Umroh

8 TIPS MEMILIH PERLENGKAPAN UMROH AGAR BAGASI TIDAK KELEBIHAN MUATAN

Saat berpergian jauh, termasuk saat umroh, kita cenderung ingin membawa semua barang untuk berjaga-jaga kalau-kalau di tempat yang didatangi tidak tersedia barang yang kita butuhkan. Namun, hal tersebut menyebabkan bagasi kelebihan muatan. Padahal, maskapai hanya mengizinkan bagasi bagi jemaah umroh seberat 20 kg saja. Lalu bagaimana cara memilih perlengkapan umroh yang benar-benar dibutuhkan agar bagasi tidak kelebihan muatan? Berikut ini tipsnya.

Perhatikan cuaca dan musim di Arab Saudi saat menjalankan umroh

Perhatikan cuaca dan musim di Arab Saudi saat menjalankan umroh - conceptnewscentral.com
Perhatikan cuaca dan musim di Arab Saudi saat menjalankan umroh – conceptnewscentral.com

Hampir 95% daratan Arab Saudi terdiri dari gurun pasir yang akan terasa sangat panas di siang hari dan bersuhu dingin di malam hari. Di bulan Mei hingga September, suhu di siang hari mencapai 45°C di siang hari. Sementara musim dingin akan berlangsung dari bulan November hingga Februari. Persiapkan pakaian yang tepat sesuai dengan musim di Arab Saudi. Bawalah pakaian dalam long john dan jaket tebal jika berumroh di musim dingin. Sementara untuk musim panas, bawalah pakaian katun yang tipis namun tidak menerawang agar lebih sejuk dipakai.

Bawalah pakaian secukupnya sesuai lamanya waktu umroh

Bawalah pakaian secukupnya sesuai lamanya waktu umroh - infomuslimtours.com
Bawalah pakaian secukupnya sesuai lamanya waktu umroh – infomuslimtours.com

Jemaah tidak perlu membawa pakaian terlalu banyak saat umroh, karena saat di hotel pakaian bisa dicuci dengan fasilitas laundry hotel.Bagi jemaah pria, pilihlah baju koko atau baju batik untuk dikenakan ke mesjid atau saat tur. Sementara untuk bawahan, pilihlah celana berbahan kain dan hindari membawa celana jeans. Untuk jemaah wanita, gamis berbahan katununtuk pakaian sehari-hari akan lebih nyaman dipakai dan lebih ringan dibawa dalam koper.

Bawalah pakaian dalam secukupnya. Sementara untuk pakaian tidur, jemaah harus mempertimbangkan teman sekamar saat menginap di hotel. Jangan sampai mereka tidak nyaman dengan pakaian tidur yang kita kenakan. Pakailah pakaian tidur yang nyaman namun tetap sopan. Selain pakaian, jemaah bisa membawa sarung yang nanti juga akan berfungsi sebagai selimut. Jangan lupa bawa pula kaos kaki, serta mukena dan sajadah tipis.

Tidak perlu membawa aksesoris yang berlebihan ke tanah suci, apalagi perhiasan yang rawan akan kehilangan

Tidak perlu membawa aksesoris yang berlebihan ke tanah suci, apalagi perhiasan yang rawan akan kehilangan - assets.kompas.com
Tidak perlu membawa aksesoris yang berlebihan ke tanah suci, apalagi perhiasan yang rawan akan kehilangan – assets.kompas.com

Sediakan ruang untuk tempat oleh-oleh

Sediakan ruang untuk tempat oleh-oleh - cdn2.tstatic.net
Sediakan ruang untuk tempat oleh-oleh – cdn2.tstatic.net

Menyisakan ruang untuk oleh-oleh akan mencegah kita membeli koper baru saat kembali ke Indonesia dan terkena tambahan biaya bagasi saat check-in di bandara.

Siapkan tas kabin yang berisi barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan ke Arab Saudi

Siapkan tas kabin yang berisi barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan ke Arab Saudi - konveksijakartass.files.wordpress.com
Siapkan tas kabin yang berisi barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan ke Arab Saudi – konveksijakartass.files.wordpress.com

Bawalah dokumen penting seperti paspor di tas kecil untuk ke kabin. Bawa serta dompet berisi uang sekadarnya, kacamata hitam, serta gawai dan perangkat elektronik lainnya. Jemaah juga bisa membawa serta obat-obatan yang akan berguna saat mengalami sakit selama perjalanan di tas kabin. Simpan juga buku kecil dan pulpen untuk mencatat alamat hotel tempat menginap serta kontak agen atau penanggung jawab umroh yang bisa dihubungi saat kondisi darurat.

Kelompokkan jenis perlengkapan umroh yang kamu bawa

Kelompokkan jenis perlengkapan umroh yang kamu bawa - labbaik.id
Kelompokkan jenis perlengkapan umroh yang kamu bawa – labbaik.id

Pisahkan barang yang akan dibawa ke kabin dan yang disimpan dalam bagasi.

Bawalah benda-benda cair dengan volume tidak lebih dari 100 ml

Bawalah benda-benda cair dengan volume tidak lebih dari 100 ml - klikhotel.com
Bawalah benda-benda cair dengan volume tidak lebih dari 100 ml – klikhotel.com

Jika jemaah ingin membawa benda-benda cair ke dalam kabin, seperti minyak kayu putih atau losion, volume yang diperkenankan maksimal hanya 100 ml. Usahakan benda-benda cair lainnya, seperti sabun atau sampo, juga tidak terlalu besar volumenya. Selain menambah berat bagasi, botol-botol ini juga memakan ruang dalam koper.

Jangan membawa bekal makanan terlalu banyak dalam bagasi

Jangan membawa bekal makanan terlalu banyak dalam bagasi - cdn.elevenia.co.id
Jangan membawa bekal makanan terlalu banyak dalam bagasi – cdn.elevenia.co.id

Terkadang jemaah umroh membawa makanan dari Indonesia untuk berjaga-jaga kalau katering yang disediakan di tanah suci tidak sesuai selera. Jika ingin membawa bekal, bawalah secukupnya. Jangan membawa makanan dalam kemasan plastik yang menggelembung, seperti kripik, karena akan sangat memakan tempat.

Demikian tipsyang bisa diikuti supaya perlengkapan ibadah umroh termuat dalam koper. Semoga bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: