Dunia Islam

Barang-Barang Peninggalan Rasulullah di Mekah dan Madinah, Apa Sajakah Itu?

Lahir di kota Mekah, pada tanggal 12 Rabi’ul Awal 55 Hijriyah, atau sama dengan 20 April 570 Masehi, Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir bagi seluruh umat di dunia. Setelah menjalani perjuangan dalam berdakwah selama 63 tahun masa hidupnya, beliau pun wafat di kota Madinah pada tanggal 8 Juni 632 Masehi, atau setelah 11 tahun masa hijrah.

Pasca wafatnya beliau, Rasulullah SAW tidak hanya meninggalkan ajaran agama Islam kepada umatnya, tapi juga beberapa benda bersejarah yang digunakan selama beliau masih hidup. Barang-barang tersebut pun masih disimpan rapi oleh pemerintah Arab Saudi di Mekah dan Madinah. Benda-benda bersejarah milik Rasulullah disimpan bukan karena ada maksud tertentu, selain mengingatkan kepada kita akan perjuangan beliau menyebarkan agama Islam.

Lalu, apa saja barang-barang peninggalan Rasulullah di Mekah dan Madinah?

Peninggalan Rasulullah SAW di Kota Mekah

Peninggalan Rasulullah - Sayidaty.net
Peninggalan Rasulullah – Sayidaty.net

Kota Mekah adalah tempat kelahiran nabi Muhammad SAW. Beliau menghabiskan sekitar 52 tahun masa hidupnya di kota tersebut. Rasulullah meninggalkan beberapa situs bersejarah selama 11 tahun masa kenabian yang dijalani di kota Mekah, setelah pertama kali menerima wahyu pada usia 40 tahun. Berikut ini adalah beberapa barang peninggalan Rasulullah di Mekah:

  • Makam Rasulullah SAW

Sampai pada beberapa tahun belakangan, makam Rasulullah SAW masih dipelihara dengan baik oleh pemerintah Arab Saudi. Hal tersebut dilakukan tanpa ada tujuan tertentu, melainkan untuk mengenang kemuliaan beliau semasa hidupnya. Banyak jemaah haji dan umrah yang datang ke makam Rasul untuk berziarah dan napak tilas perjalanan kenabian beliau.

  • Rumah Rasulullah SAW

Bangunan selanjutnya yang menjadi bukti sejarah penting bagi umat Islam adalah rumah Rasulullah SAW. Situs ini adalah tempat tinggal nabi Muhammad bersama keluarganya di kota Mekah.

  • Rumah Siti Khadijah

Meski bukan menjadi bangunan yang didirikan oleh beliau, rumah Siti Khadijah memiliki peranan penting dalam perjalanan hidup Rasulullah SAW. Di sini, beliau menghabiskan masa pernikahannya bersama Siti Khadijah, sebelum Khadijah wafat setelah menikah dengan Rasulullah selama 25 tahun.

Peninggalan Rasulullah di Kota Madinah

Peninggalan Rasulullah - ThoughtCo
Peninggalan Rasulullah – ThoughtCo

Setelah 11 tahun masa kenabian, Rasulullah SAW dan para sahabat hijrah ke kota Madinah untuk menyebarkan agama Islam. Hal tersebut juga dilakukan karena ancaman dari kaum kafir dan pemuka suku Quraisy di Mekah semakin gencar dilakukan. Selama tinggal di Madinah, Rasulullah SAW juga mewariskan beberapa peninggalan yang penting dalam sejarah umat Islam:

  • Masjid Nabawi

Sebelum diubah menjadi sebuah tempat ibadah, masjid Nabawi dulunya merupakan rumah tinggal Rasulullah di Madinah. Menurut sejarahnya, Masjid Nabawi merupakan masjid ke-3 yang dibangun di dunia, dan sampai saat ini menjadi salah satu tempat beribadah umat Islam terbesar di dunia.

  • Sumur Peninggalan Rasulullah

Di Madinah, terdapat beberapa sumur peninggalan nabi Muhammad SAW yang dulu digunakan sebagai sumber air selama beliau tinggal di sana. Sayangnya, kebanyakan dari sumur tersebut tidak terawat dan dibiarkan terbengkalai.

Barang-barang peninggalan Rasulullah SAW sebenarnya tidak hanya tentang situs bersejarah. Ada juga beberapa koleksi pribadi beliau yang disimpan di Museum Topkapi di Turki.

Di antara peninggalan tersebut adalah gamis yang digunakan oleh nabi Muhammad SAW. Jubah beliau tampak begitu sederhana, dan sudah tampak lusuh serta sobek di sana-sini. Ada juga cetakan telapak kaki yang dipercaya milik Rasulullah, helaian rambut beliau, gigi, sandal, busur dan panah, serta topi perang.

Dengan mengetahui beberapa peninggalan bersejarah Rasulullah SAW, kita bisa semakin mempelajari kisah-kisah hidup beliau dalam menyebarkan ajaran Islam. Teladan yang tampak dari benda-benda tersebut juga menunjukkan betapa sederhananya gaya hidup Rasulullah, meskipun beliau adalah seorang kekasih Allah SWT.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close