Dunia Islam

Galau Menikah? Cobalah Membaca Ayat Tentang Pernikahan untuk Menguatkan Tekad

Dilihat dari segi mana pun, pernikahan merupakan hal yang suci dan sakral. Dalam beberapa ayat tentang pernikahan telah dijelaskan bahwa menikah berarti menyempurnakan separuh agama. Meskipun bukan merupakan sesuatu yang diwajibkan, namun Islam menekankan pentingnya pernikahan.

Mengapa demikian? Hal itu karena agama kita memahami soal kebutuhan fitrah manusia. Selain untuk memenuhi kebutuhan seksual, pernikahan juga penting untuk berketurunan. Dalam ajaran Islam, salah satu amalan jariyah yang tidak putus pahalanya adalah doa anak saleh kepada orang tuanya. Tanpa menikah, kita tidak bisa mendapatkan hal tersebut.

Jika masih galau untuk menikah, membaca ayat tentang pernikahan berikut ini mungkin bisa membulatkan tekad Anda.

Q.S. An-Nur Ayat 32

Ayat Pernikahan - 1.bp.blogspot.com
Ayat Pernikahan – 1.bp.blogspot.com

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan anak-anak kita untuk menikah, antara laki-laki dan perempuan. Jika harta dan biaya menjadi penghalang, Allah SWT telah menjamin dengan karunia-Nya.

Q.S. Ar-Rum Ayat 21

Ayat Pernikahan - Ayat Pernikahan - 1.bp.blogspot.com
Ayat Pernikahan – Ayat Pernikahan – 1.bp.blogspot.com

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”

Ayat tentang pernikahan di atas menjelaskan tentang suasana kedamaian hati setelah menikah. Kita bisa merasa tenteram atas keberadaan pasangan, dan merupakan salah satu tanda-tanda kasih sayang dari Allah SWT.

Q.S. Al-Baqarah Ayat 187

Ayat Pernikahan - pbs.twimg.com
Ayat Pernikahan – pbs.twimg.com

هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ

Artinya: “…Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka.”

Ayat Alquran tersebut menjelaskan bahwa suami-istri merupakan pelindung bagi satu sama lain, yang diibaratkan seperti pakaian. Dari sini kita bisa melihat salah satu hikmah pernikahan adalah kekurangan yang kita miliki akan ditutupi oleh pasangan, begitu pula sebaiknya.

Q.S. An-Nisa Ayat 3

Ayat Pernikahan - alfakhriyyah.files.wordpress.com
Ayat Pernikahan – alfakhriyyah.files.wordpress.com

وَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تُقْسِطُوا فِي الْيَتَامَىٰ فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَلَّا تَعُولُو

Artinya: Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.”

Bagi laki-laki yang ingin menikahi lebih dari satu perempuan, ada baiknya untuk merenungi ayat tentang pernikahan di atas. Dalam Islam, poligami memang diperbolehkan, namun ada pula kewajiban untuk berlaku adil. Allah SWT menganjurkan bagi kita untuk menikah, tanpa berbuat aniaya kepada yang lain.

Dari ayat tentang pernikahan di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa menikah adalah perintah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam agama Islam. Bahkan, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Hibbah, dan Hakim, dijelaskan bahwa salah satu dari 3 golongan yang berhak ditolong oleh Allah SWT adalah orang yang menikah karena ingin menjauhkan diri dari yang haram.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close