Dunia IslamKeluarga

Ingin Mencoba Bekam? Ketahui Seluk-Beluknya

Bekam merupakan teknik pengobatan dengan mengeluarkan darah yang mengandung toksin dari dalam tubuh. Metode ini digunakan sejak zaman Kerajaan Sumeria. Kemudian, dikembangkan oleh Saba, Persia, Babilonia, dan Mesir Kuno. Saat itu, alat bekamnya menggunakan tanduk sapi, tulang unta, atau gading gajah.

Pengobatan Bekam Menurut Islam

Pengobatan Bekam Menurut Islam - farm4.static.flickr.com
Pengobatan Bekam Menurut Islam – farm4.static.flickr.com

Berdasarkan Bahasa Arab, bekam disebut al-hijamah. Rasulullah SAW pernah melakukan teknik pengobatan ini dengan memakai mata pisau dan tulang tanduk. Ketika itu, Abu Hindun yang mengobati Rasulullah SAW.

Bekam bisa dilakukan di beberapa bagian, seperti pundak, pelipis, dan leher. Saat proses tersebut berlangsung, aliran chi dalam tubuh akan mengalir lancar. Energi negatif pun terbuang sehingga badan terasa lebih ringan.

Pengobatan dengan cara bekam sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini tertuang melalui sabda Beliau yang berbunyi :

“Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah al-hijamah.” (HR. Ahmad)

Kemudian diriwayatkan pula oleh Said bin Jubair RA dari Ibnu Abbas RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara : minum madu, sayatan pisau bekam, dan sundutan besi panas, dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhari, diriwayatkan juga oleh Ibnu Majah, Ahmad, dan Al-Bazzar)

Bagaimana Cara Bekam yang Tepat?

Bagaimana Cara Bekam - jakartanotebook.com
Bagaimana Cara Bekam – jakartanotebook.com

Ada dua teknik bekam yang biasa digunakan dalam dunia kesehatan, yaitu bekam kering dan basah. Untuk melakukan bekam kering, bisa memakai pompa karet atau gelas vakum. Alat tersebut diletakkan di bagian tubuh tertentu dengan cara memompanya sebanyak 3-5 kali. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Lambat laun, kulit tampak merah dan timbul ke atas. Pori-porinya pun terlihat jelas. Setelah 5 menit, lepaskan gelas vakum dari tubuh. Jika ingin melanjutkan dengan bekam basah, berikan sayatan kecil di bekas bekam. Lalu, sedot darah di sayatan tersebut menggunakan alat bekam. Kalau sudah selesai, oleskan salep antibiotik untuk mencegah infeksi.

Apakah Ada Efek Sampingnya?

Efek Samping Bekam - royalgazette.com
Efek Samping Bekam – royalgazette.com

Teknik pengobatan dengan cara bekam harus dilakukan oleh ahlinya supaya aman. Meski begitu, efek samping tetap dirasakan oleh pasien bekam. Dalam beberapa hari, biasanya badan lelah atau kurang nyaman. Kulit yang dibekam pun terasa panas dan perih. Mungkin, pun muncul memar di bagian tertentu.

Namun, Anda tak perlu cemas dengan efek sampingnya. Gejala-gejala tersebut justru menandakan, pengobatan bekam mampu mengeluarkan penyakit dari dalam tubuh. Bekas bekam ini akan menghilang dalam waktu 3-7 hari.

3 Manfaat Bekam bagi Tubuh

Teknik bekam mungkin terlihat menyakitkan. Namun, manfaat yang diberikan sangat banyak. Berikut ini ada tiga manfaat utama dari pengobatan bekam.

Mengeluarkan Racun

Mengeluarkan Racun - 2.bp.blogspot.com
Mengeluarkan Racun – 2.bp.blogspot.com

Saat bekam, sebagian darah kotor keluar melalui pori-pori kulit. Proses ini membantu proses detoksifikasi yang dilakukan oleh ginjal dan hati. Menurut Thomas W. Anderson, terapi bekam membawa efek positif bagi penderita asma, alergi, dan darah tinggi. Hal ini membuktikan bahwa, racun dalam tubuh seseorang akan berkurang secara bertahap jika melakukan bekam.

Mengobati Sakit Kepala

Mengobati Sakit Kepala - acnease.com
Mengobati Sakit Kepala – acnease.com

Anda pernah merasakan sakit kepala sebelah? Tentu penyakit ini sangat mengganggu aktivitas, terutama jika mengandalkan otak dalam bekerja. Nah, teknik bekam bisa mengurangi efek sakit kepala. Biasanya, bekam dilakukan pada bagian pelipis atau beberapa titik yang terasa sakit.

Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh

Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh -3-us-west-2.amazonaws.com
Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh -3-us-west-2.amazonaws.com

Terapi bekam adalah salah satu cara menjaga kestabilan metabolisme dalam tubuh. Jika toksin dikeluarkan, proses penyerapan nutrisi lebih optimal. Dengan demikian, stamina Anda tetap terjaga.

Demikian ulasan mengenai terapi bekam, hukumnya menurut Islam, serta manfaat bagi kesehatan. Semoga bisa dijadikan rujukan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close