Dunia Islam

Yuk, Belajar Sholat dengan Aplikasi Tuntunan Sholat!

Di era digital seperti saat ini, media pembelajaran paling efektif adalah yang berbasis teknologi, seperti Android dan iOS. Teknologi komunikasi tersebut telah memanjakan masyarakat modern dengan beragam aplikasi, yang tidak hanya bermanfaat tetapi juga sangat memudahkan. Dengan kehadirannya, Anda bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

Nah, bagi Anda yang tengah berniat untuk mempelajari agama Islam lebih mendalam, atau Anda tengah mengajari sang buah hati tentang agama dan seluk beluknya, salah satu aplikasi yang wajib dimiliki adalah aplikasi tuntunan sholat. Karena bagaimanapun, sholat adalah tiang agama, salah satu unsur penting dalam agama Islam yang tidak boleh dilewatkan.

Berikut beberapa aplikasi tuntunan sholat yang direkomendasikan.

Aplikasi Tuntunan Sholat Lengkap

Aplikasi Tuntunan Sholat - Workfast.com.au
Aplikasi Tuntunan Sholat – Workfast.com.au

Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang baru belajar atau ingin mempelajari lebih jauh tentang sholat. Isinya pun sangat lengkap, mulai dari tata cara wudu, tata cara sholat –termasuk juga posisi sholat, macam-macam sholat sunnah, surat-surat pendek, kumpulan doa dan dzikir, hingga hadis-hadis tentang sholat.

Aplikasi Panduan Sholat Lengkap

Aplikasi Tuntunan Sholat - Shutterstock
Aplikasi Tuntunan Sholat – Shutterstock

Tak jauh berbeda dengan aplikasi tuntunan sholat lengkap, aplikasi panduan sholat lengkap juga berisi tata cara melakukan ibadah sholat yang benar beserta segala hal yang masih berkaitan dengannya. Misalnya, rukun sholat, sholat jamak dan qasar, doa iftitah, bacaan ayat kursi, serta video panduan sholat yang langsung dari channel YouTube.

Dengan aplikasi ini, Anda akan dibimbing untuk belajar sholat mulai dari gerakan-gerakannya, niat, hingga bacaan-bacaan dalam sholat. Pemaparannya pun sangat lengkap dan detail, baik berupa gambar, nama posisi atau gerakan, beserta bacaannya dalam bahasa latin dan arab. Uniknya lagi, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mendengarkan bacaan sholat tersebut melalui fitur audio. Cukup dengan menekan tombol Play, maka akan terdengar suara orang yang tengah membaca bacaan atau doa tersebut.

Lebih dari itu, aplikasi sebesar 4.3 MB ini juga memuat panduan zikir dan doa setelah sholat, dan panduan sholat Jumat lengkap beserta segala pertanyaan dan hadis-hadis tentangnya. Mengingat aplikasi ini tidak hanya berupa teks (bahasa Indonesia maupun bahasa Arab), tetapi juga terdiri dari gambar, audio dan video, tak heran jika aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna android. Apalagi, aplikasi ini bisa digunakan pada semua perangkat android, minimal android versi 2.1. Aplikasi ini sangat direkomendasikan, dan cocok untuk semua usia dan kalangan.

Aplikasi Belajar Sholat

Aplikasi Tuntunan Sholat - Shutterstock
Aplikasi Tuntunan Sholat – Shutterstock

Hampir serupa dengan aplikasi panduan sholat lengkap yang berisi fitur audio, aplikasi ini juga menambahkan fitur suara atau mp3 pada bacaan-bacaan sholat, zikir dan doa, serta surat-surat pendek. Bedanya, pada aplikasi ini ditambahkan pula arti dari bacaan atau doa tersebut, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Sangat cocok bagi anak-anak bilingual yang tengah belajar sholat.

Aplikasi Bacaan Sholat Lengkap

Aplikasi Tuntunan Sholat - Julysystems.com
Aplikasi Tuntunan Sholat – Julysystems.com

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang memfokuskan diri untuk membantu orang belajar bacaan sholat. Mulai dari sholat fardhu, sholat sunnah, hingga sholat gaib atau jenazah. Namun meski demikian, terdapat juga materi lain dalam aplikasi ini, seperti panduan berwudu, bab azan dan iqomah, doa-doa sholat sunnah, beserta rukun Islam dan iman.

Aplikasi Tuntunan Sholat Sunnah

Aplikasi Tuntunan Sholat - English.alarabiya.net
Aplikasi Tuntunan Sholat – English.alarabiya.net

Nah, bagi Anda yang tengah berusaha mengoptimalkan ibadah sholat dengan ibadah-ibadah sunnah, aplikasi ini dijamin akan sangat membantu Anda. Melalui aplikasi ini, Anda bisa belajar segala hal yang berkaitan dengan sholat-sholat sunnah. Mulai dari niat, tata cara pelaksanaan, bacaan, hingga doa-doanya. Tersedia beberapa fitur sholat sunnah, seperti sholat tasbih, sholat rawatib, sholat taubat, sholat tahajjud, sholat duha, sholat khifdi, dan sholat sunnah lainnya.

Nah, itulah beberapa aplikasi tuntunan sholat yang bisa Anda gunakan dalam proses belajar. Agar belajar Anda juga lebih optimal, ada baiknya jika Anda juga didampingi oleh guru pembimbing atau ustaz, ya. Selamat belajar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: