Dunia IslamFikihKeluarga

Anda Akan Kehilangan 7 Hal Ini Apabila Melalaikan Sholat Tahajud

Sholat tahajud mungkin bukan ibadah wajib, tetapi keutamaannya cukup besar. Hadis Al-Bukhori dan Muslim bahkan menyebut bahwa Nabi Muhammad SAW masih rajin melakukan sholat tahajud hingga kakinya bengkak, padahal Allah telah menjamin keselamatannya. Anda memang tidak diwajibkan sholat tahajud, tetapi Anda akan kehilangan beberapa hal jika melalaikannya.

Berikut 7 hal yang akan hilang jika Anda melalaikan sholat tahajud ;

Kesempatan Menghapus Dosa

Menghapus Dosa - static.inilah.com
Menghapus Dosa – static.inilah.com

Sholat tahajud adalah kesempatan untuk menghapus dosa-dosa serta meminta ampun kepada Allah SWT. Sholat tersebut juga bermanfaat untuk mengingatkan Anda agar tidak melakukan perbuatan dosa, bahkan dosa-dosa kecil yang sering tidak disadari. Ketika melalaikan sholat tahajud, Anda melewatkan kesempatan untuk membersihkan hati dan pikiran, sekaligus mendapat kekuatan untuk menyangkal hasrat berbuat dosa.

Kesempatan Menenangkan dan Membersihkan Pikiran

Menenangkan dan Membersihkan Pikiran - islamidia.com
Menenangkan dan Membersihkan Pikiran – islamidia.com

Sholat tahajud dilakukan pada dini hari, tepatnya sepertiga malam (sekitar pukul 03:00 dini hari). Berwudhu serta sholat pada waktu yang masih gelap dan sepi akan memberi Anda kesempatan melonggarkan pikiran, Karena tahajud mirip seperti meditasi, Anda juga bisa membersihkan pikiran negatif dan stres yang menumpuk sepanjang hari. Ketika pagi tiba, pikiran Anda bisa lebih segar dan siap menghadapi hari yang baru.

Kecantikan Lahir dan Batin

Kecantikan Lahir dan Batin - scontent.cdninstagram.com
Kecantikan Lahir dan Batin – scontent.cdninstagram.com

Sholat tahajud akan memberi keistimewaan bagi mereka yang sering melakukannya. Wajah orang yang sering tahajud biasanya lebih tenang dan menyejukkan, sehingga sedap dipandang. Selain itu Anda juga bisa mendapat bonus berupa “kecantikan” batin, yang bisa menuntun Anda untuk berbuat baik dan bersikap lebih ramah serta sabar. Jika Anda jarang tahajud, Anda akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri.

Bantuan untuk Menggapai Cita-cita

Bantuan untuk Menggapai Cita-cita - in5d.com
Bantuan untuk Menggapai Cita-cita – in5d.com

Kita harus berusaha sekaligus berdoa untuk menggapai cita-cita, dan keduanya harus dilakukan secara seimbang. Namun, ada hal-hal di luar kekuasaan manusia yang menentukan tercapainya tujuan. Dengan sholat tahajud, Anda bisa mencari berkah dari Allah SWT untuk melancarkan berbagai urusan atau memilih jalan yang tepat, sehingga cita-cita yang baik bisa tercapai.

Mankan Derita Saat Hari Kiamat dan Penghakimanering

Mankan Derita Saat Hari Kiamat dan Penghakimanering - lagioke.net
Mankan Derita Saat Hari Kiamat dan Penghakimanering – lagioke.net

Saat hari kiamat dan penghakiman tiba, tidak ada yang bisa menolong kita semua selain amal dan ibadah yang dilakukan semasa hidup. Walau Anda sudah berusaha berbuat baik dan menjaga ibadah wajib, bukan berarti Anda lepas dari derita saat hari penghakiman tiba. Sholat tahajud adalah salah satu amalan yang bisa meringankan derita tersebut, serta membantu “menambal” kekosongan di antara amalan-amalan baik.

Tubuh lebih Segar karena Latihan Pernapasan

Tubuh lebih Segar karena Latihan Pernapasan - terapiotak.com
Tubuh lebih Segar karena Latihan Pernapasan – terapiotak.com

Saat bangun di malam hari untuk sholat tahajud, Anda sebenarnya sedang latihan pernapasan sekaligus memasukkan udara segar ke dalam paru-paru. Karena udara malam cenderung lebih bersih dari udara siang, dan gerakan sholat yang teratur melibatkan pengaturan pernapasan (lebih lambat dan berirama), Anda bisa merasa lebih segar jika rajin melakukan sholat tahajud.

Tubuh Sehat karena Olah Raga Teratur

Olahraga Teratur - harianamanah.com
Olahraga Teratur – harianamanah.com

Sholat tahajud menuntut Anda untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu setiap malam, sebagai tambahan dari sholat wajib. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan sendi, karena selalu bergerak (terutama jika Anda sering duduk berjam-jam). Dengan rajin sholat tahajud, Anda sudah menggerakkan tubuh secara teratur, sehingga bisa mendapat manfaat kesehatan ekstra, bahkan saat masih sepertiga malam.

Ketujuh manfaat ini bisa Anda peroleh jika rajin sholat tahajud. Bayangkan betapa besar kerugiannya jika Anda melewatkan sholat ini! Bagikan artikel ini kepada orang-orang tercinta agar mereka juga bisa mendapat manfaat, dan segera terapkan sholat tahajud di dalam keseharian Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close