup oleh kaus kaki atau sepatu. Oleh karena itu, lebih dianjurkan untuk mengenakan sandal.

Cobalah Bergerak dalam Berbagai Posisi

Kain Ihram - 2.bp.blogspot.com
Kain Ihram – 2.bp.blogspot.com

Setelah kain ihram terpasang, cobalah jongkok, menunduk, dan melangkah. Coba beberapa gerakan terutama gerakan salat. Ini untuk memastikan kenyamanan Anda dalam mengenakan kain ihram dan bebas bergerak selama menjalankan umroh atau haji.

Hindari Mengenakan Kain Tambahan

Kain Ihram - 1.bp.blogspot.com
Kain Ihram – 1.bp.blogspot.com

Celana pendek sebagai dalaman diperkenankan asal tidak melebihi lutut. Namun, kain tambahan yang berupa jaket atau kaus dalam tidak diperbolehkan pemakaiannya terutama jika sudah memasuki niat ihram. Bagi pria, bahu kanan diwajibkan terbuka selama menunaikan ibadah umroh atau haji. Maka dari itu, hindari pemakaian kain lain selain kain ihram di badan bagian atas.

Gunakan Krim atau Salep

Kain Ihram - 1.bp.blogspot.com
Kain Ihram – 1.bp.blogspot.com

Bagi Anda yang memilki postur yang sedikit gemuk, sebaiknya gunakan krim atau salep di bagian dalam paha. Ini perlu dilakukan untuk menghindari lecet. Karena kalau sudah terjadi lecet, sudah pasti perjalanan ibadah umroh Anda tidak akan nyaman dan akan mengganggu ibadah Anda.

Jika Anda berangkat umroh melalui agen travel umroh, biasanya kain ihram sudah disediakan. Namun begitu, untuk perjalanan umroh yang sedikit panjang, sebaiknya Anda membeli sendiri beberapa pasang kain ihram sebagai ganti. Dengan begitu, kain ihram yang Anda gunakan selama beribadah akan senantiasa bersih dan harum.

Kain ihram wajib dikenakan setelah kita mengucap niat untuk umroh atau haji. Jadi, Anda boleh mengenakan kain ihram dari mulai masih di rumah, di bandara, ataupun setelah sampai di hotel tempat Anda menginap. Yang terpenting, dikenakan setelah Anda berniat umroh.

Nah, setelah Anda mengetahui tips-tips di atas, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mengenakan kain ihram sendiri untuk persiapan umroh nanti.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: