Dunia Islam

8 Tips Jitu agar Mudah Bangun Malam untuk Sholat Tahajud

Doa-doa yang dipanjatkan usai seorang hamba melaksanakan sholat tahajud bagaikan anak panah yang tepat mengenai sasaran. Selain merupakan momen yang mustajab untuk berdoa, sholat tahajud juga dapat menenangkan jiwa dan pikiran. Sayangnya, tidak sedikit yang merasa berat dalam menjalankan bagian dari qiyamul lail ini, mengingat harus dilakukan pada sepertiga malam terakhir.

Meskipun godaan untuk tidur nyenyak begitu kuat, tetapi bukan berarti Anda tidak sanggup melaksanakan sholat tahajud. Dengan mengikuti beberapa tips jitu berikut, insyaallah Anda akan lebih mudah terbangun pada sepertiga malam.

Berniat Secara Sungguh-Sungguh

Berniat Sungguh-sungguh - bersamadakwah.net
Berniat Sungguh-sungguh – bersamadakwah.net

Niat merupakan kunci utama jika Anda ingin melakukan sesuatu, termasuk sholat tahajud. Dengan niat yang kuat, maka rasa malas dan kantuk akan sirna dengan sendirinya. Tanamkan di dalam diri bahwa sepertiga malam yang terakhir merupakan waktu istimewa untuk bermunajat pada Allah dan meraih kenikmatan beribadah.

Pasang Alarm

Pasang Alarm - aws-dist.brta.in.com
Pasang Alarm – aws-dist.brta.in.com

Pasang alarm di ponsel pintar Anda. Atur alarm dengan nada halus di awal, kemudian semakin lantang di akhir. Tujuannya untuk mengurangi risiko kaget dan terburu-buru saat bangun. Pasalnya, bangun dalam kondisi panik kurang baik bagi kesehatan jantung.

Selain itu, pasang alarm beberapa kali. Jika Anda tidak sengaja mematikan alarm yang pertama, masih ada alarm kedua yang siap membangunkan Anda.

Luangkan Waktu untuk Tidur Siang

Luangkan Waktu Tidur Siang - hellosehat.com
Luangkan Waktu Tidur Siang – hellosehat.com

Jika sempat, luangkan waktu untuk tidur siang. Tidur siang memberikan manfaat menyegarkan tubuh dan pikiran serta dapat mengurangi jam tidur malam. Tidur siang tidak perlu terlalu lama, beberapa menit saja asalkan berkualitas sudah sangat bermanfaat.

Tidurlah Secara Berkualitas

Tidur Berkualitas - i1.wp.com
Tidur Berkualitas – i1.wp.com

Tidurlah secara berkualitas agar Anda lebih mudah untuk bangun di malam hari dan melaksanakan sholat tahajud. Rapikan tempat tidur Anda terlebih dahulu agar tidur terasa nyaman.

Selain itu, lakukan sunah Rasul untuk tidur dalam kondisi miring ke kanan, agar peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh berjalan lancar. Tubuh Anda pun akan terbangun dalam keadaan bugar.

Jangan Begadang

Jangan Begadang - polka.co.id
Jangan Begadang – polka.co.id

Jika ingin mampu terbangun pada sepertiga malam, tentu Anda harus menghindari begadang. Usahakan tidur sebelum pukul 10 malam agar Anda dapat terbangun dengan mudah, alih-alih merasa letih dan didera kantuk yang berlebihan.

Minum Segelas Air Sebelum Tidur

Minum Segelas Air Sebelum Tidur - a1.ro.com
Minum Segelas Air Sebelum Tidur – a1.ro.com

Minum segelas air sebelum tidur juga bermanfaat bagi kesehatan dan membuat tubuh lebih segar saat bangun. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengganti air dengan segelas susu untuk membantu Anda tidur lebih awal—susu mengandung zat-zat yang membuat Anda merasa relaks dan lebih mudah terlelap.

Sediakan Sapu Tangan dan Air dalam Baskom di Dekat Tempat Tidur

Sediakan Sapu Tangan dan Air dalam Baskom di Dekat Tempat Tidur - 2.bp.blogspot.com
Sediakan Sapu Tangan dan Air dalam Baskom di Dekat Tempat Tidur – 2.bp.blogspot.com

Anda juga bisa menyiapkan sapu tangan dan air dalam baskom di dekat tempat tidur. Saat alarm telah berbunyi, segera ambil sapu tangan lalu celupkan ke dalam air dan usapkan pada wajah Anda. Insyaallah kantuk Anda akan segera sirna.

Lakukan Sholat Tahajud Selama 7 Hari Berturut-turut

Lakukan Sholat Tahajud - i2.wp.com
Lakukan Sholat Tahajud – i2.wp.com

Usahakan melakukan sholat tahajud secara konsisten selama tujuh hari berturut-turut. Jika pola bangun tidur dan sholat tahajud telah terbentuk, Anda akan lebih mudah untuk bangun qimayul lail di hari-hari berikutnya.

Bagaimana, ternyata ada banyak hal sederhana yang dapat memudahkan Anda bangun malam untuk sholat tahajud kan? Semoga Anda dapat menunaikan Ibadah ini dengan istikamah. Yuk, bagikan tips ini pada orang tercinta di sekitar Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: