Umroh

7 Tips Mengatur Bagasi Saat Berangkat Umroh

Barang bawaan yang harus diangkut ketika berangkat umroh seringkali membuat para jamaah kesulitan. Apalagi beberapa maskapai menetapkan angka maksimal berat bagasi yang cukup rendah. Saudia Arabian Airways misalnya, maskapai ini menetapkan bagasi maksimal sebesar 25 kg untuk setiap penumpang.

Padahal jika dihitung, barang bawaan yang harus diangkut jamaah ketika berangkat apalagi saat pulang umroh bisa melebihi angka yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi hal ini dan menghindari munculnya biaya tambahan, para jamaah biasanya melakukan beberapa trik untuk mengatur bagasi mereka agar lebih ringan, rapi, dan mudah diangkut.

Berikut adalah beberapa tips mengatur bagasi saat kita akan berangkat umroh,

Bawalah barang seperlunya

Mengatur Barang Saat Umroh - Awaba Properties
Mengatur Barang Saat Umroh – Awaba Properties

Jika tujuan Anda ke Tanah Suci hanya untuk berumroh, bawalah barang-barang yang sekiranya memang dibutuhkan selama 10 hari perjalanan. Barang-barang tersebut meliputi,

  • Pakaian ihram
  • Baju ganti (pakaian muslim seperti gamis, abaya, atau baju koko)
  • Baju tidur
  • Pakaian dalam
  • Sandal dan tas plastik (kresek)
  • Kacamata hitam
  • Peralatan mandi
  • Peralatan salat
  • Kaos kaki, jaket, atau sweater (jika Anda berumroh saat musim dingin)
  • Masker penutup wajah
  • Obat-obatan dan vitamin
  • Ponsel dan kamera beserta charger-nya

Daripada melipat, gulung pakaian Anda

Mengatur Barang Saat Umroh - Lifestyle Liputan6.com
Mengatur Barang Saat Umroh – Lifestyle Liputan6.com

Agara koper bisa memuat lebih banyak barang, daripada melipat pakaian yang dibawa lebih baik gulung pakaian tersebut seperti gulungan handuk yang biasa kita lihat di hotel. Selain dapat menghemat tempat, menggulung juga akan membuat pakaian tetap rapi dan tidak kusut.

Kemas jaket dan pakaian berat lainnya menggunakan vacuum bag

Mengatur Barang Saat Umroh - Clas Ohlson
Mengatur Barang Saat Umroh – Clas Ohlson

Vacuum bag adalah sebuah kemasan plastik kedap udara yang dapat digunakan untuk menyimpan pakaian. Agar jaket, sweater, atau coat yang dibawa tidak menghabiskan tempat di koper, masukkan barang-barang tersebut ke dalam vacuum bag. Vaccum bag akan memadatkan barang tersebut sehingga dapat dimasukkan ke dalam koper dan menghemat tempat.

Minimalisasi bawaan seperti camilan, bahan makanan, dan minuman

Mengatur Barang Saat Umroh - Fotokepikcantik
Mengatur Barang Saat Umroh – Fotokepikcantik

Agar barang bawaan tidak melebih batas berat maksimal, hindari membawa barang-barang yang tidak terlalu kita butuhkan seperti bahan makanan, camilan, dan minuman. Pihak maskapai biasanya telah menyediakan itu semua untuk menemani perjalanan Anda.

Ketika mendarat, pihak travel juga sudah menjamin makanan, camilan, dan minuman untuk para jamaah selama proses ibadah umroh di Tanah Suci sehingga kita tidak perlu khawatir akan merasa kelaparan selama berada di sana.

Pisahkan barang-barang berdasarkan penggunaan dan kepentingan

Mengatur Barang Saat Umroh - Wetraveltheworld.de
Mengatur Barang Saat Umroh – Wetraveltheworld.de

Masukkan barang-barang yang Anda butuhkan selama perjalanan seperti peralatan mandi, salat, satu botol air mineral, dan pakaian ganti ke dalam sebuah tas berukuran sedang yang bisa dibawa naik ke kabin pesawat. Bawalah juga sebuah tas kecil untuk menyimpan uang tunai dan paspor agar saat pemeriksaan imigrasi di bandara kita tidak perlu repot-repot membongkar koper atau tas di bagasi.

Sedangkan untuk pakaian dan barang-barang lain yang dibutuhkan saat mendarat, Anda bisa meletakkannya di koper besar yang disimpan di bagasi pesawat.

Beri identitas pada koper dan barang bawaan Anda

Mengatur Barang Saat Umroh - Jawapos.com
Mengatur Barang Saat Umroh – Jawapos.com

Banyaknya barang yang masuk ke bagasi pesawat terkadang membuat Anda bingung mengingat tas apa saja yang dibawa ke Tanah Suci. Untuk meminimalisasi risiko tertukar, berilah identitas pada barang bawaan Anda.

Amankan koper Anda

Mengatur Barang Saat Umroh - Jawapos.com
Mengatur Barang Saat Umroh – Jawapos.com

Untuk menghindari risiko pembobolan, lakukan tindakan pencegahan dengan memasang sabuk pengaman tambahan atau menggembok tas koper Anda. Meskipun sebenarnya keselamatan barang bawaan sudah menjadi tanggung jawab maskapai, tetapi juga menjadi tanggung jawab kita untuk melakukan berbagai tindakan pencegahan.

Itulah beberapa tips mengatur bagasi saat berangkat umroh. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: