FikihUmroh

7 Amalan Umroh yang Utama Selama Berada di Mekkah

Kota Mekah atau yang lebih dikenal dengan julukan Makkah al-Mukarramah yang berarti kota yang dimuliakan oleh Allah Swt. Kota ini memang begitu dimuliakan karena di tempat ini, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail untuk membangun baitullah atau Kakbah. Kota ini juga menjadi tempat kelahiran Nabi Agung Muhammad Saw.

Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia berbondong-bondong mendatangi kota suci ini untuk melaksanakan ibadah haji pada bulan Zulhijah. Selain di bulan tersebut, banyak juga kaum muslimin dan musilmat yang berkunjung ke Mekah untuk melaksanakan ibadah umroh.

Pada saat melakukan ibadah umroh, selain melaksanakan rukun dan kewajiban yang ada, terdapat pula amalan-amalan yang bisa dilakukan. Amalan-amalan ini berupa doa yang dipanjatkan di tempat-tempat tertentu. Berikut 7 amalan doa yang bisa dilakukan saat ibadah umroh di Kota Mekkah.

Berdoa di Multazam

Amalan Umroh - nu.or.id
Amalan Umroh – nu.or.id

Multazam merupakan tempat yang berada di antara Hajar Aswad dan Pintu Kakbah. Para ulama sependapat, jika tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa. Hal ini berdasarkan dari hadis riwayat dari Abdullah bin Abbas, Rasululah Muhammad Saw pernah bersabda: “Multazam adalah tempat dikabulkannya doa. Tidak ada satupun doa seorang hamba di Multazam kecuali akan dikabulkan.”

Salat di Hijir Ismail

Amalan Umroh - si.wsj.net
Amalan Umroh – si.wsj.net

Hijir Ismail dulunya merupakan bagian dari Kakbah. Salat di area ini sama saja salat di dalam Kakbah. Selain Multazam, Hijir Ismail menjadi tempat favorit lain para jamaah umroh untuk memanjatkan doa dan salat.

Berdoa di Bawah Talang Emas

Amalan Umroh - cdns.klimg.com
Amalan Umroh – cdns.klimg.com

Siti Hajar, istri dari Nabi Ibrahim, dulunya pernah tinggal di sekitar area Hijir Ismail bersama dengan putranya, Nabi Ismail. Tempat tersebut kini ditandai dengan adanya talang emas atau yang disebut juga dengan nama Mizab. Tempat ini juga menjadi tempat di mana doa-doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan. Setelah salat di area Hijir Ismail, sebaiknya sempatkan dulu untuk berdoa di bawah talang emas ini.

Salat dan Berdoa di Belakang Makam Ibrahim

Amalan Umroh - webhaji.com
Amalan Umroh – webhaji.com

Seperti yang kita ketahui, Kakbah dibangun oleh Nabi Ibrahim atas perintah dari Allah Swt. Makam sang nabi terletak masih di area Kakbah. Para jamaah umroh biasanya akan salat dan berdoa di belakang makam Nabi Ibrahim setelah selesai melaksanakan tawaf. Makam Nabi Ibrahim ini juga dipercaya sebagai tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Berdoa Saat Melakukan Sai

Amalan Umroh - www2.kemenag.go.id
Amalan Umroh – www2.kemenag.go.id

Sai dilakukan dengan cara berlari-lari kecil atau berjalan cepat dari bukit safa ke bukit marwa dan sebaliknya selama 7 kali. Ibadah sai ini mencontoh perjuangan ibunda Nabi Ismail, Siti Hajar ketika beliau mencari air untuk putranya yang kehausan. Saat melaksanakan sai, jangan lupa untuk melakukannya sambil berdoa.

Berdoa di Bukit Safa

Amalan Umroh - ismaweb.net
Amalan Umroh – ismaweb.net

Amalan doa ketika sedang berada di bukit safa juga jangan sampai dilewatkan. Bukit safa ini merupakan titik awal dimulainya ibadah sai. Sebelum atau ketika sedang melaksanakan sai, memang disarankan sambil berdoa.

Berdoa di Bukit Marwa

Amalan Umroh - vocfm.co.za
Amalan Umroh – vocfm.co.za

Sama seperti halnya bukit safa, bukit marwa juga menjadi salah satu tempat paling mustajab untuk memanjatkan doa. Bukit marwa merupakan tempat kegiatan sai berakhir. Jamaah umroh akan melakukan tahalul di sekitar area bukit ini setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah umroh yang dilakukan.

Semua doa atau ibadah yang dilakukan oleh umat Islam, pasti didengar dan dikabulkan oleh Allah Swt, di manapun tempat kita memanjatkan dan melakukannya. Tempat-tempat di atas hanya beberapa contoh saja karena baik Rasulullah Saw, para sahabatnya, dan para ulama pernah beribadah di tempat-tempat tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: