Dunia Islam

8 Kiat Jitu agar Tidak Mengantuk Saat Khotbah Jumat

Rasa kantuk sering kali datang saat kita melaksanakan ibadah. Karena kantuk, konsentrasi pun buyar dan kekhusyukan dalam beribadah bisa jadi taruhannya. Saat khotbah jumat, para jemaah pun sering kali harus tunduk pada rasa kantuk. Padahal, mendengarkan khotbah merupakan salah satu rukun sah ibadah salat jumat. Jangan khawatir, ada kiat-kiat jitu yang dapat Anda terapkan untuk melawan rasa kantuk saat mendengarkan khotbah Jumat. Yuk, langsung saja kita simak kiat-kiatnya berikut ini.

Mandi sebelum salat Jumat

Mandi - vebma.com
Mandi – vebma.com

Muslim dianjurkan untuk mandi sebelum berangkat menuju masjid untuk menunaikan salat Jumat. Anjuran tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah: “Mandi pada hari Jumat hukumnya wajib bagi orang yang sudah baligh.” Selain bertujuan menyucikan diri, dengan mandi tubuh dapat terasa lebih segar dan bersemangat.

Pindah tempat duduk

Pindah Tempat Duduk - 4.bp.blogspot.com
Pindah Tempat Duduk – 4.bp.blogspot.com

Jika Anda merasa mulai mengantuk saat mendengarkan khotbah, ada baiknya untuk mengubah posisi duduk atau pindah ke tempat lain. Rasululullah sallallahu alaihi wasalam pun ternyata menganjurkan hal serupa. Menurut Syekh Muhammad Al-Mubarakfury, pergerakan pindah dapat mengurangi rasa kantuk yang dialami seseorang ketika mendengarkan khotbah.

Usahakan agar tidak duduk sambil memeluk lutut

Usahakan agar tidak duduk sambil memeluk lutut - paketumrohhemat.weebly.com
Usahakan agar tidak duduk sambil memeluk lutut – paketumrohhemat.weebly.com

Duduk dengan posisi memeluk lutut jelas dapat membuat seseorang lebih mudah terserang kantuk. Muaz bin Jabal berkata: “Nabi sallallahu alaihi wasalam melarang duduk sambil memeluk lutut ketika imam sedang berkhotbah.” Menurut Imam Al-Khattabi, duduk sambil memeluk lutut dapat membuat seseorang menjadi mudah terlelap dan dapat membatalkan wudu. Adapun jika seseorang hanya tidur ringan, maka wudunya tidak batal.

Konsentrasi mendengarkan khotbah

Konsentrasi mendengarkan khotbah - islamidia.com
Konsentrasi mendengarkan khotbah – islamidia.com

Godaan setan bisa membuat pikiran kita melayang-layang, bahkan ketika sedang salat atau mendengarkan khotbah. Agar tidak mudah mengantuk, usahakan untuk memusatkan pikiran kita pada setiap kalimat yang diucapkan oleh pengkhotbah dan resapi maknanya. Di samping itu, kita pun perlu menghindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian kita dari isi khotbah, seperti memainkan kancing baju, menggigit kuku, dan lain-lain. Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang memegang (memainkan) batu kerikil, berarti dia telah berbuat sia-sia.”

Tidur sejenak sebelum salat Jumat

Tidur Sejenak - islampos.com
Tidur Sejenak – islampos.com

Memejamkan mata selama 15-20 menit sebelum menunaikan salat Jumat pun tidak ada salahnya untuk dilakukan. Insyaallah, dengan tidur sejenak, pikiran dan tubuh kita dapat kembali segar dan siap untuk menjalankan rukun ibadah salat Jumat dengan lebih khusyuk.

Minum teh atau kopi

Minum Kopi atau Teh - kopikeliling.com
Minum Kopi atau Teh – kopikeliling.com

Bagi sebagian besar orang, teh dan kopi dianggap ampuh untuk mencegah rasa kantuk. Sebelum berangkat ke masjid untuk salat Jumat, tidak ada salahnya untuk menyeruput secangkir kopi atau teh. Namun ingat, pastikan perut Anda sudah terisi terlebih dahulu sebelum minum kopi, terutama bagi Anda yang punya masalah asam lambung.

Ambil posisi dekat mimbar

Ambil posisi dekat mimbar - cdn2.tstatic.net
Ambil posisi dekat mimbar – cdn2.tstatic.net

Posisi pun ternyata sangat berpengaruh dalam menentukan kekhusyukan ibadah seseorang. Makin ke belakang, biasanya makin banyak godaan. Untuk itu, usahakan untuk datang ke masjid lebih awal agar dapat menempati posisi di depan atau di dekat mimbar. Semakin dekat posisi dengan mimbar, kita dapat lebih jelas mendengarkan isi khotbah. Rasa kantuk pun jadi tidak mudah menyerang.

Makan secukupnya sebelum salat Jumat

Makan secukupnya sebelum salat Jumat - 4.bp.blogspot.com
Makan secukupnya sebelum salat Jumat – 4.bp.blogspot.com

Biasanya, perut kenyang akan langsung disusul perasaan kantuk. Itulah sebabnya, jika Anda tidak ingin cepat mengantuk saat salat Jumat, usahakan agar tidak makan dengan porsi terlalu banyak. Makan secukupnya lalu sertai dengan minum teh atau kopi agar mata dapat tetap terjaga selama mendengarkan khotbah Jumat.

Itulah delapan tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rasa kantuk datang saat mendengarkan khotbah Jumat. Jangan lupa awali setiap ibadah dengan niat semata-mata karena Allah agar rida Allah pun dapat selalu menyertai kita.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: