Umroh

8 Hal Ini Jangan Sampai Tidak Anda Bawa Saat Umroh

Berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umroh tentu memerlukan berbagai persiapan. Selain kesiapan mental dan fisik, persiapan logistik juga perlu Anda perhatikan. Meskipun terlihat sepele, perlengkapan pendukung yang tidak memadai dapat mengganggu kelancaran ibadah umroh Anda. Untuk Anda yang tidak lama lagi akan berangkat ke Tanah Suci, 8 hal ini jangan sampai tidak Anda bawa saat umroh:

Buku Doa dan Buku Petunjuk Ibadah Umroh

Buku Doa dan Buku Petunjuk Ibadah Umroh - toko-muslim.com
Buku Doa dan Buku Petunjuk Ibadah Umroh – toko-muslim.com

Buku doa dan buku petunjuk ibadah umroh merupakan perlengkapan paling penting yang harus Anda bawa. Khususnya bagi Anda yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umroh atau tidak hafal dengan doa dan tata cara ibadah umroh, wajib membawa buku ini.

Buku doa dan buku petunjuk ibadah pasti merupakan perlengkapan yang disediakan oleh biro perjalanan. Buku ini akan diberikan dalam ukuran kecil sehingga memudahkan Anda untuk membawanya ke mana pun. Akan lebih nyaman lagi bila Anda memiliki buku ini dalam bentuk digital dan disimpan ke dalam telepon genggam.

Pakaian Ihram

Pakaian Ihram - media.ihram.asia.com
Pakaian Ihram – media.ihram.asia.com

Mengenakan pakaian ihram merupakan syarat sah pelaksanaan ibadah umroh. Bila Anda menggunakan jasa biro perjalanan, pakaian ihram umumnya juga telah disediakan. Akan tetapi, Anda juga perlu membawa pakaian ihram cadangan. Hal ini untuk berjaga-jaga seandainya pakaian ihram Anda terkena kotoran atau najis.

Uang dan Paspor

Uang dan Paspor - blibli.com
Uang dan Paspor – blibli.com

Dua hal ini tentu saja tidak boleh tertinggal saat berangkat umroh. Paspor merupakan dokumen resmi yang berfungsi sebagai identitas Anda. Pastikan Anda memiliki uang dalam bentuk riyal secukupnya, meskipun terdapat beberapa toko di Mekah dan Madinah yang menerima mata uang rupiah.

Perlengkapan Mandi dan Kosmetik

Perlengkapan Mandi dan Kosmetik - 3.bp.blogspot.com
Perlengkapan Mandi dan Kosmetik – 3.bp.blogspot.com

Perlengkapan mandi sering dilihat sepele karena dianggap akan disediakan oleh penginapan di Tanah Suci. Perlu Anda ingat bahwa pelaksanaan ibadah umroh memerlukan waktu minimal delapan hari hingga kembali ke Tanah Air. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan perlengkapan mandi dengan baik. Terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, perlengkapan mandi yang cocok untuk kulit wajib Anda bawa sendiri.

Beberapa kosmetik seperti pelembab kulit dan tabir surya perlu Anda bawa saat umroh. Cuaca Tanah Suci yang panas dan kering akan membuat kulit orang Indonesia cepat kering dan pecah-pecah. Bawalah perlengkapan mandi dan kosmetik dalam satu wadah agar mudah disimpan.

Perlengkapan Kesehatan

Perlengkapan Kesehatan - daftarhajiumroh.com
Perlengkapan Kesehatan – daftarhajiumroh.com

Perlengkapan kesehatan seperti obat-obat pribadi dan suplemen kesehatan penting untuk Anda bawa. Pada umumnya, biro perjalanan hanya membawa perlengkapan untuk pertolongan pertama. Bagi Anda yang mengonsumsi obat-obat tertentu perlu Anda siapkan sendiri. Suplemen kesehatan berguna untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap bugar. Dengan demikian, Anda dapat melaksanakan ibadah umroh dengan nyaman.

Peralatan Komunikasi

Perlengkapan Komunikasi - 3.bp.blogspot.com
Perlengkapan Komunikasi – 3.bp.blogspot.com

Di zaman dengan kemudahan telekomunikasi ini, telepon genggam adalah peralatan yang wajib Anda bawa. Selain untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga di rumah, Anda juga dapat menggunakannya untuk merekam momen ibadah Anda. Jangan lupa untuk membawa jenis steker lstrik yang sesuai dengan negara Arab Saudi.

Perlengkapan Pelindung Diri

Perlengkapan Perlindung Diri - infomuslimtours.com
Perlengkapan Perlindung Diri – infomuslimtours.com

Perlengkapan pelindung diri yang dimaksud adalah perlengkapan yang dapat melindungi diri Anda dari terpaan cuaca dan mencegah penularan penyakit. Peralatan seperti payung dan kaca mata hitam perlu dibawa untuk melindungi Anda dari sengatan sinar matahari. Masker perlu Anda bawa untuk melindungi dari debu serta mencegah penularan virus MERS dari udara.

Perlengkapan Pendukung Lainnya

Perlengkapan Pendukung Lainnya - ecs7.tokopedia.net
Perlengkapan Pendukung Lainnya – ecs7.tokopedia.net

Selain perlengkapan di atas, peralatan masak sederhana seperti penghangat makanan dapat Anda bawa. Sandal jepit, perlengkapan cuci, dan gantungan baju mungkin diperlukan selama Anda berada di Tanah Suci.

Demikian 8 hal yang harus Anda bawa saat berangkat umroh. Perlengkapan yang disiapkan dengan baik tentu akan memperlancar ibadah umroh Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: