Umroh

Ini Jurus Anti gagal Berangkat Umroh Yang Perlu Anda Ketahui

Akhir-akhir ini kabar calon jamaah yang gagal berangkat umroh sering kita dengar. Kejadian terakhir bahkan terdapat travel besar yang terbukti menggunakan uang calon jamaah untuk kepentingan pribadi. Tentu ini menjadi hal terburuk yang seharusnya tidak dialami oleh puluhan ribu calon jamaah umroh tersebut.

Fakta berikut ini adalah yang sering terjadi di beberapa travel biro umroh:

  • Banyak orang berbondong-bondong mendaftar ibadah umroh karena tergiur harganya yang murah. Dengan tawaran harga hanya sekitar Rp14 juta, masyarakat pun tertarik bergabung dengan agen travel ini.
  • Namun kemudian yang terjadi, calon jamaah gagal berangkat. Bila rata-rata harga perjalanan ibadah umroh termurah sekitar Rp17 juta, Anda perlu curiga bila ada tawaran umroh dengan biaya cukup jauh di bawah itu.

Nah, agar kegagalan berangkat umroh ini tidak terjadi pada Anda, Anda harus ekstra hati-hati saat menentukan travel umroh. Namun perlu diketahui juga bahwa penyebab kegagalan keberangkatan calon jamaah umroh, bisa datang dari faktor internal maupun faktor eksternal dari agen travel umroh.

Faktor eksternal ini merupakan faktor-faktor yang terjadi di luar kemampuan agen travel umroh, misalnya penundaan penerbangan dari pihak maskapai atau visa umroh yang tidak keluar.

Berikut ini jurus yang bisa Anda terapkan, agar Anda tidak gagal berangkat umroh.

Menabung dalam Tabungan Rencana Bank

Anti Gagal berangkat umroh - bankwoorisaudara.com
Anti Gagal berangkat umroh – bankwoorisaudara.com

Bila Anda ingin berumroh, menabung dalam rekening tabungan rencana berjangka di bank umum ataupun Syariah bisa menjadi solusi. Dengan tabungan ini, Bank secara otomatis menarik dana dari tabungan Anda pada tanggal tertentu setiap bulannya. Imbal hasil dari tabungan berjangka pun, lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa.

Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan tabungan rencana ini. Bahkan di beberapa Bank Syariah, seperti Bank Muamalat, atau Bank Syariah Mandiri, Anda bisa menabung khusus untuk keperluan ibadah umroh.

Menabung di Deposito Syariah

Anti Gagal berangkat umroh - infoperbankan.com
Anti Gagal berangkat umroh – infoperbankan.com

Tidak berbeda dengan menabung di tabungan berjangka, uang pokok Anda di sini lebih aman karena dana dan bunga tidak berkurang. Dana Anda dijamin oleh pemerintah, dalam batas di bawah dua miliar serta bunganya di bawah nilai ketetapan oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Menabung di Reksadana Syariah

Anti Gagal berangkat umroh - akucintakeuangansyariah.com
Anti Gagal berangkat umroh – akucintakeuangansyariah.com

Anda ingin menabung sekaligus berinvestasi? Dengan membeli produk reksadana dari perusahaan manajer investasi, Anda pun bisa menabung serta berinvestasi. Apalagi pembelian saham reksadana bisa dilakukan secara online. Namun ingat bahwa bila reksadana berbasis pasar saham, pokok simpanan Anda akan terpengaruh oleh naik turunnya harga saham. Jadi alternatif ini sebaiknya dilakukan bagi Anda yang telah memahami masalah investasi reksadana.

Memanfaatkan Pinjaman KTA Syariah

Anti Gagal berangkat umroh - amazonaws.com
Anti Gagal berangkat umroh – amazonaws.com

Bank Syariah memberikan pinjaman tanpa agunan atau KTA. KTA ini bisa Anda manfaatkan bila biaya umroh mengalami kenaikan dan tabungan Anda menjadi kurang mencukupi. Pinjaman tanpa agunan ini lebih cocok ditujukan bagi Anda yang memiliki penghasilan tetap.

Menabung dalam Dolar

Anti Gagal berangkat umroh - marketwatch.com
Anti Gagal berangkat umroh – marketwatch.com

Menabung dalam dolar bisa menjadi investasi yang menguntungkan bagi Anda. Meskipun bunga tabungan dalam dolar lebih rendah daripada tabungan rupiah, namun Anda akan mendapatkan keuntungan. Saat melakukan perjalanan ibadah umroh ke tanah suci, mata uang dolar lebih mudah digunakan saat bertransaksi. Selain itu daya beli mata uang dolar, juga cenderung lebih stabil dibandingkan mata uang lain.

 

Nah itulah beberapa jurus antigagal agar Anda tidak mengalami gagal berangkat umroh.Anda bisa juga mencoba untuk menabung di perusahaan umroh, namun dengan catatan agen travel umroh tersebut benar-benar tepercaya. Selamat mencoba!

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: