Dunia Islam

Benarkah Nabi Ibrahim Dikuburkan di Maqam Ibrahim?

Selama ini kita sering mendengar kabar yang menyebutkan bahwa makam Nabi Ibrahim berada di Masjidil Haram, yakni Maqam Ibrahim di dekat Ka’bah. Itu loh, bangunan kecil yang sering kita lihat di area sekitar bangunan Ka’bah. Apakah benar seperti itu? Yuk kita cari kebenarannya dengan membaca fakta-faktanya berikut ini.

Maqam Ibrahim merupakan sebuah prasasti berbentuk kotak yang terbuat dari logam besi dengan dua lubang berada atasnya. Prasasti tersebut berwarna menyerupai warna perunggu yang agak kehitam-hitaman, dan memiliki lubang berbentuk pahatan yang mengikuti bentuk dari kedua jejak kaki Nabi Ibrahim. Jadi, Maqam Ibrahim itu sebenarnya bukanlah makam tempat dikuburkannya Nabi Ibrahim, melainkan sebuah prasasti yang menandakan tempat berpijaknya Nabi Ibrahim ketika membangun Ka’bah bersama Putranya, Nabi Ismail.

Saat ini, Maqam Ibrahim diletakkan di depan Ka’bah dalam sebuah bangunan menyerupai rumah kaca yang kecil, adapun rumah kaca sengaja dibuat untuk melindungi prasasti dari kerusakan. Siapa pun yang berthawaf di dekat Ka’bah, ia akan bisa melihat dengan jelas bangunan dan isi dari Maqam Ibrahim. Namun saat musim haji, tentu bukanlah perkara mudah untuk bisa berlama-lama melihatnya. Selain dijaga oleh petugas, terdapat juga larangan di sana untuk tidak berdoa di depan Maqam Ibrahim.

Alasannya, jika banyak yang berdoa di depan Maqam Ibrahim nanti dikhawatirkan dapat mengandung penyembahan dan penghormatan yang berlebihan pada prasasti tersebut. Tidak heran jika Askar di sana selalu menghalau siapa saja jamaah yang terlihat berdoa di depan Maqam. Petugas biasanya akan memberikan peringatan, jika Maqam Ibrahim ini hanya sebatas untuk dilihat dan tidak untuk disembah.

Kalau begitu, di mana makam Nabi Ibrahim yang sebenarnya berada ya?
Makam Nabi Ibrahim yang sebenarnya terdapat di kota Hebron, Palestina. Nama ini kota ini diambil dari bahasa Ibrani, dan jika diterjemahkan ke dalam bahasa Arab maka artinya adalah Al-Khalil, yakni gelar yang diberikan untuk Nabi Ibrahim as. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Palestina. Berlokasi di Tepi Barat, kota ini berada sekitar 30 kilometer di selatan Yerusalem.

Makam Nabi Ibrahim ini berada di dalam sebuah gua yang bernama Makhpela atau Machpelah atau Makfilah yang berarti sebagai gua para leluhur. Di dalamnya tidak hanya terdapat makam Nabi Ibrahim saja, tapi juga terdapat makam Nabi lainnya, yakni Nabi Ishak (Putra Nabi Ibrahim dengan Siti Sarah), dan juga makam Nabi Ya’kub (Putra Nabi Ishak). Karena itulah, kaum Yahudi juga menganggap suci kota dan tempat ini. Di atas gua tersebut dibangun juga sebuah bangunan yang menyerupai masjid sebagai penanda dan disebut sebagai masjid Ibrahim.

Di zaman kenabian Nabi Isa as. di sekeliling kawasan pemakaman ini dibangunkan sebuah tembok dan diberi nama Kampung Rumah Ibrahim Al-Khalil. Tidak salah memang bila kota Hebron ini sejak dahulu sudah dikenal sebagai Kota Tiga Nabi, yakni Nabi Ibrahim, Nabi Ishak, dan Nabi Ya’kub.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, maka dapat dibuktikan mengenai anggapan bahwa Maqam Ibrahim merupakan makam atau tempat dikuburkannya Nabi Ibrahim as. adalah hal yang tidak benar dan tidak ada dalil yang menyebut demikian.

Demikianlah artikel singkat mengenai di mana sebenarnya makam Nabi Ibrahim. Sekarang sudah tahu kan mana yang benar? Jadi jangan salah lagi ya. Yuk share ke teman kamu, biar semua tahu dan bisa tambah ilmu. Sekian dan terima kasih.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
%d bloggers like this: