Umroh

7 Tips Buat Kamu yang Berangkat Umroh Sendirian

Melaksanakan umrah tidak harus melalui travel atau biro. Kamu pun bisa berangkat sendirian. Cara ini dikenal dengan umrah backpacker. Ada tantangan dan kesan istimewa saat kamu menjalaninya. Namun, perlu persiapan yang matang agar umrah backpacker tidak mengalami banyak kendala dalam perjalanan. Berikut 7 tips supaya kegiatan umrah berjalan lancar.

Memilih Waktu Keberangkatan yang Tepat

Memilih Waktu Keberangkatan yang Tepat - 4.bp.blogspot.com
Memilih Waktu Keberangkatan yang Tepat – 4.bp.blogspot.com

Jatah keberangkatan umrah dari Arab Saudi untuk Indonesia, jatuh pada bulan Safar hingga Ramadan. Jika memilih pergi umrah saat Ramadan, kamu harus mengeluarkan banyak biaya. Pasalnya, saat itu banyak orang yang melaksanakan umrah sehingga tarif tiket pesawat mengalami peningkatan. Sebaliknya, ketika kamu berangkat di luar bulan Ramadan, biayanya lebih hemat.

Menyiapkan Dokumen Lengkap

Menyiapkan Dokumen Lengkap - dokterrupiah.info.com
Menyiapkan Dokumen Lengkap – dokterrupiah.info.com

Dokumen umrah terdiri dari paspor dan visa. Soal pengurusan visa, kamu mesti melibatkan travel atau agen umrah. Hal ini karena Kerajaan Arab Saudi tidak melayani Visa on Arrival (VoA) untuk umrah perseorangan. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, saat ini banyak biro yang bersedia melayani pengurusan visa umrah secara kolektif.

Beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk pembuatan visa, yaitu paspor, fotokopi identitas diri, surat keterangan mahram, tiket pesawat Jakarta-Jeddah, serta resi pemesanan hotel dan transportasi di tanah suci. Jangan lupa mencantumkan nomor telepon orang yang bertanggung jawab atas keberangkatan kamu.

Mencari Tiket Promo Pesawat

Mencari Tiket Promo Pesawat - cdns.klimg.com
Mencari Tiket Promo Pesawat – cdns.klimg.com

Tiket pesawat mesti disiapkan beberapa hari sebelum keberangkatan. Apalagi tiket diperlukan untuk mengurus visa, tentu kamu harus lekas memesannya. Supaya menghemat biaya, cobalah mencari tiket pesawat promo. Biasanya, jam keberangkatan pesawat sekitar tengah malam atau dini hari.

Jika memungkinkan, carilah tiket promo dengan penerbangan tanpa transit. Artinya, rute penerbangan dari Jakarta, langsung menuju Jeddah dan tidak mampir ke negara lain.

Cermat Menentukan Penginapan

Cermat Menentukan Penginapan - almarwa.org.com
Cermat Menentukan Penginapan – almarwa.org.com

Setelah mendapatkan tiket pesawat, sekarang giliran mencari penginapan. Karena dibutuhkan untuk persayaratan visa, pemesanan hotel mesti dilakukan lebih awal. Supaya bisa menghemat biaya yang dikeluarkan, kamu harus mendapatkan penginapan yang dekat dengan Masjidil Haram.

Tidak perlu muluk-muluk soal fasilitasnya, yang penting bersih dan nyaman dihuni. Solusi terbaiknya, kamu bisa menginap di hotel dengan kamar ala backpacker. Umumnya, satu kamar diisi 4-6 orang.

Persiapkan Asuransi sebelum Keberangkatan

Persiapkan Asuransi sebelum Keberangkatan - panfic.com
Persiapkan Asuransi sebelum Keberangkatan – panfic.com

Asuransi sangat penting mengingat kamu berangkat sendirian tanpa melalui umrah travel. Banyak cara mendapatkan asuransi perjalanan umrah, salah satunya lewat pembelian tiket pesawat. Memang, pihak maskapai penerbangan akan memberikan asuransi resmi. Namun, untuk memperoleh asuransi selama di Jeddah, kamu mesti membelinya lagi di luar pemberian dari maskapai.

Upayakan Mendapat Teman Ketika di Tanah Suci

Upayakan Mendapat Teman Ketika di Tanah Suci - 2.bp.blogspot.com
Upayakan Mendapat Teman Ketika di Tanah Suci – 2.bp.blogspot.com

Apakah kamu berangkat tanpa pendamping umrah? Kalau begitu, carilah teman selama di tanah suci. Jika memungkinkan, dapatkan teman dari warga lokal sehingga memudahkan ketika mencari makanan atau ingin menumpang bermalam.

Kamu pun bisa bergabung dengan komunitas backpacker yang pergi ke tanah suci. Dengan adanya teman, segala kesulitan ketika melaksanakan ibadah umrah dapat diatasi. Begitu pun saat membutuhkan petunjuk mengenai tempat-tempat di sekitar Masjidil Haram, kamu mudah mendapatkan bantuan.

Menyusun Agenda Perjalanan

Menyusun Agenda Perjalanan - hipwee.com
Menyusun Agenda Perjalanan – hipwee.com

Siapa bilang agen tidak perlu dibuat ketika kamu berangkat sendirian? Justru, saat seperti itu, kamu memerlukan agenda supaya perjalananmu lebih terarah. Agenda harus disusun sebelum keberangkatan sehingga kamu tidak kebingungan ketika perjalanan. Agenda tersebut meliputi, jadwal ibadah di Masjidil Haram, waktu istirahat, berwisata, sampai dengan waktu kepulangan.

Itulah 7 tips buat kamu yang berangkat umrah sendirian. Jangan lupa berdoa dan menyiapkan perlengkapan agar umrah berjalan lancar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: