Dunia Islam

Tuntunan Islam dalam Hal Berpakaian

Pakaian merupakan anugerah dari Allah yang menjadi bagian dari peradaban manusia. Manusia menemukan pakaian atas izin Allah untuk menutupi tubuh mereka. Sesuai fitrahnya, manusia memang diciptakan lebih tinggi derajatnya dibanding binatang.

Pakaian juga termasuk dalam syariat. Pun terdapat perintah dan larangan khusus bagi umat Muslim dalam berpakaian. Oleh sebab itu sudah seharusnya Muslim memperhatikan adab berpakaian dalam Islam, antara lain:

 Wajib Menutup Aurat

Adab Berpakian - tongkronganislami.net
Adab Berpakian – tongkronganislami.net

Muslim dilarang melihat atau memperlihatkan aurat kepada orang lain. Syariat mengatur hal ini untuk menutup semua celah terjadinya kerusakan. Sudah jelas disebutkan dalam surat al Araf ayat 26 bahwa fungsi pakaian adalah sebagai penutup aurat.

Mengenakan Pakaian Sederhana

Adab Berpakian - 4.bp.blogspot.com
Adab Berpakian – 4.bp.blogspot.com

Menggunakan pakaian yang jauh dari mewah dan mahal lebih disukai dalam Islam. Hal ini dapat menjauhkan manusia dari sifat sombong. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Barang siapa meninggalkan suatu pakaian dengan niat tawadu karena Allah, sementara ia sanggup mengenakannya, maka Allah akan memanggilnya pada hari kiamat di hadapan seluruh makhluk, lantas ia diperintahkan untuk memilih perhiasan iman mana saja yang ingin ia pakai.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Memulai dari Sebelah Kanan

Adab Berpakian - static.republika.co.id
Adab Berpakian – static.republika.co.id

Saat memakai pakaian, hendaknya dimulai dari sisi sebelah kanan. Hal ini telah dicontohkan oleh Rasulullah seperti yang diceritakan oleh ummul mukminin, Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam suka mendahulukan bagian kanan daripada bagian kiri ketika mengenakan sandal, bersisir, bersuci, dan dalam semua urusan yang mulia.” (muttafaqun ‘alaih)

Tidak Mengenakan Pakaian Syuhrah

Adab Berpakian - 4.bp.blogspot.com
Adab Berpakian – 4.bp.blogspot.com

Pakaian syuhrah adalah pakaian yang membuat pemakainya menjadi pusat perhatian. Bisa jadi sangat mewah, sangat mencolok baik motif dan warnanya, atau sangat berbeda dengan kebanyakan orang. Rasulullah bersabda, “Barang siapa memakai pakaian syuhrah, Allah akan memakaikan pakaian yang serupa pada hari kiamat nanti. Kemudian, dalam pakaian tersebut akan dinyalakan api neraka.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Tidak Menyerupai Orang Kafir

Adab Berpakian - 1.bp.blogspot.com
Adab Berpakian – 1.bp.blogspot.com

Menyelisihi setiap urusan orang-orang kafir adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap umat Islam. Terutama dalam perkara ibadah dan kebiasaan. Hal ini juga mencakup masalah pakaian.

Tidak Menyerupai Lawan Jenis

Adab Berpakian - percikaniman.id
Adab Berpakian – percikaniman.id

Laki-laki muslim dilarang memakai pakaian muslimah, dan wanita muslimah dilarang mengenakan pakaian laki-laki. Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah: “Allah melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita-wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Bukhari 5885). Dalam hadis lain juga disebutkan: “Allah melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita, dan wanita yang memakai pakaian laki-laki.” (HR. Abu Dawud dan Hakim).

Memanjangkan Pakaian Hingga Mata Kaki

Adab Berpakian - i.pinimg.com
Adab Berpakian – i.pinimg.com

Seorang perempuan muslim diwajibkan untuk memanjangkan pakaiannya hingga mata kaki, serta menjulurkan jilbab pada kepala sampai menutup bagian leher dan dadanya.

Adab berpakaian dalam Islam khusus wanita muslimah ini didasarkan karena keistimewaan wanita di mata Islam. Perintah ini datang langsung dari Allah sesuai firman-Nya : “Wahai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al-Ahzaab:59).

Mengamalkan Doa yang Berkaitan dengan Pakaian

Adab Berpakian - ruangmuslimah.co
Adab Berpakian – ruangmuslimah.co

Mengamalkan doa saat memakai dan melepas pakaian merupakan bentuk ketaatan dan rasa syukur manusia kepada Rabb semesta alam yang telah memberikan rezeki.  Doa yang dapat diamalkan adalah seperti yang diajarkan oleh Rasulullah agar amalan kita tidak sia-sia.

Mengamalkan adab berpakaian dalam Islam merupakan usaha kita untuk masuk ke dalam Islam secara kaffah. Semoga Allah memberi kita kemudahan untuk mengamalkan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarga, para sahabat, dan orang-orang yang mengikuti jalan-Nya hingga hari akhir nanti.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close