Islam

Luar Biasa, Inilah Keistimewaan Air Zam Zam yang Perlu Anda Tahu!

Pernah penasaran mengapa jemaah haji dan umroh membawa air zam zam sebagai oleh-oleh perjalanan ibadah mereka? Memang bukan tanpa alasan kaum muslim ingin meminum air ini. Bukan air biasa, air zam zam berasal dari sumur yang diberkahi di dekat Ka’bah.

Ukuran zam zam ini dapat mengeluarkan air dengan kecepatan 11-18,5 L per detik. Meskipun airnya diambil kemudian dibawa ke seluruh dunia oleh para jemaah haji dan umroh, sumur zam zam tidak mengalami kekeringan. Bukan hanya sumurnya, air zam zam pun memiliki banyak keistimewaan, di antaranya sebagai berikut.

Berasal dari mata air surga, paling baik di bumi

Air Zam Zam - Knowledge.wharton.upenn.edu
Air Zam Zam – Knowledge.wharton.upenn.edu

Sumur zam zam sesungguhnya merupakan mata air dari surga sehingga airnya merupakan air terbaik di muka bumi. Meskipun berbeda, air zam zam sekilas terlihat sama dengan air biasa karena tidak berwarna dan tidak berbau. Karena itu, Anda sebaiknya berhati-hati ketika membeli air zam zam di Indonesia. Banyak beredar air zam zam palsu, air tersebut tidak diimpor dari Makkah. Hati-hati, ya!

Membuat perut orang yang meminumnya kenyang

Air Zam Zam - Merdeka.com
Air Zam Zam – Merdeka.com

Meskipun hanya berupa air dan bukan makanan, air zam zam ternyata dapat membuat orang yang meminumnya merasa kenyang. Disebutkan dalam sebuah hadis, “dari Abi Thufail, dari Ibnu Abbas RA, ia berkata: saya mendengar Rasulullah bersabda, kami menyebut air Zam-Zam dengan syubaah (yang mengenyangkan). Dan kami juga mendapatkan, air Zam-Zam adalah sebaik-baik pertolongan (kebutuhan atas kemiskinan)” (HR Tabrani).

Merupakan air yang dipakai untuk mencuci dada Rasulullah saat beliau menerima wahyu kenabian

Air Zam Zam - Shutterstock
Air Zam Zam – Shutterstock

Air zam zam juga menjadi bagian penting dalam perjalanan Rasulullah untuk menerima wahyu kenabian. Saat menerima wahyu tersebut, dadanya dibelah oleh malaikat Jibril. Malaikat tersebut kemudian membersihkan dada Rasulullah dengan air zam zam yang dibawa dengan baskom emas penuh iman dan hikmah. Setelah dibersihkan, dada Rasulullah ditutup kembali, kemudian beliau dibawa ke surga pertama.

Dapat digunakan untuk kompres demam

Air Zam Zam - Manfaatkoloklincapsuleuntukkesehatan.com
Air Zam Zam – Manfaatkoloklincapsuleuntukkesehatan.com

Air zam zam memiliki manfaat tinggi. Selain bisa digunakan sebagai ‘makanan’ yang menyenangkan dan untuk melepaskan dahaga, zam zam juga dapat berfungsi sebagai penawar rasa sakit. Air ini dapat Anda gunakan untuk mengompres demam dengan cara menuangkannya ke selembar kain atau handuk kecil, kemudian menempelkan kain tersebut di dahi.

Asal-usul air zam zam

Air Zam Zam - Energy Recovery
Air Zam Zam – Energy Recovery

Keistimewaan air zam zam juga terkait dengan asal-usulnya, yaitu sekitar 4.000 tahun silam. Saat itu, kawasan Makkah masih menjadi bagian dari Gurun Sahara yang tandus, panas, dan tidak berpenghuni. Untuk memenuhi perintah Allah SWT, Nabi Ibhahim AS dan istrinya (Siti Hajar) dan putranya (kemudian menjadi Nabi Ismail AS), menetap di sana.

Ketika Nabi Ibrahim AS melakukan perjalanan meninggalkan Makkah atas perintah Allah SWT, Siti Hajar kehabisan bekal makanan dan minuman. Air susunya pun kering sehingga hidupnya dan putranya yang masih kecil terancam hidupnya. Saat itu, ia berlari-lari di antara Bukit Shafa dan Marwah untuk menemukan air sambil memohon pada Allah SWT.

Setelah tujuh kali berlari-lari kecil di antara kedua bukit tersebut, Allah SWT menjawab doa Siti Hajar. Muncul mata air di antara kedua kaki Ismail dan mata air itulah yang kemudian menjadi sumur zam zam yang tidak pernah kering.

Bertahun-tahun kemudian, Nabi Ibrahim AS kembali, lalu bersujud kepada Allah SWT dan berterima kasih atas pertolongan-Nya. Ia kemudian mendirikan Ka’bah dengan bantuan Ismail. Ka’bah tersebut ia gunakan sebagai tempatnya menyembah Allah SWT.

Dengan asal-usul yang istimewa dan merupakan karunia Allah SWT, air zam zam masih terus diberkahi sampai saat ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: