Umroh

7 Tips Aman Umroh Bagi Wanita yang Sedang Haid atau Nifas

Haid memang sesuatu yang rutin terjadi pada wanita. Namun, bukan tidak mungkin siklus haid tiba-tiba bergeser karena dengan metabolisme tubuh dan kadar hormon ada di dalam tubuh. Jika siklus tersebut datang pada saat keberangkatan umroh sudah terjadwal, apa yang harus dilakukan? Berikut adalah 7 tips aman untuk beribadah umroh bagi wanita yang sedang haid atau nifas?

Semua tahap dalam ibadah umroh bisa dilakukan kecuali sholat dan tawaf.

Aman Umroh - s3-ap-southeast-1.amazonaws.com
Aman Umroh – s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Rasulullah berkata, “Haid adalah sesuatu yang ditakdirkan Allah subhanahu wata’ala untuk putri Adam. Lakukanlah seperti yang dilakukan jamaah haji, hanya saja jangan melakukan tawaf di kakbah.”

Hal tersebut dikatakan Rasulullah pada saat Aisyah RA mengalami haid pada saat sedang melaksanakan haji. Jika memungkinkan, tunggulah hingga haid selesai baru menyusul mengerjakan tawaf dan sai.

Berihram tanpa salat.

Aman Umroh - daftarhajiumroh.com
Aman Umroh – daftarhajiumroh.com

Wanita yang sedang mengalami haid pada saat umroh tidak diwajibkan untuk melaksanakan ihram dengan salat karena pada dasarnya semua salat tidak boleh dilakukan oleh seseorang yang sedang junub atau haid. Ihram bisa dilakukan tanpa salat dan tidak ada kewajiban untuk meganti salat tersebut ketika haid selesai.

Lihatlah siklus bulan sebelumnya.

Aman Umroh - 4.bp.blogspot.com
Aman Umroh – 4.bp.blogspot.com

Jika pada bulan-bulan sebelumnya siklus haid terjadi selama 7 hari, maka darah yang keluar setelah hari ketujuh merupakan darah istihadah. Wanita yang mengeluarkan darah istihadah sudah diperbolehkan untuk salat dan melakukan tawaf di kakbah. Adapun untuk sai, masih boleh dilakukan dalam kedaan haid karena tidak ada peraturan khusus mengenai kesucian pada saat menjalankan sai.

Konsultasikan kepada dokter.

Aman Umroh - idcrescent.com
Aman Umroh – idcrescent.com

Walaupun melaksanakan ibadah umroh dan haji dalam keadaan hadas seperti haid atau nifas sudah diatur dalam Islam, Anda tetap bisa berkonsultasi pada dokter kandungan sebelum berangkat umroh. Konsultasikan siklus haid, keadaan hormon serta jadwal keberangkatan umroh Anda. Jika siklus haid tidak terhindarkan, Anda bisa mempertimbangkan meminum obat pengatur haid tetapi tetap dengan rekomendasi serta resep aman dari dokter yang tepercaya.

Membaca Alquran

Aman Umroh - suaramuhammadiyah.id
Aman Umroh – suaramuhammadiyah.id

Wanita yang sedang haid selama umroh masih bisa menambah pahala dan mengisi ibadahnya dengan membaca Alquran. Namun begitu, usahakan jangan sampai menyentuh mushaf Alquran. Hal ini diperbolehkan dalam Islam, selama membaca Alquran dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Perbanyak doa, zikir, dan istigfar.

Aman Umroh - postimg.org
Aman Umroh – postimg.org

Karena tidak bisa melakukan salat selama beribadah umroh, hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan adalah berdoa, istigfar, dan membaca zikir. Allah maha pendengar, jadi berdoalah sebagai inti dari ibadah.

Lakukan tawaf setelah masa haid selesai.

Aman Umroh - i2.wp.com
Aman Umroh – i2.wp.com

Jika memungkinkan, wanita yang sedang haid boleh mengqada tawaf setelah haid selesai. Namun apabila tidak memungkinkan, seperti terbentur jadwal pulang dari rombongan umroh, tawaf dan sai bisa dilakukan walaupun haid belum selesai. Ini hanya boleh dilakukan dalam keadaan terpaksa. Karena, jika sudah berusaha ditunggu namun haid tidak kunjung selesai, maka gugurlah kewajiban untuk menunggu.

Islam sungguhlah sebuah agama yang penuh dengan kemudahan. Beribadah umroh dalam keadaan haid atau nifas masih tetap bisa dilaksanakan. Tidak ada larangan khusus mengenai penggunaan hormon untuk menahan keluarnya haid. Memang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai keadaan siklus haid Anda kepada seorang dokter kandungan.

Datangnya haid yang tidak terduga atau tidak sesuai dengan sikulus normal bisa membuat seorang wanita tidak beribadah dengan maksimal selama umroh. Namun, Islam sudah memiliki jalan keluar yang aman yaitu dengan menunda tawaf dan salat. Dengan begitu, inadah umroh akan dilaksanakan dengan tenang dan sempurna.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: