Umroh

7 Cara Mudah Mengingat Doa-Doa Umroh 

Terkadang, mempersiapkan diri untuk berangkat umroh bukan semata-mata kesiapan materi dan fisik. Kesiapan mental juga perlu diperhatikan terutama memantapkan niat dan mempelajari tata cara menjalankan ibadah umroh dengan baik. Karena, sama dengan haji, umroh pun ada yang mabrur dan ada yang tidak.

Doa-doa yang harus kita ketahui dalam sepanjang proses umroh ada banyak sekali. Semua tahap dari mulai doa safar atau doa bepergian, doa tawaf, doa sai, dan doa ziarah memiliki cara dan doa yang berbeda. Jika belum mengetahui doa-doa tersebut sebelumnya, kemungkinan akan sulit menghafalnya dalam waktu yang singkat. Nah, untuk membantu Anda, berikut adalah cara mudah untuk mengingat doa-doa umroh.

Membuat Daftar Doa yang Harus Diingat

Doa Umrah - ibadahhajidanumrah.tohasyahputra.com
Doa Umrah – ibadahhajidanumrah.tohasyahputra.com

Pada saat mendaftar umroh, biasanya Anda akan mendapatkan daftar doa-doa yang harus diketahui. Berdasarkan daftar tersebut, buatlah daftar target yang bisa Anda tandai setelah Anda menghafalnya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui doa-doa apa saja yang belum dan sudah Anda kuasai.

 

Manfaatkan CD atau Rekaman Doa

Doa Umrah - 2.bp.blogspot.com
Doa Umrah – 2.bp.blogspot.com

Terkadang, agen perjalanan umroh juga menyediakan rekaman suara doa umroh. Anda bisa memanfaatkan rekaman tersebut dan mendengarkannya secara rutin. Beberapa orang berhasil menghafal dengan cara ini. Dengan mendengarkan rekaman doa-doa umroh, Anda juga belajar cara untuk melafalkan doa dengan benar.

Hafalkan Doa yang Sulit Terlebih Dahulu

Doa Umrah - image.slidesharecdn.com
Doa Umrah – image.slidesharecdn.com

Doa-doa umroh terdiri dari doa yang panjang dan pendek. Memang, yang terpenting adalah menghafal doa niat untuk umroh. Setelah itu, Anda bisa mulai menghafal doa-doa yang panjang atau sulit terlebih dahulu. Biasanya, setelah Anda hafal doa yang panjang, doa yang lebih singkat akan lebih mudah diingat.

Tulis Ulang Doa

Doa Umrah - Doa Umrah - image.slidesharecdn.com
Doa Umrah – Doa Umrah – image.slidesharecdn.com

Untuk memudahkan Anda mengingat doa, tulis ulang doa dalam huruf latin. Ini adalah metode yang efektif untuk menghafal karena Anda menulis sendiri doa yang akan diingat. Anda bisa melakukan langkah ini secara berulang untuk membantu Anda mengingat lebih baik.

Menghafal dengan Mengeluarkan Suara

Doa Umrah - ltiq.alshifacharity.com
Doa Umrah – ltiq.alshifacharity.com

Salah satu cara efektif lainnya adalah dengan membaca doa dengan mengeluarkan suara. Anda bisa juga merekam suara pada saat membaca doa-doa tersebut. Bacalah doa seakan-akan Anda sedang berlatih umroh dengan susunan yang benar.

 

Berlatih dengan Maksimal pada Saat Manasik

Doa Umrah - cdn2.tstatic.net
Doa Umrah – cdn2.tstatic.net

Agen perjalanan umroh biasanya akan memberikan 1 kali pengenalan dasar umroh dan sekitar 3 kali kesempatan manasik umroh. Usahakan Anda hadir dalam setiap kesempatan manasik umroh untuk berlatih doa-doa. Dalam manasik umroh, Anda akan diajak menjalani sebuah simulasi perjalanan umroh dari awal hingga akhir. Ini juga akan memberikan bayangan seperti apa keadaan umroh yang akan Anda hadapi.

Manfaatkan Buku Saku Umroh

Doa Umrah - toko-muslim.com/
Doa Umrah – toko-muslim.com

Jika Anda belum berhasil juga mengingat semua doa-doa umroh, tidak perlu khawatir. Anda bisa membekali diri dengan buku saku doa-doa umroh. Diperbolehkan bagi jemaah umroh untuk membaca doa dari buku saku umroh.

Sebaiknya jarak waktu antara mendaftar dan berangkat umroh tidak terlalu pendek karena Anda perlu mempersiapkan banyak hal sebelumnya. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama Anda melaksanakan ibadah umroh.

Namun Anda juga harus ingat, jangan memaksa diri Anda terlalu keras. Bisa-bisa, Anda malah merasa tertekan dan tidak menikmati proses persiapan umroh Anda. Selain bisa membawa pahala yang besar, menjalankan ibadah umroh bisa juga menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah haji. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda dengan matang secara mental, fisik, dan materi.

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: