Umroh

7 TIPS MENJAGA KESEHATAN TUBUH SELAMA BERADA DI TANAH SUCI

Banyak hal yang harus diperhatikan saat beribadah umroh di tanah suci. Tidak hanya ibadah yang harus dilakukan secara kaffah dan sesuai aturan, tapi kesehatan jemaahharus dijaga agar bisa fit dalam melaksanakan semua rukun umroh. Beberapa tips berikut dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama berada di tanah suci.

Meminum air putih yang cukup

Meminum air putih yang cukup - i2.wp.com
Meminum air putih yang cukup – i2.wp.com

Suhu di Arab Saudi akan sangat panas di siang hari. Oleh karena itu, jemaah diwajibkan menjaga asupan air secara teratur untuk mencegah dehidrasi. Bawalah botol air setiap berpergian. Di setiap sudut Masjidil Haram dan Masjid Nabawi terdapat air zam-zam gratis untuk para jemaah umroh sehingga bisa mengisi botol air sebagai persediaan.

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi selama umroh

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi selama umroh - hmetrocaribbean.com
Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi selama umroh – hmetrocaribbean.com

Katering makanan selama jemaah beribadah umroh sudah disediakan oleh pihak penyelenggara. Oleh karena itu pilihlah agen travel umroh yang menyediakan menu makanan bergizi dan bervariasi. Makanan pokok yang umumnya ditemui di Arab Saudi antara lain nasi biryani, nasi turki, kentang goreng, mi, nasi putih, dan chapati. Jemaah dapat memilih lauk yang mengandung nutrisi yang cukup untuk energi tubuh yang disediakan pihak katering, seperti daging, ikan goreng, sate ayam, empal, dan lain-lain. Konsumsilah cukup buah dan sayur untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak makan secara berlebihan

Tidak makan secara berlebihan - andywlms.com
Tidak makan secara berlebihan – andywlms.com

Seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah, hindari makan yang berlebihan karena hanya akan mengganggu aktivitasibadah. Rasa malas untuk beribadah umumnya akan timbul jika perut penuh karena kekenyangan.

Disiplin menjaga waktu makan

Disiplin menjaga waktu makan - assets.kompas.com
Disiplin menjaga waktu makan – assets.kompas.com

Tidak ada yang akan mengingatkan jemaah satu per satu untuk makan tepat waktu. Kesadaran masing-masing jemaahlah untuk menjaga waktu makannya. Jangan menunda-nunda makan meskipun agenda umroh padat, karena bisa terjadi perubahan jadwal kegiatan sewaktu-waktu hingga pada akhirnya jadwal makan mundur dari waktu semula. Selain akan mengganggu jalannya ibadah jika kelaparan, jemaah yang menderita mag juga akan terserang penyakit.

Hindari memakan bekal yang tidak sehat

Hindari memakan bekal yang tidak sehat - papasemar.com
Hindari memakan bekal yang tidak sehat – papasemar.com

Umumnya jemaah menganggap makanan yang disediakan katering selama beribadah umroh tidak sesuai selera mereka. Meskipun katering sudah berusaha menyesuaikan menu makanan agar sesuai dengan lidah jemaah Indonesia, banyak di antara jemaah yang tetap tidak merasa cocok dengan menu yang disediakan. Jika masih tidak sesuai selera, memakan bekal yang dibawa dari Indonesia tidak dilarang. Namun, perhatikan bekal yang dibawa agar jangan sampai membawa mudarat bagi diri sendiri. Banyak di antara jemaah yang membawa bekal ikan asin. Padahal ikan asin tidak baik bagi jemaah yang menderita hipertensi karena kandungan garamnya yang tinggi akan menaikkan tensi darah.

Jagalah kebersihan selama di tanah suci

Jagalah kebersihan selama di tanah suci - res.cloudinary.com
Jagalah kebersihan selama di tanah suci – res.cloudinary.com

Cucilah tangan selalu sebelum makan dan setelah dari toilet. Jagalah kebersihan di kamar dan lingkungan sekitar. Meskipun terdengar sepele, penyakit diare yang mengganggu berasal dari kebiasaan tidak menjaga kebersihan.

Beristirahat yang cukup

Beristirahat yang cukup - mencegahpenyakit.com
Beristirahat yang cukup – mencegahpenyakit.com

Hindari tidur terlalu larut di malam hari karena tubuh butuh istirahat dan tidur dapat membantu mengembalikan tenaga untuk digunakan beribadah esok hari. Tidur larut akan mengganggu metabolisme tubuh dan membuat tubuh tidak nyaman keesokan harinya. Berkonsultasilah ke dokter jika memiliki gangguan tidur.

Semoga tips di atas bisa membantu jemaah menjaga kesehatan selama di tanah suci sehingga bisa beribadah umroh dengan lancar dan pulang ke tanah air menjadi umroh yang maqbul.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close