Umroh

Inilah 7 Hal yang Harus Anda Waspadai Sebelum Ikutan Arisan Umroh

Akhir-akhir ini banyak terjadi kasus penipuan di kalangan masyarakat tentang arisan umroh, dengan menggunakan iming-iming umroh dengan dana murah. Meskipun himbauan dari pemerintah melalui media massa sudah banyak beredar, namun masyarakat masih sering terkecoh.

Kasus ini biasanya berupa penipuan yang menggunakan gambar tokoh ternama, yang sengaja dipasang dalam poster arisan pemberangkatan umroh. Pernah terjadi uang yang dikumpulkan, diinvestasikan pada pihak ketiga untuk usaha pribadi pelaku modus arisan umroh. Lalu peserta arisan didaftarkan pada program talangan haji di sebuah bank swasta. Dana tersebut dipergunakan tanpa akad dengan pihak peserta arisan.

Seharusnya kasus-kasus seperti ini, harus diantisipasi oleh masyarakat dengan menyadarinya sebagai sebuah bentuk penipuan. Sebuah lembaga atau perbankan yang benar, tentu tidak mungkin mengadakan arisan atau pemberangkatan umroh dengan dana yang minim.

Pemerintah pun melalui Kementerian Agama telah berupaya melakukan sosialiasi, untuk dapat mencegah adanya korban modus penipuan arisan umroh dan biro perjalanan murah tersebut. Lalu bagaimana cara mewaspadai bila Anda ingin ikut dalam arisan umroh tersebut?

Sudah menjadi kewajiban bagi Anda sebelum berpartisipasi dalam arisan umroh murah, untuk memerhatikan 5 hal yang harus dipenuhi oleh sebuah arisan umroh yang tidak berkedok penipuan.

Memastikan Travel atau Penyelenggara Umroh Berizin

Arisan Umroh - Autopilot.dk
Arisan Umroh – Autopilot.dk

Hal utama yang harus Anda ketahui adalah apakah travel atau penyelenggara umroh tersebut telah berizin. Anda patut curiga bila jelas travel atau lembaga tersebut tidak jelas keberadaannya dan tidak berizin.

Memastikan Harga dan Paket Perjalanan Umroh yang Wajar

Arisan Umroh - Forbes
Arisan Umroh – Forbes

Bila ada agen perjalanan umroh yang menawarkan arisan umroh dengan harga yang sangat murah, jangan langsung percaya. Cek kembali kebenarannya untuk menghindari modus arisan tipu-tipu.

Membandingkan antara Satu biro dengan Biro Lain

Arisan Umroh - VideoBlocks
Arisan Umroh – VideoBlocks

Jangan lupa sebelum memutuskan mengikuti arisan umroh di sebuah agen travel, bandingkan terlebih dahulu harga yang ditawarkan oleh biro lain. Ini agar Anda bisa mendapatkan informasi harga yang tidak muluk-muluk.

Memilih Travel Haji dan Umrah Berdasarkan Himbauan yang Telah Disebarkan di Media Massa

Arisan Umroh - IStock
Arisan Umroh – IStock

Banyak media online maupun offline yang menghimbau travel haji dan umroh yang bagus dan direkomendasikan oleh jemaah. Dengan demikian Anda terhindar memilih travel umroh abal-abal yang menawarkan iming-iming arisan murah.

Memastikan Penyiapan Visa Keberangkatan Jauh Hari sebelum Hari-H

Arisan Umroh - Alhijaz-Indowisata.com
Arisan Umroh – Alhijaz-Indowisata.com

Tidak dapat dimungkiri, visa jelas menjadi syarat yang tidak dapat dilewatkan, karena tanpa visa dipastikan Anda batal berangkat. Jadi pastikan visa Anda nantinya diurus dengan baik oleh agen travel umroh yang menawarkan arisan umroh tersebut.

Menanyakan Segala Informasi terkait Waktu Keberangkatan, Pesawat, serta Hotel di Tanah Suci

Arisan Umroh - AirAsia
Arisan Umroh – AirAsia

Jangan meremehkan informasi terkait penetapan waktu keberangkatan pada biro penyelenggaraumroh. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang jelas terkait data saat berkumpul, pesawat, dan kota tujuan saat mendarat di Arab Saudi. Selain itu pastikan juga hotel tempat menginap selama di Tanah Suci.

Memerhatikan Biro Terdaftar yang Sudah Tercantum di Kemenag dengan Mengakses Langsung di Situs Resmi

http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu,

Arisan Umroh - IStock
Arisan Umroh – IStock

Pemerintah melalui Kemenag telah menyediakan informasi terkait biro yang telah terdaftar di situs resminya. Bila Anda tertarik pada salah satu tawaran arisan umroh murah, pastikan travel agen tersebut telah ada dalam daftar tersebut.

Nah, setelah mewaspadai ketujuh hal di atas, para jemaah diharapkan terhindar dari modus penipuan arisan umroh yang tidak bertanggung jawab. Terlebih para pelaku ini menggunakan pola yang diterapkan dengan memberikan kesan seolah hendak membantu semua orang yang hendak berangkat umroh ke tanah suci. Anda tidak lagi tertarik dengan tawaran yang memberi kesan umroh murah dan ringan angsurannya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: