Dunia Islam

Berangkat Umroh di Bulan Januari

Umroh adalah ritual ibadah (bagi umat muslim) yang dilaksanakan di Mekkah, sering pula disebut sebagai haji kecil. Namun, tidak seperti ibadah haji yang dilaksanakan pada bulan Zulhijah, umroh bisa dilakukan tanpa terbatas waktu, Anda bisa langsung melakukan umroh Januari misalnya.

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menunaikan umroh Januari. Berikut uraiannya:

Cocok untuk Dilaksanakan Bersama Keluarga

Umroh Januari - Viajejet.com
Umroh Januari – Viajejet.com

Umroh di bulan Januari atau biasa disebut umroh awal tahun termasuk low season. Low season sendiri bermakna sepi pengunjung, karena telah melewati musim liburan anak sekolah maupun liburan akhir tahun.
Tidak banyak jemaah imroh yang datang ke Tanah suci pada bulan Januari. Berhubung suasananya yang jauh lebih tenang dan nyaman, umroh pada bulan Januari pun sangat cocok dilaksanakan bersama keluarga.

Lebih Leluasa dalam Beribadah dan Mengunjungi Tempat-Tempat Mustajab

Umroh Januari - Muslim Travel Girl
Umroh Januari – Muslim Travel Girl

Saat menunaikan ibadah umroh pada peak season, tentu Anda harus berdesak-desakan dalam mengunjungi tempat-tempat mustajab, seperti Maqom Ibrahim, Hijir Ismail, Multazam, dan lain-lain. Padahal, rasanya ingin lebih lama berada di sana dan memanjatkan doa pada Allah Swt.

Berbeda ketika Anda menunaikan ibadah umroh pada bulan Januari, Anda akan lebih leluasa dalam mengunjungi tempat-tempat tersebut, memohon ampun serta memanjatkan doa. Pun ketika Anda ingin beribadah salat lima waktu di Masjidil Haram (Mekkah) atau Masjib Nabawi (Madinah), Anda tidak akan terlalu berdesak-desakan saat menuju tempat wudu maupun masuk ke dalam area masjid.

Persiapan Fisik dan Mental Tidak Terlalu Berat

Umroh Januari - Heimsath.com
Umroh Januari – Heimsath.com

Dengan cuaca dan suhu yang jauh lebih dingin saat bulan Januari, melakukan ibadah umroh pada awal tahun tidak terlalu membebani tubuh. Jika Anda mengajak anggota keluarga yang sudah berusia lanjut, umroh pada awal bulan Januari akan lebih nyaman untuk beliau dan Anda sekeluarga.

Memiliki Uang Lebih Untuk Berlibur Ke Daerah Lain

Umroh Januari - Quficreative.com
Umroh Januari – Quficreative.com

Karena termasuk low season, biaya yang ditawarkan untuk perjalanan umroh Januari jauh lebih murah dibandingkan saat Ramadan atau musim haji pada bulan uZlhijjah. Bahkan, harga penginapan, hotel dan apartemen yang dekat dengan Kakbah akan jauh lebih terjangkau bila dibandingkan saat musim Haji, Anda pun bisa menyisihkan uang untuk mengunjungi daerah lain di Arab Saudi atau bahkan mampir ke Turki untuk liburan bersama keluarga.

Memperkuat Iman dan Hubungan dengan Keluarga

Umroh Januari - Johnny Greig
Umroh Januari – Johnny Greig

Dengan Umroh, kita hanya mengenakan sehelai kain menghadap kepada-Nya, kemudian meresapi bahwa kita tidak berdaya dihadapan-Nya. Jika seluruh anggota keluarga mengikuti umroh pada bulan Januari yang cenderung lebih sepi, Insyaallah akan lebih khusyuk dalam melaksanakannya.. Melalui ibadah umroh, Anda dapat memperkuat hubungan dengan keluarga dalam memenuhi kewajiban kepada Allah Swt..

Jika Anda sudah siap secara finansial maupun fisik, tidak perlu ragu lagi untuk berangkat umroh, khususnya pada bulan Januari tahun depan. Namun, sebelum berangkat, persiapkan perbekalan dan perlengkapan selama umroh. Meskipun suhu dan cuaca jauh lebih bersahabat, ada baiknya Anda mempersiapkan pakaian hangat untuk keluarga. Pastikan untuk membawa buku do’a saku, Al-Quran kecil, dan juga obat-obatan Indonesia yang cocok dengan keluarga.

Adapun jatah bagasi yang Anda dapatkan untuk perjalanan umroh adalah 25 kg, termasuk jatah 10 liter air zam-zam untuk setiap jemaah. Karena itu, bawa baju dan perbekalan secukupnya dan tidak melebihi jatah bagasi pesawat yang ditentukan. Semoga informasi ini berguna untuk Anda.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close